Al-Imaam Muslim rahimahullah berkata
:
وحَدَّثَنِي
مُحَمَّدُ بْنُ سَهْلِ بْنِ عَسْكَرٍ التَّمِيمِيُّ، حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ
حَسَّانَ. ح وحَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ الدَّارِمِيُّ،
أَخْبَرَنَا يَحْيَي وَهُوَ ابْنُ حَسَّانَ، حَدَّثَنَا مُعَاوِيَةُ يَعْنِي ابْنَ
سَلَّامٍ، حَدَّثَنَا زَيْدُ بْنُ سَلَّامٍ، عَنْ أَبِي سَلَّامٍ، قَالَ: قَالَ
حُذَيْفَةُ بْنُ الْيَمَانِ: " قُلْتُ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، إِنَّا كُنَّا
بِشَرٍّ فَجَاءَ اللَّهُ بِخَيْرٍ فَنَحْنُ فِيهِ، فَهَلْ مِنْ وَرَاءِ هَذَا
الْخَيْرِ شَرٌّ؟، قَالَ: نَعَمْ، قُلْتُ: هَلْ وَرَاءَ ذَلِكَ الشَّرِّ خَيْرٌ؟،
قَالَ: نَعَمْ، قُلْتُ: فَهَلْ وَرَاءَ ذَلِكَ الْخَيْرِ شَرٌّ؟، قَالَ: نَعَمْ،
قُلْتُ: كَيْفَ؟، قَالَ: يَكُونُ بَعْدِي أَئِمَّةٌ لَا يَهْتَدُونَ بِهُدَايَ،
وَلَا يَسْتَنُّونَ بِسُنَّتِي، وَسَيَقُومُ فِيهِمْ رِجَالٌ قُلُوبُهُمْ قُلُوبُ
الشَّيَاطِينِ فِي جُثْمَانِ إِنْسٍ، قَالَ: قُلْتُ: كَيْفَ أَصْنَعُ يَا رَسُولَ
اللَّهِ، إِنْ أَدْرَكْتُ ذَلِكَ؟، قَالَ: تَسْمَعُ وَتُطِيعُ لِلْأَمِيرِ، وَإِنْ
ضُرِبَ ظَهْرُكَ، وَأُخِذَ مَالُكَ فَاسْمَعْ وَأَطِعْ "
Sebagian ulama
ada yang mendla’ifkan tambahan lafadh yang saya garis bawahi[1][1], dikarenakan
adanya keterputusan antara Abu Sallaam dan Hudzaifah, sebagaimana dikatakan
oleh Ad-Daaruquthniy dalam Al-Ilzaamaat wat-Tatabbu’ (hal. 181-182 no.
53, tahqiq : Asy-Syaikh Muqbil Al-Wadi’iy[2][2]; Daarul-Kutub
Al-‘Ilmiyyah, Cet. 2/1405 H].
Abu Sallaam,
namanya adalah Mamthuur Al-Aswad Al-Habasyiy, seorang yang tsiqah namun
sering memursalkan riwayat [Taqriibut-Tahdziib, hal. 970 no. 6927,
tahqiq : Abul-Asybal Al-Baakistaaniy, taqdim : Asy-Syaikh Bakr Abu Zaid;
Daarul-‘Aashimah].
Memang benar apa
yang dikatakan Ad-Daaruquthniy (bahwa Abu Sallaam tidak mendengar dari
Hudzaifah), namun tambahan lafadh ini mempunyai penguat.
Hadits tersebut
juga diriwayatkan oleh Al-Baihaqiy 8/156 dari jalan ‘Abdullah bin ‘Abdirrahmaan
Ad-Daarimiy dan Muhammad bin Sahl Al-‘Askariy sebagaimana riwayat Muslim di
atas.
Diriwayatkan juga
oleh Al-Haakim dalam Al-Mustadrak 4/495 dan Ath-Thabaraaniy dalam Al-Ausath
no. 2893 dengan menyebutkan perantara ayah Zaid bin Sallaam (yaitu Sallaam
bin Mamthuur) setelah Zaid bin Sallaam. Al-Haakim berkata : “Hadits ini shahih,
namun tidak diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy dan Muslim”. Akan tetapi perkataan
Al-Haakim ini perlu diteliti kembali, sebab dalam Sallaam bin Mamthuur adalah majhuul
[idem, hal. 426 no. 2721]. Selain itu, dalam sanad ini terdapat
Suwaid Abu Haatim Al-Yamaamiy, seorang yang jujur, namun jelek hapalannya dan
mempunyai banyak kekeliruan (lahu aghlaath)” [idem, hal. 423 no.
2702].
Mamthuur Abu
Salaam mempunyai mutaba’ah dari :
a.
Subai’
bin Khaalid.
Diriwayatkan oleh
‘Abdurrazzaaq 10/341-343 no. 20711, Ahmad 5/403, Ibnu Abi Syaibah 8/591-592,
Abu Daawud no. 4244-4245, Abu ‘Awaanah 4/420 no. 7168, Ath-Thayaalisiy
1/354-355 no. 444, Al-Baghawiy dalam Syarhus-Sunnah 15/8-10 no. 4219,
Al-Haakim 4/427, Al-Bazzaar dalam Al-Bahr 7/361-362 no. 2959-2960,
Al-Harbiy dalam Ghariibul-Hadiits 3/1164, dan Nu’aim bin Hammaad no.
356; dari dua jalan (Nashr bin ‘Aashim dan Shakhr bin Badr), dari Subai’ bin
Khaalid, dari Hudzaifah secara marfuu’.
Nashr bin ‘Aashim
Al-Laitsiy Al-Bashriy adalah seorang yang tsiqah, dipakai Muslim dalam Shahih-nya
[idem, hal. 999 no. 7163].
Shakhr bin Badr
adalah perawi majhuul [idem, hal. 450 no. 2919 – bersama Tahriiru
Taqriibit-Tahdziib oleh Syu’aib Al-Arna’uth dan Basyaar ‘Awwaad, 2/136 no.
2903, Muassasah Ar-Risaalah, Cet. 1/1417 H].
Subai’ bin
Khaalid atau Khaalid bin Subai’ atau Khaalid bin Khaalid Al-Yasykuriy
Al-Bashriy adalah perawi maqbuul [idem, hal. 365 no. 2223].
Sanad riwayat ini
adalah dla’iif.
b.
‘Abdurrahmaan
bin Qurth.
Diriwayatkan oleh
Al-Bazzaar dalam Al-Bahr 7/363 no. 2961 :
حَدَّثَنَا
إِبْرَاهِيمُ بْنُ الْمُسْتَمِرِّ، قَالَ: أَخْبَرَنَا سَعِيدُ بْنُ عَامِرٍ،
قَالَ: أَخْبَرَنَا أَبُو عَامِرٍ الْخَزَّازُ، عَنْ حُمَيْدِ بْنِ هِلالٍ،
عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ
بْنِ قُرْطٍ ، عَنْ حُذَيْفَةَ ، أَوْ عَنْ رَجُلٍ، عَنْ
حُذَيْفَةَ، نَحْوَهُ
Telah
menceritakan kepada kami Ibraahiim bin Mustamir, ia berkata : Telah
mengkhabarkan kepada kami Sa’iid bin ‘Aamir, ia berkata : Telah mengkhabarkan
kepada kami Abu ‘Aamir Al-Khazzaaz, dari Humaid bin Hilaal, dari ‘Abdurrahmaan
bin Qurth, dari Hudzaifah, atau dari seorang laki-laki dari Hudzaifah; hadits
semisalnya.
Saya
(Abul-Jauzaa’) berkata : Maksud penisbatan Al-Bazzaar itu adalah hadits no.
2960 yang terdapat tambahan lafadh sebagaimana yang dibahas di artikel ini.
Akan tetapi, nampaknya Al-Bazzaar di sini hanya meringkas perkataan saja. Dalam
riwayat Ibnu Maajah no. 3981 dan Ath-Thabaraaniy dalam Al-Ausath no.
7343 tidak disebutkan tambahan lafadh tersebut. Maka, jalan ‘Abdurrahmaan bin
Qurth ini tidak bisa menjadi penguat mursal Abu Sallaam di atas; selain
‘Abdurrahmaan sendiri adalah perawi majhuul (‘ain) [idem,
hal. 595 no. 4009].
Hudzaifah
mempunyai syaahid dari ‘Ubaadah bin Ash-Shaamit radliyallaahu
‘anhumaa.
Ibnu Hibbaan rahimahullah
berkata :
أَخْبَرَنَا
الصُّوفِيُّ بِبَغْدَادَ، قَالَ: حَدَّثَنَا الْهَيْثَمُ بْنُ خَارِجَةَ، قَالَ:
حَدَّثَنَا مُدْرِكُ بْنُ سَعْدٍ الْفَزَارِيُّ أَبُو سَعِيدٍ، عَنْ حَيَّانَ
أَبِي النَّضْرِ، سَمِعَ جُنَادَةَ بْنَ أَبِي أُمَيَّةَ، سَمِعَ عُبَادَةَ بْنَ
الصَّامِتِ، يَقُولُ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّي اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ:
" يَا عُبَادَةَ ". قُلْتُ:
لَبَّيْكَ، قَالَ: " اسْمَعْ وَأَطِعْ فِي عُسْرِكَ وَيُسْرِكَ، وَمَكْرَهِكَ
وَأَثَرَةٍ عَلَيْكَ، وَإِِنْ أَكَلُوا مَالَكَ وَضَرَبُوا ظَهْرَكَ، إِِلا أَنْ تَكُونَ
مَعْصِيَةً لِلَّهِ بَوَاحًا "
Telah mengkhabarkan
kepada kami Ash-Shuufiy di Baghdaad, ia berkata : Telah menceritakan kepada
kami Al-Haitsam bin Khaarijah, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami
Mudrik bin Sa’d Al-Fazaariy Abu Sa’d, dari Hayyaan Abun-Nadlr, ia mendengar
Junaadah bin Abi Umayyah, ia mendengar ‘Ubaadah bin Ash-Shaamit berkata : Telah
bersabda Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam : “Wahai ‘Ubaadah”.
Aku (‘Ubaadah) berkata : “Aku penuhi panggilanmu”. Beliau bersabda : “Mendengar
dan taatlah dalam keadaan engkau susah, mudah, dan terpaksa. Meskipun ia
berlaku sewenang-wenang terhadapmu. Dan meskipun mereka memakan/mengambil
hartamu dan memukul punggungmu. (Tetap harus mendengar dan taat), kecuali
jika nampak kemaksiatan kepada Allah yang nyata” [Shahih Ibni Hibbaan
10/428-429 no. 4566].
Ash-Shuufiy, ia
adalah Ahmad bin Al-Hasan bin ‘Abdil-Jabbaar Ash-Shuufiy, seorang yang tsiqah
[Miizaanul-I’tidaal, 1/91 no. 335].
Al-Haitsam bin
Khaarijah Al-Khuraasaaniy Abu Ahmad; seorang yang tsiqah (w. 227).
Dipakai Al-Bukhaariy dalam Shahih-nya [At-Taqriib, hal. 1030 no.
7414 – bersama At-Tahriir, 4/51 no. 7364].
Mudrik bin Sa’d
Al-Fazaariy, Abu Sa’d Asy-Syaamiy; seorang yang masyhuur lagi tsiqah [Al-Kaasyif
oleh Adz-Dzahabiy, 2/250 no. 5346, ta’liq & takhrij : Muhammad
‘Awwaamah & Ahmad Al-Khathiib; Daarul-Qiblah, Cet. 1/1413 H].
Hayyaan
Abun-Nadlr Al-Asadiy; seorang yang tsiqah [Mishbaahul-Ariib fii
Taqriibir-Ruwaat Alladzii Laisuu fii Taqriibit-Tahdziib oleh Abu ‘Abdillah
Al-‘Ansiy, 1/410 no. 8638; taqridh : Asy-Syaikh Muhammad bin ‘Abdil-Wahhaab
Al-Washshaabiy; Maktabah Shan’aa’ Al-Atsariyyah, Cet. 1/1426 H].
Junaadah bin Abi
Umayyah Kabiir Al-Azdiy Az-Zahraaniy; seorang yang tsiqah, dipakai
Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [At-Taqriib, hal. 203
no. 980].
Sanad riwayat ini
shahih.
Diriwayatkan juga
oleh Asy-Syaasyiy no. 1225 serta Abu Bakr bin Al-Muqri’ dalam Juz-nya
no. 112 dan dalam Ats-Tsaalits ‘Asyar minal-Qawaaid no. 113; dari jalan
Al-Haitsam bin Khaarijah, yang selanjutnya seperti hadits di atas.
Haitsam mempunyai
mutaba’ah dari Hisyaam bin ‘Ammaar; sebagaimana diriwayatkan oleh Ibnu
Hibbaan 10/425-426 no. 4562, Asy-Syaasyiy no. 1221, Ibnu Abi ‘Aashim no. 1026,
dan Ibnu Zanjuwaih dalam Al-Amwaal no. 24.
Walhasil,…. hadits
Hudzaifah yang diriwayatkan Muslim di atas adalah shahih.
Ikhwan,… dapat
kita lihat perbedaan pendapat di kalangan ulama kita. Muslim vs Ad-Daaruqthniy,
atau Al-Albaaniy vs Muqbil-Al-Wadi’iy rahimahumullah. Yang satu
menshahihkan, yang lain melemahkan. Inilah samudera luas ilmu hadits yang
terbuka perbedaan ijtihad dalam menshahihkan atau mendla’ifkan hadits. Mereka
semua adalah ulama yang kita cintai. Semoga Allah membalas mereka dengan
kebaikan, dan menjadikan kita berkumpul dengan mereka di surga-Nya kelak. Amiin….
Wallaahu a’lam.
Semoga ada
manfaatnya.
[abul-jauzaa’ –
ngaglik, sleman, diy].
[2][2] Asy-Syaikh Muqbil rahimahullah sendiri
menyepakati pendla’ifan Ad-Daaruquthniy dengan ta’liq :
قوله وإن ضرب ظهرك وأخذ مالك
فهذه الزيادة ضعيفة لأنها من هذه الطريق المنقطعة
“Perkataan Nabi shallallaahu
‘alaihi wa sallam : ‘meskipun ia memukul punggungmu dan merampas
hartamu’ adalah tambahan (ziyaadah) yang lemah, karena ia dari jalan
ini munqathi’ah (terputus)” [Al-Ilzaamaat, hal. 182].
Termasuk yang
mendla’ifkan adalah Dr. Al-Qaraadlawiy. Lihat : http://www.ahlalhdeeth.com/vb/showthread.php?t=238576
Tidak ada komentar:
Posting Komentar