Dalam salah satu artikel di situs “Warna Islam”, Al-Ustadz Ahmad Sarwat, Lc. pernah memberikan jawaban atas satu pertanyaan yang diajukan terkait buku yang ditulis Dr. Muhammad Sa’iid Ramadlan Al-Buuthiy yang berjudul Al-Laa Mazhabiyah, Akhtharu Bid'atin Tuhaddidu As-Syariah Al-Islamiyah. Pertanyaan tersebut fokus pada bahasan anti madzhab yang dilayangkan Dr. Al-Buuthiy kepada Asy-Syaikh Al-Albaaniy rahimahullah. Ya, Dr. Al-Buuthiy telah menuduh Asy-Syaikh Al-Albaaniy sebagai tokoh anti madzhab masa kini. Madzhab paling merusak, katanya.
Bagi orang yang akrab dengan kitab-kitab Asy-Syaikh
Al-Albaaniy atau fatwa dan ceramah beliau (mis : serial kaset Silsilatul-Hudaa wan-Nuur, atau yang
lainnya), tentu tahu kebathilan tuduhan ini. Namun sungguh disayangkan kali ini
bahwa seorang ustadz Ahmad Sarwat, Lc. yang biasanya kritis, tiba-tiba merubah
perannya menjadi seorang muqallid. Beliau
menelan begitu saja perkataan Dr. Al-Buuthiy tanpa pertimbangan tatsabbut atau tabayyun. Padahal, bahan-bahan yang dapat beliau telaah dari
kitab-kitab Asy-Syaikh Al-Albaniy tersebar di berbagai media. Dan sekali lagi
disayangkan…….. beliau enggan untuk memperhatikannya.
Pada kesempatan ini, ijinkanlah saya memberikan
catatan singkat atas komentar/jawaban beliau tersebut, dengan harapan dapat
sedikit memberikan kontribusi pembelaan atas diri Asy-Syaikh Al-Albaaniy rahimahullah. Tentu saja, tidak semua
kalimat beliau saya tanggapi. Hanya beberapa bagian yang saya anggap penting
saja.
Beliau (Al-Ustadz Ahmad Sarwat, Lc.) berkata :
Al-Albani sendiri memang tokoh penting di dalam dunia hadits. Sudah
banyak karya beliau yang memenuhi rak-rak buku para pelajar dan mahasiswa. Dan
sudah banyak orang yang menjadikannya sebagai rujukan dalam masalah hadits.
Akan tetapi di dalam dunia ilmu fiqih, Al-Albani memang punya catatan tersendiri, dimana dirinya sering menyerang ilmu fiqih dan cenderung
anti dan memusuhi mazhab-mazhab fiqih yang sudah ada. Hal ini dikemukakan
oleh guru besar ilmu fiqih, Dr. Said Ramadhan Al-Buthy, ulama fiqih kenamaan
dari Syria.
Alhamdulillah, Anda mengakui
keilmuan beliau dalam ilmu hadits. Kitab-kitab beliau dalam bidang takhrij hadits sudah banyak tersebar di
dunia Islam. Sungguh, Allah ta’ala telah
memberikan satu nikmat yang sangat besar melalui perantaraan beliau dalam hal
ini.
Namun perkataan Anda di paragraf selanjutnya sungguh
bertolak belakang dengan pengakuan Anda yang pertama. Anda katakan – dengan
ber-taqlid pada Dr. Al-Buuthiy –
bahwa Asy-Syaikh Al-Albaniy seorang yang gemar menyerang ilmu fiqh dan
cenderung anti/memusuhi madzhab fiqh yang sudah ada. Benarkan demikian ? Dari
mana Anda bisa simpulkan ini ? Kalau yang Anda maksud adalah Asy-Syaikh
Al-Albaaniy sering mengkritik pendapat madzhab yang lemah; maka dimana letak
aib beliau dalam hal ini ? Bukankah jika kita ingin menegakkan satu kesimpulan
hukum pada suatu permasalahan dimana terdapat beragam pendapat ulama madzhab di
dalamnya, kita wajib melihat dalil yang dipakai oleh masing-masing ulama ?. Dan
kebiasaan Asy-Syaikh Al-Albaniy jika berbicara dalil, maka beliau meneliti dulu
keshahihannya. Beliau tolak hadits dla’if dan pendapat yang terbangun olehnya,
dan hanya menerima hadits shahih dan memegang pendapat yang terbangun olehnya.
Jika ada beberapa pendapat yang sama-sama berpegang pada hadits shahih, maka
beliau baru mempertimbangkan ketepatan istinbath
masing-masing pendapat dengan dalil tersebut. Kiranya dapat saya contohkan
sebagai berikut :
1. Dalam kitab Tamaamul-Minnah
(hal. 104 – 106; Daarur-Raayah, Cet. 5), saat mengkritik Sayyid Sabiq yang
melemahkan pendapat batalnya makan daging onta, Asy-Syaikh Al-Albaaniy berkata
:
قلت:
هذا الاستفهام لا طائل تحته بعد أن صح الحديث عنه صلى الله عليه وسلم باعتراف
المؤلف فلا يجوز تركه مهما كان المخالفون له في العدد والمنزلة فإن حديث رسول الله
صلى الله عليه وسلم إنما "يثبت بنفسه لا بعمل غيره من بعده" كما قال الإمام الشافعي على ما سبق في "المقدمة:
القاعدة 14".
“Aku (Al-Albaaniy) katakan :
Pertanyaan ini[1][1] tidak ada
manfaatnya jika muallif sudah
mengetahui keshahihan hadits dari beliau shallallaahu
‘alaihi wa sallam. Hadits yang shahih ini tidak boleh diabaikan betapapun
jumlah dan tingginya kedudukan orang yang menyelisihinya. Sesungguhnya hadits
Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam
tetap sah dengan sendirinya bukan karena diamalkan orang lain setelah
beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam,
sebagaimana dikatakan oleh Al-Imam Asy-Syaafi’iy dalam muqaddimah : Kaidah Keempat belas, yang telah lalu”.
……………..
وليس
للمؤلف أي دليل أو سند في إثبات ذلك إلا اعتماده على ما ذكره النووي في "شرح
مسلم" أنه: "ذهب الأكثرون إلى أنه لا ينقض الوضوء يعني أكل لحم الجزور
وممن ذهب إليه الخلفاء الأربعة الراشدون ...".
وهذه الدعوى خطأ من النووي رحمه الله قد نبه عليه شيخ الإسلام ابن تيمية رحمه الله فقال في "القواعد النورانية" ص 9:......
وهذه الدعوى خطأ من النووي رحمه الله قد نبه عليه شيخ الإسلام ابن تيمية رحمه الله فقال في "القواعد النورانية" ص 9:......
“Muallif tidaklah mempunyai dalil atau sandaran bagi pendapat yang
beliau tetapkan kecuali hanya bersandar pada apa yang disebutkan oleh
An-Nawawiy dalam Syarh Muslim :
‘Kebanyakan (jumhur) ulama berpendapat bahwa wudlu tidak batal karena makan
daging onta. Pendapat ini di antaranya dipilih oleh Al-Khulafaaur-Raasyidiin yang empat…’. Penyandaran An-Nawawiy rahimahullah ini adalah keliru
sebagaimana dijelaskan oleh Syaikhul-Islaam Ibnu Taimiyyah rahimahullah, dimana beliau berkata dalam Al-Qawaa’idun-Nuuraaniyyah (hal. 9) : ….”.
Kemudian beliau (Asy-Syaikh
Al-Albaniy) menyebutkan keterangan Ibnu Taimiyyah yang membantah keterangan
An-Nawawiy. Setelah itu beliau berkata :
ثم
روى البيهقي فيه بسنده عن ابن مسعود أنه أكل لحم جزور ولم يتوضأ ثم قال:
"وهذا منقطع وموقوف وبمثل هذا لا يترك ما ثبت عن رسول الله صلى الله عليه
وسلم".
قلت: وبخاصة أنه ثبت عن الصحابة خلافه فقال جابر بن سمرة رضي الله عنه: كنا نتوضأ من لحوم الإبل ولا نتوضأ من لحوم الغنم رواه ابن أبي شيبة في "المصنف" 1 / 46 بسند صحيح عنه
قلت: وبخاصة أنه ثبت عن الصحابة خلافه فقال جابر بن سمرة رضي الله عنه: كنا نتوضأ من لحوم الإبل ولا نتوضأ من لحوم الغنم رواه ابن أبي شيبة في "المصنف" 1 / 46 بسند صحيح عنه
“Kemudian Al-Baihaqiy meriwayatkan
dengan sanadnya dari Ibnu Mas’uud bahwasannya beliau memakan daging onta dan
tidak berwudlu. Kemudian ia (Al-Baihaqiy) berkata : ‘Hadits ini munqathi’ (terputus) mauquf. Hal semisal ini tidak dapat
dijadikan alasan untuk meninggalkan hadits shahih dari Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam’.
Aku (Al-Albaniy) berkata : Dan
telah shahih dari shahabat yang menyelisihi muallif.
Telah berkata Jaabir bin Samurah radliyallaahu
‘anhu : ‘Kami berwudlu karena (makan) daging onta dan kami tidak berwudlu
karena (makan) daging kambing’. Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah dalam Al-Mushannaf (1/46) dengan sanad shahih”
[selesai perkataan Al-Albaniy].
Saya (Abul-Jauzaa’) berkata :
Apakah ini yang Anda – wahai ustadz Ahmad Sarwat, Lc. – anggap sebagai tindakan
‘menyerang ilmu fiqih dan memusuhi
madzhab fiqih yang telah ada’ ?
2. Dalam kitab Ashlu Shifati
Shalatin-Nabiy (2/376; Maktabah Al-Ma’aarif, Cet. 1/1427) saat membahas hukum
ta’miin (membaca aamiin) bagi imam dan
makmum dalam shalat berjama’ah, Asy-Syaikh Al-Albaaniy berkata :
الأولى : أنه يشرع التأمين للإمام. وهو مذهب الجمهور
العلماء، وخلف في ذلك أبو حنيفة في رواية : فقال :
((يُؤَمّن مَن خلف الإمام، ولا يؤمن الإمام)).
ذكر تلميذه محمد في ((الموطأ)) (١٠٣)، ثم خالفه؛ فقال :
((ينبغي إذا فرغ الإمام من (أم الكتاب) أن يُؤَمّن الإمام، ويؤمن من خلفه، ويجهرون بذلك)). اهـ.
وقد روي عن مالك مثلُ ما ذكرنا عن أبي حنيفة، وفي رواية عن مالك :
((لا يُؤَمّن في الجهرية فقد)). وأحاديث الباب ترُدُّ عليها - كما قال الشوكاني (٢/١٨٦) - ، فلا جرم أن أطبقت كتب المتون على مخالفة هذه الرواية عن أبي حنيفة؛ ففيها : ((ويُؤَمّن الإمام والمأموم)).
((يُؤَمّن مَن خلف الإمام، ولا يؤمن الإمام)).
ذكر تلميذه محمد في ((الموطأ)) (١٠٣)، ثم خالفه؛ فقال :
((ينبغي إذا فرغ الإمام من (أم الكتاب) أن يُؤَمّن الإمام، ويؤمن من خلفه، ويجهرون بذلك)). اهـ.
وقد روي عن مالك مثلُ ما ذكرنا عن أبي حنيفة، وفي رواية عن مالك :
((لا يُؤَمّن في الجهرية فقد)). وأحاديث الباب ترُدُّ عليها - كما قال الشوكاني (٢/١٨٦) - ، فلا جرم أن أطبقت كتب المتون على مخالفة هذه الرواية عن أبي حنيفة؛ ففيها : ((ويُؤَمّن الإمام والمأموم)).
“Pertama : Disyari’atkannya ta’miin (mengucapkan aamiin) bagi imam. Ia adalah madzhab
jumhur ulama, yang kemudian diselisihi oleh Abu Haniifah dalam satu riwayat. Ia
(Abu Haniifah) berkata :
‘Orang-orang (makmum) yang berada
di belakang imam mengucapkan aamiin,
namun imam tidak mengucapkan aamiin’.
Muridnya yang bernama Muhammad
(bin Al-Hasan) menyebutkannya dalam Al-Muwaththa’
(103), lalu ia menyelisihinya dan berkata :
‘Hendaknya seorang imam setelah
selesai membaca Ummul-Kitaab
(Al-Fatihah) membaca aamiin, dan
diaminkan pula orang-orang yang berada di belakannya dengan mengeraskan
suaranya’.
Diriwayatkan pula oleh Maalik
semisal apa yang telah kami sebutkan dari Abu Haniifah. Dalam satu riwayat dari
Maalik :
‘Tidak diucapkan aamiin hanya pada shalat jahriyyah saja’.
Namun hadits-hadits yang ada dalam
bab ini membantahnya – sebagaimana dikatakan Asy-Syaukaaniy (2/186) - . Dan
tidak masalah jika matan kitab-kitab madzhab Hanafiyyah disusun menyelisihi
riwayat dari Abu Haniifah. Di antaranya disebutkan : ‘Diaminkan oleh imam dan
makmum” [selesai perkataan Al-Albaaniy].
Saya (Abul-Jauzaa’) berkata :
Dapat kita lihat bahwa Asy-Syaikh Al-Albaaniy menyelisihi madzhab yang ia
terdidik di atasnya, juga madzhab bapak dan nenek moyangnya (yaitu madzhab
Hanafiyyah) dengan menguatkan pendapat jumhur ulama. Apakah ini yang Anda –
wahai ustadz Ahmad Sarwat, Lc. – anggap sebagai tindakan ‘menyerang ilmu fiqih dan memusuhi madzhab fiqih yang telah ada’ ?
3. Dalam kitab At-Tawassul Ahkaamuhu
wa Anwaa’uhu (hal. 47-48; Maktabah Al-Ma’aarif, Cet. 1/1421) saat membahas tawassul bid’iy dan membantah para
pendukungnya dari kalangan madzhab Hanafiyyah, Asy-Syaikh Al-Albaaniy berkata :
إنما أكثرت من هذه النقول لأن كثيرين من متعصبة الحنفية
وغيرهم ينكرون صحة هذا القول عن أبي حنيفة رحمه الله وإذا كان مثل هذا القول لا
يصح عنه فليس هناك في كتب الفقه شيء يصخ عنه مطلقا كما لا يخفى على الفقيه العالم
بطريقة نقلأقوال الأئمة الحنفية في كتب المذهب.
ومن غرائب بعضهم أنهم إذا جوبهوا بقول الإمام أبي حنيفة هذا صرحوا بأنهم غير ملزمين به لأنه مخالف للحديث لأنه قد صح - يزعمهم- الحديث بدعاء الله بغيره كما في حديث أصحاب الغار وحديث بريدة وقد تقدما ص 33-34 ويفسرونهما على غير الوجه الصحيح يقولون هذا مع أنهم في منهجهم العام وسبيلهم المعروف غارقون في التقليد إلى آذانهم ويعرضون عن أي حديث صحيح الإسناد صريح الدلالة إذا كان مخالفا لمذهبهم فما بالهم يعودون إلى منهجنا هذا حينما سدت في وجوههم سبل الرد علينا من المذهب؟ ترى هل هذا تناقض منهم أو غفلة أم وهم {يَقُولُونَ بِأَلْسِنَتِهِمْ مَا لَيْسَ فِي قُلُوبِهِمْ} ليردوا الحق الذي نص عليه إمام مذهبهم لأنه يوافق ما تدعوهم إليه من ترك التوسل بالذات إلى التوسل بالله تعالى وصفاته؟
وليت شعري هل هم مستعدون لأن يكون العمل بما صح به الحديث منهجهم في فقههم كله حتى نطالبهم بعشرات بل بمئات الأحاديث الصحيحة التي خالفوها إلى مذهبهم وبذلك تتفق وجهة نظرهم مع وجهة نظرنا أم سيكون شأنهم اتباع الحديث ومخالفة المذهب إذا وافق ذلك الهوى والغرض والتمسك بالمذهب ومخالفة الحديث إذا لم يوافق ذلك الهوى والغرض!
ومن غرائب بعضهم أنهم إذا جوبهوا بقول الإمام أبي حنيفة هذا صرحوا بأنهم غير ملزمين به لأنه مخالف للحديث لأنه قد صح - يزعمهم- الحديث بدعاء الله بغيره كما في حديث أصحاب الغار وحديث بريدة وقد تقدما ص 33-34 ويفسرونهما على غير الوجه الصحيح يقولون هذا مع أنهم في منهجهم العام وسبيلهم المعروف غارقون في التقليد إلى آذانهم ويعرضون عن أي حديث صحيح الإسناد صريح الدلالة إذا كان مخالفا لمذهبهم فما بالهم يعودون إلى منهجنا هذا حينما سدت في وجوههم سبل الرد علينا من المذهب؟ ترى هل هذا تناقض منهم أو غفلة أم وهم {يَقُولُونَ بِأَلْسِنَتِهِمْ مَا لَيْسَ فِي قُلُوبِهِمْ} ليردوا الحق الذي نص عليه إمام مذهبهم لأنه يوافق ما تدعوهم إليه من ترك التوسل بالذات إلى التوسل بالله تعالى وصفاته؟
وليت شعري هل هم مستعدون لأن يكون العمل بما صح به الحديث منهجهم في فقههم كله حتى نطالبهم بعشرات بل بمئات الأحاديث الصحيحة التي خالفوها إلى مذهبهم وبذلك تتفق وجهة نظرهم مع وجهة نظرنا أم سيكون شأنهم اتباع الحديث ومخالفة المذهب إذا وافق ذلك الهوى والغرض والتمسك بالمذهب ومخالفة الحديث إذا لم يوافق ذلك الهوى والغرض!
“Sengaja aku (Al-Albaaniy)
memperbanyak nukilan ini karena di kalangan orang-orang yang fanatik dari
madzhab Hanafiyyah dan yang lainnya mengingkari keshahihan perkataan ini dari
Abu Haniifah rahimahullah ta’ala. Dan
jika saja perkataan semisal ini tidak benar darinya, niscaya tidak akan ada
dalam kitab-kitab fiqh secara keseluruhan, sebagaimana tidak tersembunyi bagi
seorang yang faqiih lagi ‘alim dalam hal penukilan perkataan para
imam madzhab Hanafiyyah dalam kitab-kitab madzhab.
Dan di antara keanehan sebagian di
antara mereka apabila mereka dihadapkan perkataan Al-Imam Abu Haniifah ini[2][2], dengan
terang-terangan mereka tidak menetapinya karena bertentangan dengan hadits
shahih – menurut anggapan mereka – tentang berdoa (ber-tawassul) kepada Allah dengan selain-Nya, sebagaimana hadits Ashhaabul-Gharr dan hadits Buraidah –
sebagaimana telah disebutkan di halaman 33-34. Mereka menafsirkannya secara
tidak benar. Mereka mengatakan hal itu, padahal telah diketahui metode dan
jalan mereka secara umum lagi ma’ruf
yang terbiasa dengan taqlid buta dan
berpaling dari hadits yang shahih sanadnya dan jelas penunjukkannya jika itu
bertentangan dengan madzhab mereka. Maka, ada apa gerangan mereka kembali pada
manhaj kami ini ketika mereka tidak menemukan jalan membantah kami dalam
masalah ini ? Kalian lihat apakah ini merupakan kontradiksi dari mereka atau
kelalaian, ataukah mereka seperti yang difirmankan Allah : ‘Mereka mengucapkan dengan lidahnya apa yang tidak ada dalam hatinya?’ (QS.
Al-Fath : 11) untuk menolak kebenaran yang ditegaskan oleh imam madzhab. Karena
beliau (Abu Haniifah) sesuai dengan apa yang kami dakwahkan untuk meninggalkan tawassul dengan dzat menuju tawassul (yang disyari’atkan) dengan
Allah dan sifat-sifat-Nya ?..............” [selesai nukilan perkataan
Al-Albaaniy].
Saya (Abul-Jauzaa’) berkata :
Apakah jenis perkataan Al-Albaaniy yang semacam ini yang Anda – wahai ustadz
Ahmad Sarwat, Lc. – anggap sebagai tindakan ‘menyerang ilmu fiqih dan memusuhi madzhab fiqih yang telah ada’ ?
Asy-Syaikh Al-Albaaniy sendiri telah menampik tuduhan
ini :
فأقول: هذا كذبٌ
وزورٌ ، فنحن نُقَدِّرُ الأئمةَ الأربعةَ- وكذا غيرهم- حق قدرهم، ولا نستغني عن
الاستفادة من علمهم، والاعتماد علىِ فقههم، دون تعصُّب لواحد منهم على الآخرين،
وذلك ممّا بَيّنته بياناً شافياَ منذ أكثر من ثلاثين سنة في مقدمة كتابي:
"صفة صلاة النبي – صلى الله عليه وسلم - من التكبير إلى التسليم كأنك
تراها" ، فإليها أُحِيلُ من كان يريدُ التأكّد من كذب هذه الفرية.
“Maka aku katakan : Ini adalah satu kedustaan dan
kebohongan. Adapun kami sangat menghormati para imam yang empat – begitu pula
para imam selain mereka - . Kami membutuhkan faedah ilmu mereka dan berpedoman
pada fiqh mereka, tanpa rasa fanatik terhadap salah satu di antara mereka. Hal
telah kami jelaskan dengan penjelasan yang sangat gamblang semenjak lebih dari
30 tahun lalu dalam muqaddimah kitabku
: Shifatu Shalaatin-Nabiy – shallallaahu ‘alaihi wa sallam – minat-Takbiiri ilat-Tasliimi ka-Annaka
Taraahaa. Saya persilakan bagi siapa saja yang ingin mengetahui kedustaan
tuduhan ini untuk membacanya” [Silsilah
Adl-Dla’iifah, 3/6; Maktabah Al-Ma’aarif, Cet. 2/1408].
Dengan ketiga contoh di atas dan juga pengingkaran
yang beliau nyatakan, adakah bukti yang bisa Anda tampilkan tentang ini ?
Menurut Al-Albani, semua orang haram
hukumnya merujuk kepada ilmu fiqih dan pendapat para ulama. Setiap orang
wajib langsung merujuk kepada Al-Quran dan As-Sunnah. Dan untuk memahaminya, tidak dibutuhkan ilmu dan metodologi apa pun.
Keberadaan mazhab-mazhab itu dianggap oleh Al-Albani sebagai bid'ah yang harus dihancurkan, karena
semata-mata buatan manusia.
…….
Sayangnya, ilmu fiqih dan ushul fiqih yang sudah sejak 14 abad
dijadikan standar dalam mengistimbath hukum oleh seluruh umat Islam, oleh
Al-Albani ingin dirobohkan begitu saja,
dengan alasan kedua ilmu itu dianggap
bid'ah dan hanya merupakan ijtihad manusia.
Satu kebohongan Al-Buuthiy yang diikuti oleh seorang
ustadz Ahmad Sarwat, Lc. secara membabi buta…… Karena saya tidak bisa meminta
kepada Dr. Al-Buuthiy, tentu saja saya akan mengalihkan hal itu kepada bapak
ustadz Ahmad Sarwat, Lc. yang terhormat untuk memberikan bukti kepada kami atas
nukilan-nukilan yang bapak katakan itu….
a. Haram hukumnya merujuk ilmu fiqh dan
pendapat para ulama ?
Saya pribadi merasa heran darimana
kalimat ini dapat disimpulkan dari diri Asy-Syaikh Al-Albaniy oleh yang kami
hormati : Al-Ustadz Ahmad Sarwat, Lc. Beliau rahimahullah telah menulis satu kitab fiqh berjudul At-Ta’liiqatur-Radliyyah
‘alar-Raudlatin-Nadiyyah (tahqiq : ‘Aliy Al-Halabiy; Daar Ibnil-Qayyim,
Cet. 1/1423); yang pada asalnya merupakan kitab Al-‘Allamah Shiddiq Hasan Khaan Al-Qanujiy yang berjudul Ar-Raudlatun-Nadiyyah. Kitab ini terdiri
dari 3 juz, yang dimulai dari Kitaabuth-Thaharah
dan diakhiri dengan Kitaabul-Jihaad
was-Siyar. Ini menunjukkan perhatian besar beliau dalam ilmu fiqh. Dan
nanti akan saya bawakan perkataan salah satu muridnya, Asy-Syaikh Al-'Abbaasiy
tentang majelis-majelis ilmu beliau dalam mengajarkan ilmu fiqh. Jika kita
merujuk pada perkataan ustadz kita yang terhormat ini, apakah dengan ini beliau
(Asy-Syaikh Al-Albaaniy) mengharamkan sesuatu yang beliau lakukan sendiri ?
Jikalau dikatakan beliau
mengharamkan mengikuti pendapat ulama, maka ini adalah kedustaan yang lebih
terang dibandingkan matahari di siang hari. Bertaburan dalam kitab-kitab
Asy-Syaikh Al-Albaaniy yang menukil pendapat ulama, baik dalam bahasan hadits
maupun fiqh. Saya pikir tidak usah dibantah secara detail – karena telah jelas.
Apa yang tertulis sebelumnya pun sudah cukup mewakili.
Yang ‘diharamkan’ oleh beliau
adalah mengikuti perkataan ulama yang jelas-jelas bertentangan dengan dalil
shahih, karena kewajiban yang
terpikul hanyalah mengikuti Rasul – shallallaahu
‘alaihi wa sallam , bukan mengikuti orang selainnya, siapapun dia.
Asy-Syaikh Al-Albaniy telah menjelaskan manhaj beliau melalui perantaraan
penukilan perkataan Al-Haafidh Ibnu Rajab :
فالواجب
على كل من بلغه أمر الرسول صلى الله عليه وسلم وعرفه أن يبينه للأمة وينصح لهم
ويأمرهم باتباع أمره وإن خالف ذلك رأي عظيم من الأمة فإن أمر رسول الله صلى الله
عليه وسلم أحق أن يعظم ويقتدى به من رأى أي معظم قد خالف أمره في بعض الأشياء خطأ
ومن هنا رد الصحابة ومن بعدهم على كل مخالف سنة صحيحة وربما أغلظوا في الرد لا
بغضا له بل هو محبوب عندهم معظم في نفوسهم لكن رسول الله أحب إليهم وأمره فوق أمر
كل مخلوق فإذا تعارض أمر الرسول وأمر غيره فأمر الرسول أولى أن يقدم ويتبع ولا
يمنع من ذلك تعظيم من خالف أمره وإن كان مغفورا له بل ذلك المخالف المغفور له لا
يكره أن يخالف أمره إذا ظهر أمر الرسول صلى الله عليه وسلم بخلافه
“Setiap orang yang menerima dan
mengetahui perkara yang datang dari Rasul shallallaahu
‘alaihi wa sallam, maka wajib
baginya untuk menjelaskan pada umat, menasihati mereka, dan menegaskan perintah
untuk ber-ittiba’ kepadanya meskipun
menyelisihi pendapat seorang pembesar umat. Sebab perintah Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam lebih
berhak untuk diikuti daripada pendapat tokoh besar yang sebagian pendapatnya
tersebut menyelisihi perintahnya secara keliru. Atas dasar inilah para shahabat
dan orang-orang yang datang setelah mereka menolak semua orang yang menyelisihi
Sunnah yang shahih, yang barangkali mereka bersikap keras dalam penolakan ini.
Namun demikian, mereka tidak membencinya, bahkan dia mencintai dan diagungkan
di dalam hati mereka. Akan tetapi Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam lebih dicintai oleh mereka dan
perintahnya melebihi setiap makhluk lainnya. Oleh karena itu, apabila perintah Rasul
dan perintah selainnya, maka perintah Rasul lebih utama untuk didahulukan dan
diikuti. Rasa hormat kepada seseorang tidak menghalangi untuk bersikap
demikian, meskipun orang yang menyelisihi perintah beliau tersebut mendapatkan
ampunan. Bahkan, orang yang menyelisihi perintah Rasul dan dimaafkan ini, tidak
berkeberatan terhadap orang yang menyelisihinya jika memang nampak perintah
Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam
menyelisihinya” [Shifatu
Shalaatin-Nabiy, hal. 55; Maktabah Al-Ma’aarif, Cet. 2/1996 M].[3][3]
b. Memahami Al-Qur’an dan As-Sunnah tidak
membutuhkan ilmu dan metodologi ?
Salah satu perkataan Dr.
Al-Buuthiy yang di-taqrir oleh
Al-Ustadz Ahmad Sarwat, Lc. Jikalau seorang santri yunior saja sudah diajarkan
tentang ilmu dan metodologi pemahaman terhadap Al-Qur’an dan As-Sunnah, apatah
lagi dengan Asy-Syaikh Al-Albaaniy ? Sungguh, kedustaan ini terlalu kelihatan
dustanya,…bahkan di mata orang awam.
c. Keberadaan madzhab merupakan bid’ah yang
harus dihancurkan ?
Lagi, kedustaan Dr. Al-Buuthiy
yang di-taqriir oleh ustadz kita yang
mulia, Ahmad Sarwat, Lc. Telah lewat perkataan Asy-Syaikh Al-Albaaniy yang
menghormati ulama madzhab dan ber-istifadah
kepada mereka.
Adapun yang selalu
didengung-dengungkan oleh Asy-Syaikh Al-Albaaniy adalah bid’ah ta’ashub madzhabiy (fanatik madzhab).
Inilah bid’ah yang harus ‘dihancurkan’.
Beliau berkata saat menyanggah
tuduhan bahwa ajakan untuk ber-ittiba’ kepada
dalil (Al-Qur’an dan As-Sunnah) dan tidak mengambil pendapat imam jika
menyelisihi keduanya, sama dengan ajakan meninggalkan mereka secara mutlak dan
tidak menghargai ijtihad ulama madzhab[4][4] :
إن هذا الزعم أبعد
ما يكون عن الصواب بل هو باطل ظاهر البطلان كما يبدو ذلك جليا من الكلمات السابقات
فإنها كلها تدل على خلافه وأن كل الذي ندعو إليه إنما هو ترك اتخاذ المذاهب دينا
ونصبها مكان الكتاب والسنة بحيث يكون الرجوع إليها عند التنازع أو عند إرادة استنباط
أحكام لحوادث طارئة كما يفعل متفقهة هذا الزمان وعليه وضعوا الأحكام الجديدة
للأحوال الشخصية والنكاح والطلاق وغيرها دون أن يرجعوا فيها إلى الكتاب والسنة
ليعرفوا الصواب منها من الخطأ والحق من الباطل وإنما على طريقة ( اختلافهم رحمة )
وتتبع الرخص والتيسير أو المصلحة – زعموا.......
“Anggapan ini jauh sekali dari
kebenaran. Bahkan ia merupakan kebathilan
yang sangat nyata, sebagaimana hal itu tampak jelas dari kalimat-kalimat
yang telah lalu. Semuanya itu menunjukkan kebalikannya. Sesungguhnya semua
yang kami serukan hanyalah ajakan meningalkan madzhab-madzhab untuk dijadikan
sebuah dien yang menggantikan
kedudukan Al-Kitab dan As-Sunnah, serta menjadikannya tempat kembali ketika ada
perselisihan atau tempat ber-istinbath (menyimpulkan
hukum) terhadap berbagai peristiwa yang baru, sebagaimana yang dilakukan
oleh orang-orang yang baru belajar fiqh (pemula)
di jaman ini. Mereka bersandar kepada madzhab-madzhab tersebut dalam meletakkan
berbagai hukum baru yang terkait dengan ahwaal
syakhsiyyah (perkara perdata), nikah, thalaq, dan yang lainnya; tanpa
mengembalikannya kepada Al-Qur’an dan As-Sunnah untuk mengetahui yang benar dan
yang salah, atau yang haq dan yang
bathil. Mereka hanya mendasarkan perbuatan mereka dengan teori “ikhtilaaf itu adalah rahmat”. Lalu
mereka mengikuti berbagai rukhshah
(keringanan), taisir (kemudahan),
atau mashlahat – yang mereka
anggap….” [Shifatu Shalatin-Nabiy,
hal. 69].
d. Merobohkan ilmu fiqh dan ushul fiqh ?.
Jikalau beliau ingin merobohkan
ilmu fiqh dan ushul-fiqh, saya pikir beliau tidak akan berkhidmat mengajarkan
kitab-kitab fiqh dan ushul-fiqh kepada kaum muslimin. Namun kenyataan berbicara
lain. Beliau telah memberi pengajaran materi ushul-fiqh dengan berpedoman pada
kitab Ushulul-Fiqh karya Ustadz
‘Abdul-Wahhaab Khalaf semenjak berpuluh-puluh tahun lalu (yang mungkin waktu
itu Ustadz Ahmad Sarwat belum lahir). Selanjutnya, mari kita perhatikan apa
yang dituturkan oleh Asy-Syaikh Muhammad ‘Ied Al-‘Abbaasiy :
هذه الكتب الفقهية التي كان الشيخ ناصر يدرسها لتلاميذه
في دمشق :
١ - كتاب اقتضاء الصراط المستقيم - لشيخ الإسلام ابن تيمية.
٢ - فقه السنة - لسيد سابق.
٣ - منهاج الإسلام في الحكم - لمحمد أسد.
٤ - الروضة الندية في شرح الدرر البهية - للعلامة محمد صديق خان، وهو جزآن كبيران، ولقد درسناه كاملاً، بجميع أبوابه، من عبادات ومعاملات، وبيوع ونكاح، وطلاق، وقصاص، وحدود، وديات ورهن، وصرف، وبغاة، وأطعمة، وأشربة، وجهاد....إلخ. وكان أستاذنا حفظه الله - يشرح البحوث شرحا علميا محققا يكاد لا يترك مسألة صغيرة ولا كبيرة إلا يجليها ويوضح غامضها، ويعلق على ما يقرأ موافقا أو مختلفا، وهو في جميع ذلك يستند إلى أقوى الحجج وأثبت البراهين.
١ - كتاب اقتضاء الصراط المستقيم - لشيخ الإسلام ابن تيمية.
٢ - فقه السنة - لسيد سابق.
٣ - منهاج الإسلام في الحكم - لمحمد أسد.
٤ - الروضة الندية في شرح الدرر البهية - للعلامة محمد صديق خان، وهو جزآن كبيران، ولقد درسناه كاملاً، بجميع أبوابه، من عبادات ومعاملات، وبيوع ونكاح، وطلاق، وقصاص، وحدود، وديات ورهن، وصرف، وبغاة، وأطعمة، وأشربة، وجهاد....إلخ. وكان أستاذنا حفظه الله - يشرح البحوث شرحا علميا محققا يكاد لا يترك مسألة صغيرة ولا كبيرة إلا يجليها ويوضح غامضها، ويعلق على ما يقرأ موافقا أو مختلفا، وهو في جميع ذلك يستند إلى أقوى الحجج وأثبت البراهين.
“Ini adalah beberapa kitab
fiqhiyyah yang diajarkan oleh Asy-Syaikh Naashir kepada murid-muridnya di
Damaskus :
1. Kitaab Iqtidlaa’ Ash-Shiraathil-Mustaqiim karya
Syaikhul-Islaam Ibnu Taimiyyah.
2. Fiqhus-Sunnah karya Sayyid
Saabiq.
3. Minhaajul-Islaam fil-Hukm karya Muhammad
Asad.
4. Ar-Raudlatun-Nadiyyah fii Syarh
Ad-Durarul-Bahiyyah karya Al-‘Allaamah
Muhammad Shiddiiq Khaan, yang terdiri dari dua juz besar. Beliau telah
mengajarkannya kepada kami secara lengkap dengan seluruh babnya, mulai dari bab
ibadah, mu’amalah, jual-beli, nikah, thalaq, qishaash, huduud, diyaat, gadai, sharf, pemberontakan, makanan, minuman, jihad, dan seterusnya.
Ustadz kami (Al-Albaaniy) hafidhahullah telah
menjelaskan dengan satu penjelasan ilmiah yang tidak meninggalkan satu
permasalahan kecil maupun besar melainkan beliau terangkan sambil menjelaskan
permasalahan yang rumit yang ada padanya. Beliau memberikan komentar terhadap
apa yang beliau baca, baik yang berkesesuaian ataupun yang bertentangan.
Seluruh pembahasan itu selalu beliau sandarkan pada hujjah yang paling kuat dan
keterangan-keterangan yang paling shahih” [Bid’ah
Ta’ashub Madzhabiy oleh Muhammad ‘Ied Al-‘Abbaasiy – melalui perantaraan Hayaatul-Albaaniy oleh Muhammad bin
Ibraahiim Asy-Syaibaaniy, 1/57-59; Cet. 1/1407].
Masih banyak kitab-kitab lain selain yang tersebut di
atas yang diajarkan oleh Asy-Syaikh Al-Albaaniy rahimahullah.
Berkata Ustadz Ahmad Sarwat, Lc. :
Dalam pandangan saya, kita memang tidak boleh terlalu fanatik dengan
mazhab fiqih. Maksudnya, pendapat para ulama itu mungkin benar dan mungkin juga
salah. Namanya juga ijtihad.
Tetapi alangkah kelirunya kalau
pendapat para ulama itu kita benturkan dengan Quran dan Sunnah. Tidak akan pernah terjadi hal itu. Sebab
pendapat para ulama itu justru lahir dari Quran dan Sunnah.
Pandangan Anda pada paragraf pertama sudah benar.
Namun betapa ‘terkejutnya’ ketika saya membaca ‘pandangan’ Anda pada paragraf
kedua; yang katanya membenturkan pendapat ulama dengan Al-Qur’an dan As-Sunnah
sebagai satu perbuatan yang keliru. Innaa
lillaahi wa innaa ilaihi raaji’uun…..
Ini namanya ngajak orang untuk taqlid !
Seharusnya orang selevel beliau ini mengajak kaum
muslimin untuk mengikuti Al-Qur’an dan As-Sunnah. Jika kaum muslimin dihadapkan
pada banyak pendapat mengenai satu permasalahan, maka pendapat-pendapat
tersebut harus dibenturkan pada dua
sumber tersebut. Kaum muslimin harus diajari untuk bersikap kritis. Pendapat
yang berkesesuaian dengan dalil diterima, sedangkan pendapat menyelisihi dalil
harus diletakkan. Bukankah Allah ta’ala telah
berfirman :
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا أَطِيعُوا
اللَّهَ وَأَطِيعُوا الرَّسُولَ وَأُولِي الأمْرِ مِنْكُمْ فَإِنْ تَنَازَعْتُمْ
فِي شَيْءٍ فَرُدُّوهُ إِلَى اللَّهِ وَالرَّسُولِ إِنْ كُنْتُمْ تُؤْمِنُونَ
بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الآخِرِ ذَلِكَ خَيْرٌ وَأَحْسَنُ تَأْوِيلا
“Hai orang-orang
yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara
kamu. Kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah
ia kepada Allah (Al Qur'an) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu benar-benar beriman
kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan
lebih baik akibatnya” [QS. An-Nisaa’ : 59].
Asy-Syinqithiy rahimahullah
berkata :
أمر الله في هذه الآية الكريمة، بأن كل
شيء تنازع فيه الناس من أصول الدين وفروعه أن يرد التنازع في ذلك إلى كتاب الله
وسنة نبيه صلى الله عليه وسلم؛ لأنه تعالى قال: {مَنْ يُطِعِ الرَّسُولَ فَقَدْ
أَطَاعَ اللَّهَ} [4/80]، واوضح هذا المأمور به هنا بقوله: {وَمَا اخْتَلَفْتُمْ
فِيهِ مِنْ شَيْءٍ فَحُكْمُهُ إِلَى اللَّهِ} [42/10]، ويفهم من هذه الآية الكريمة
أنه لا يجوز التحاكم إلى غير كتاب الله وسنة نبيه صلى الله عليه وسلم، وقد أوضح
تعالى هذا المفهوم موبخا للمتحاكمين إلى غير كتاب الله وسنة نبيه صلى الله عليه
وسلم مبينا أن الشيطان أضلهم ضلالا بعيدا عن الحق
“Pada ayat yang mulia ini Allah telah memerintahkan
manusia agar ketika mereka memperselisihkan satu masalah, baik yang menyangkut
pokok-pokok agama maupun cabang-cabangnya, hendaknya mereka mengembalikannya
permasalahan tersebut kepada Kitabullah
dan Sunnah Nabi-Nya shallallaahu ‘alaihi
wa sallam, karena Allah ta’ala berfirman
: ‘Barangsiapa yang mentaati Rasul itu,
maka sesungguhnya ia telah mentaati Allah’ (QS. An-Nisaa’ : 80). Kemudian
Allah ta’ala menjelaskan tentang
sesuatu yang diperintahkan dalam ayat tersebut dengan firman-Nya : ‘Tentang sesuatu yang kamu berselisih, maka
putusannya kepada Allah’ (QS. Asy-Syuuraa : 10). Dari ayat yang mulia ini
dapat dipahami bahwa tidak boleh mengambil satu hukum dengan mendasarkannya
pada hal lain selain Al-Qur’an dan Sunnah Nabi-Nya shallallaahu ‘alaihi wa sallam. Allah ta’ala telah menjelaskan pengertian ini sambil mencela orang-orang
yang mengambil hukum dengan mendasarkannya pada hal lain selain Kitabullah dan Sunnah Nabi-Nya shallalaahu ‘alaihi wa sallam, serta
menjelaskan bahwa sesungguhnya syaithan telah menyesatkan mereka dengan
kesesatan yang benar-benar jauh dari kebenaran….” [Adlwaaul-Bayaan, 1/244; Daarul-Fikr, Cet. Thn. 1415].
Saya rasa Anda tidak asing – wahai ustadz kami –
beberapa pendapat di kalangan ulama yang jelas-jelas menyelisihi dalil. Apakah
tidak boleh membenturkan pendapat Al-Imam Maalik rahimahullah – misalnya - yang mengingkari puasa enam hari bulan
Syawal, dengan sabda
Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam
:
مَنْ صاَمَ
رَمَضَانَ، ثُمَّ أَتْبَعَهُ سِتًّا مِنْ شَوَّالَ كَانَ كَصِيَامِ الدَّهْرِ.
“Barangsiapa yang berpuasa di bulan
Ramadlan, lalu ia mengiringinya dengan puasa enam hari di bulan Syawal, maka ia
seperti puasa selama setahun”.[5][5]
Apakah tidak boleh membenturkan pendapat Al-Imam
Ahmad bin Hanbal rahimahullah –
misalnya - yang membolehkan berpuasa di hari syakk (sebelum Ramadlan) sebagai langkah kehati-hatian; dengan
sabda Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa
sallam :
لا
يَتَقَدَّمَنَّ أَحَدُكُمْ رَمَضَانَ بِصَومِ يَومٍ أَوْ يَوْمَيْنِ إِلَّا أَنْ
يَكُونَ رَجُلٌ يَصُومُ صَوْمَهُ، فَلْيَصُمْ ذَلِكَ الْيَومَ.
“Janganlah
salah seorang di antara kalian mendahulukan puasa Ramadlan dengan puasa sehari
atau dua hari sebelumnya, kecuali seorang laki-laki yang biasa berpuasa, maka
tidak mengapa ia berpuasa pada hari itu”. [6][6]
Dan yang lainnya…[7][7]
Kalau Anda mengatakan ‘membenturkan’ perkataan ulama
dengan dalil tidak pernah terjadi (tidak boleh terjadi), maka para ulama – yang
saya yakin Anda telah mengetahuinya – tidak membenarkan perkataan Anda. Al-Imam
Asy-Syaafi’iy sendiri mengatakan :
ما من أحد إلا
وتذهب عليه سنة لرسول الله صلى الله عليه وسلم وتعزب عنه فمهما قلت من قول أو أصلت
من أصل فيه عن رسول الله صلى الله عليه وسلم لخلاف ما قلت فالقول ما قال رسول الله
صلى الله عليه وسلم وهو قولي
“Tidak ada seorangpun kecuali pasti ada sunnah
Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam
yang tidak dia ketahui. Apabila aku berpendapat atau membuat satu pokok,
kemudian ditemukan hadits Rasulullah shallallaahu
‘alaihi wa sallam yang menyelisihinya; maka pendapat yang benar adalah apa
yang disampaikan Rasulullah shallallaahu
‘alaihi wa sallam, dan itu pun akan menjadi pendapatku juga” [Taariikh Ibnu ‘Asaakir – dinukil melalui
perantaraan Shifatu Shalaatin-Nabiy,
hal. 50].
Sayangnya, para pendukung Al-Albani diyakinkan bahwa yang keluar
dari mulut Al-Albani itulah isi dan makna Quran yang sebenarnya. Lalu
ditambahkan bahwa pendapat yang keluar dari mulut para ulama lain termasuk pada
imam mazhab dianggap hanya meracau dan mengada-ada. Naudzu billahi min dzalik.
Disinilah letak ketidak-adilan para pendukung Al-Albani. Seolah-olah
mereka mendudukkan Al-Albani sebagai orang yang paling mengerti dan paling tahu
isi Quran dan Sunnah. Apa pun yang dikatakan Al-Albani tentang pengertian
Quran dan Sunnah, dianggap kebenaran mutlak. Sedangkan kalau ada ulama lain
berbicara dengan merujuk kepada Quran dan Sunnah juga, dianggap sekedar ijtihad
dan penafsiran.
Siapa yang Anda maksud ? Berterus-teranglah, dan
jangan ‘meracau’ mengatakan sesuatu yang tidak jelas. Kecuali jika Anda ingin
dikatakan tidak ‘jantan’ dalam perkataan Anda ini. Kalaupun misalnya ada, orang
yang mengatakannya itu termasuk orang awamnya (yang mengagumi Al-Albaaniy) atau
orang ‘alimnya ? Inilah letak ketidakadilan Anda dalam menghukumi Al-Albaaniy
dan orang yang Anda anggap sebagai ‘pendukung’ Al-Albaaniy.
Kalau yang Anda maksud adalah orang awamnya, maka
fenomena orang awam juga tidak melulu ada di pihak Al-Albaaniy. Bukankah Anda
sendiri tahu fanatisan Al-Imam Asy-Syaafi’iy (sebagaimana banyak terdapat di
Nusantara dan sekitarnya), Al-Imam Abu Haniifah (sebagaimana banyak terdapat di
Hindustan dan sekitarnya), Al-Imam Maalik (sebagaimana banyak terdapat di
Afrika Barat dan sekitarnya), Al-Imam Ahmad (sebagaimana banyak terdapat di
Saudi dan sekitarnya), sampai di era sekarang … fanatisan Sayyid Quthb, Hasan
Al-Banna, Al-Qaradlawiy, Al-Buuthiy, dan yang lainnya. [Mungkin juga Anda
termasuk salah satu diantara fanatisan beberapa tokoh tersebut tanpa perlu saya
sebutkan siapa – biarlah para Pembaca budiman menilainya].
Namun jika yang Anda maksud adalah murid-murid
Al-Albaniy – yang mu’tabar – , kok saya tidak mendapati apa yang Anda
katakan.
Asy-Syaikh Muqbil Al-Wadi’iy rahimahullah – salah seorang murid senior beliau – berkata :
أمَّا بعد فقد سُئل مراراً عن الشيخ ناصر الدين الألباني حفظه الله.
فأقول كما قال كثير من السلف إذا سُئلوا عمن هو أجلُّ منهم قدراً فيقول أحدهم : أنا لا أُسأل عن فلان هو يسأل عني ولولا أَننا في عصر أَصبح كثير من العامة لا يميز بين العالم والمنجم، ولا بين المؤمن بالله والشيوعي الملحد بل أقبح من ذلك أنَّ بعض ذوي الأهواء من المبتدعة المعاصرين أصبحوا يطلقون الألقاب المنفِّرة على أهل السنة.
فأقول كما قال كثير من السلف إذا سُئلوا عمن هو أجلُّ منهم قدراً فيقول أحدهم : أنا لا أُسأل عن فلان هو يسأل عني ولولا أَننا في عصر أَصبح كثير من العامة لا يميز بين العالم والمنجم، ولا بين المؤمن بالله والشيوعي الملحد بل أقبح من ذلك أنَّ بعض ذوي الأهواء من المبتدعة المعاصرين أصبحوا يطلقون الألقاب المنفِّرة على أهل السنة.
……………….
إنَّ الشيخ محمد ناصر الدين الألباني حفظه الله تعالى لا يوجد له نظير في
علم الحديث، وقد نفع الله بعلمه وبكتبه أضعاف أضعاف ما يقوم به أولئـك المتحمسون
للإسلام على جهل أصحاب الثورات والانقلابات.
والذي أعتقده وأدين لله به أنَّ الشيخ محمد ناصر الدين الألباني حفظه الله من المجدِّدين الذين يصدق عليهم الرسول صلى الله عليه وسلم :
((إِنَّ اللهَ يبعث لهذه الأمة على رأس كل مئة سنة من يجدِّد لها أمر دينها)). رواه أبو داود وصححه العراقي وغيره.
والذي أعتقده وأدين لله به أنَّ الشيخ محمد ناصر الدين الألباني حفظه الله من المجدِّدين الذين يصدق عليهم الرسول صلى الله عليه وسلم :
((إِنَّ اللهَ يبعث لهذه الأمة على رأس كل مئة سنة من يجدِّد لها أمر دينها)). رواه أبو داود وصححه العراقي وغيره.
والناس ينقسمون في شأن الشيخ ناصر الدين الألباني حفظه الله إلى ثلاثة
أقسام :
قسم يقلِّده ويتقبل كل ما جاء به.
وقسم يرفضه ويرفض علمه ويحذِّر منه.
وقسم وسط يعتبره عالماً من العلماء المسلمين مَنَّ الله على الناس به في هذا الزمان لنشر السنة وقمع البدعة ويعتقدون أنه يصيب ويخطيء ويجهل ويعلم ولكنهم معتقدون في أنه لا يوجد له نظيرٌ في علم السنة فهم يستفيدون من علمه ومن كتبه غير مولِّدين له. وهذا شأن سلفنا مع علمائهم.
قسم يقلِّده ويتقبل كل ما جاء به.
وقسم يرفضه ويرفض علمه ويحذِّر منه.
وقسم وسط يعتبره عالماً من العلماء المسلمين مَنَّ الله على الناس به في هذا الزمان لنشر السنة وقمع البدعة ويعتقدون أنه يصيب ويخطيء ويجهل ويعلم ولكنهم معتقدون في أنه لا يوجد له نظيرٌ في علم السنة فهم يستفيدون من علمه ومن كتبه غير مولِّدين له. وهذا شأن سلفنا مع علمائهم.
.......
إذا عرفت أنَّ الشيخ حفظه الله ليس له نظيرٌ في علم السنة فما منزلته في
فهم النصوص ؟ الذي أعرف عنه أنّ فهمه للنصوص كفهم كبار علمائنا المعاصرين على أني
أقول كما قال الإمام مالك - رحمه الله : كلٌ يؤخذ من قوله ويترك إلا صاحب هذا
القبر - يعني رسول الله صلى الله عليه وسلم.
“Amma
ba’du, aku berulang kali ditanya tentang Asy-Syaikh Naashiruddin
Al-Albaaniy hafidhahullah. Maka aku
katakan sebagaimana yang dikatakan oleh sejumlah ulama salaf bila mereka
ditanya tentang orang yang lebih terhormat kedudukannya dari mereka : ‘Orang
seperti aku ini tidak pantas ditanya tentang Fulan. Tapi dialah yang pantas
ditanya tentang diriku’. Namun disebabkan pada saat ini kebanyakan kaum
muslimin tidak dapat membedakan antara ulama dengan ahli nujum, tidak dapat
membedakan antara orang yang beriman kepada Allah dengan orang komunis yang
atheis, bahkan lebih buruk lagi sebagian pengikut hawa nafsu dari kalangan ahli
bid’ah sekarang ini memberikan julukan-julukan yang keji terhadap Ahlus-Sunnah.
…….
Sesungguhnya Asy-Syaikh Muhammad
Naashiruddin Al-Albaaniy hafidhahullahu
ta’ala tidak ada tandingannya dalam ilmu hadits. Ilmu dan karya beliau
memberi manfaat bagi kaum muslimin lebih banyak dari yang dihasilkan
orang-orang yang punya semangat tapi jahil, yaitu para aktifis harakah Islam.
Menurut keyakinanku, Asy-Syaikh Muhammad Naashiruddin
Al-Albaaniy hafidhahullah termasuk mujaddid yang telah dikhabarkan oleh
Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam
dalam hadits beliau : ‘Sesungguhnya Allah
akan membangkitkan pada setiap seratus tahun seorang mujaddid yang akan memurnikan
kembali ajaran agama ini’. Diriwayatkan oleh Abu Daawud dan dishahihkan
oleh ‘Iraaqiy dan yang lainnya.
Dalam menyikapi Asy-Syaikh Muhammad Naashiruddin
Al-Albaaniy, manusia terbagi menjadi 3 macam :
Pertama, orang yang taqlid, menerima seluruh pendapat dan
perkataan beliau.
Kedua, Orang-orang
yang menolak seluruhnya, menolak ilmu beliau dan menjauhinya.
Ketiga, orang-orang
yang mengambil sikap pertengahan. Memandang beliau sebagai salah seorang ulama
kaum muslimin yang merupakan karunia yang Allah turunkan kepada umat manusia
pada jaman sekarang ini untuk menyebarkan As-Sunnah dan memberantas bid’ah.
Meyakini bahwa beliau bisa benar dan bisa juga salah, kadang tahu dan kadang
tidak tahu. Akan tetapi mereka juga memandang bahwa beliau adalah seorang ‘alim
yang tidak ada tandingannya dalam ilmu As-Sunnah. Mereka menimba pelajaran dari
ilmu dan karya-karyanya tanpa taqlid kepada beliau. Itulah sikap salaf terhadap
ulama.
……..
Apabila engkau telah mengetahui bahwa Asy-Syaikh
Al-Albaaniy hafidhahullah tidak ada
bandingannya dalam ilmu As-Sunnah, lantas bagaimana kedudukan beliau dalam
memahami nash ? Sejauh yang aku ketahui, beliau memahami nash-nash seperti
pemahaman para ulama besar yang sejaman dengan beliau. Hanya saja aku katakan
sebagaimana yang dikatakan oleh Al-Imam Maalik rahimahullah : ‘Setiap orang bisa diterima atau ditolak
perkataannya, kecuali penghuni kubur ini – “ [Hayatul-Albaaniy oleh Muhammad bin Ibraahiim Asy-Syaibaaniy,
2/554-555; Cet. 1/1407].
Inilah yang diyakini oleh murid-murid beliau yang mu’tabar secara umum. Apakah ada yang
salah tentang hal ini wahai Ustadz ?
Ustadz Ahmad Sarwat, Lc. berkata :
Padahal kapasitas Al-Albani yang sebenarnya bukan ahli tafsir, juga bukan ahli fiqih. Bahkan sebagai ahli
hadits sekalipun, banyak para ulama
hadits di masa sekarang ini yang masih mempertanyakan kapasitasnya. Sebab
secara tradisi, seorang ahli hadits itu idealnya punya guru tempat dia
mendapatkan riwayat hadits. Al-Albani
memang tidak pernah belajar hadits secara tradisi lewat perawi dan sanad,
sebagaimana umumya para ulama hadits. Al-Albani hanya sekedar duduk di perpustakaan membolak-balik kitab, kemudian tiba-tiba mengeluarkan statemen-statemen
yang bikin orang bingung.
Ternyata di sinilah letak isi perkataan Anda
sebenarnya. Tidak saya duga, ternyata, Ustadz Ahmad Sarwat sangat berbakat
menjadi ‘pembeo’ sejati.
Jika bukan ahli tafsir, bukan ahli fiqh, dan bukan
pula ahli hadits; lantas seorang Al-Albaaniy ahli di bidang apa ? Di bidang
perbaikan arloji ? Atau seorang yang ‘biasa-biasa saja’ seperti Anda ?. Saya
harap Anda tidak sampai mengatakan bahwa Al-Albaaniy itu tidak beda level
dengan Ahmad Sarwat.
Statement seorang Ustadz Ahmad Sarwat memang tidak
terlalu dibutuhkan – jika tidak boleh dikatakan ‘tidak dibutuhkan’ – dalam pengakuan keilmuan dan ketokohan
Al-Albaaniy. Banyak ulama yang telah memberikan sanjungan dan pengakuan
keilmuan beliau rahimahullah.
Al-‘Allamah Muhibbuddin
Al-Khathiib rahimahullah pernah
berkata saat memberikan pengantar kitab Aadaabuz-Zifaaf
fis-Sunnatil-Muthahharah (hal. 11; Al-Maktab Al-Islaamiy, Cet. Thn. 1409)
perihal beliau :
وبعد أن تهيأت لهذه الرسالة المناسبة التي عينت موضوعها ، تهيأ لها مؤلف من
دعاة السنة الذين وقفوا حياتهم على العمل لإحيائها، وهو أخونا بالغيب الشيخ أبو
عبد الرحمن محمد ناصر نوح نجاتي الألباني، فوضع بين أيدي المسلمين النصوص الصحيحة
والحسنة من سنة رسول الله صلى الله عليه وسلم في آداب الزفاف
“Aku sampaikan kata pengantar dalam kitab ini setelah
aku baca isinya (ternyata sangat bagus). Sebuah kitab yang ditulis oleh salah
seorang da’i sunnah yang telah mengabdikan kehidupannya untuk menghidupkan
Sunnah. Dia lah saudara kami Asy-Syaikh Abu ‘Abdirrahmaan Muhammad Naashir Nuuh
Najaatiy Al-Albanniy. Beliau menyuguhkan di hadapan kaum muslimin nash-nash
yang shahih dan hasan dari sunnah Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam dalam permasalahan hubungan
suami-istri…” [selesai].
Asy-Syaikh Muhammad Haamid Al-Faqiy rahimahullah pernah menyebut :
الأخ السلفي البحاثة الشيخ ناصر الدين
“Saudara Salafiy,
sang pembahas ulung (al-bahaatsah),
Asy-Syaikh Naashiruddin…” [Rad’ul-Jaaniy
Al-Muta’addi ‘alal-Albaaniy oleh Abu Mu’aadz Thaariq bin ‘Awadlallaah, hal.
19; Cet. 2/1422].
Asy-Syaikh Ibnu Baaz rahimahullah pernah berkata :
ما رأيتُ تحت أديم السماء عالماً بالحديث في العصر الحديث مثل العلامة محمد
ناصر الدين الألباني...
“Tidak pernah aku lihat di bawah kolong langit saat
ini ada orang yang ‘aalim dalam
bidang hadits semisal Al-‘Allaamah Muhammad
Naashiruddiin Al-Albaaniy…” [Hayaatul-Albaaniy,
1/65-66].
Asy-Syaikh Ibnu ‘Utsaimin rahimahullah pernah berkata :
وأنه ذو علم جم في الحديث رواية ودراية، وأن الله تعالى قد نفع فيما كتبه
كثيراً من الناس من حيث العلم ومن حيث المنهاج والاتجاه إلى علم الحديث، وهذه ثمرة
كبيرة للمسلمين، ولله الحمد.
“Beliau adalah seorang yang mempunyai pengetahuan
luas dalam hadits, baik riwayat maupun
dirayat. Dan bahwasannya Allah
memberikan banyak manfaat melalui kitab yang telah ditulisnya kepada umat
manusia dari sisi ilmu, manhaj, dan mengarahkan kepada ilmu hadits. Ini adalah
buah karya yang besar bagi kaum muslimin. Hanya bagi Allah segala puji…” [Hayaatul-Albaaniy, 2/543 dan Rad’ul-Jaaniy, hal. 21].
dan yang lainnya…
Oleh karena itu, siapa yang Anda maksud “para ahli
hadits” yang mempertanyakan kapasitas Al-Albaaniy ? Al-Ghummariy ? Abu Ghuddah
? Al-Habsyiy ? atau As-Saqqaaf ? Jikalau Anda menyebutkan namanya, tentu para
Pembaca akan lebih mudah mengidentifikasi atau mengklarifikasi “ahli hadits”
yang Anda maksud itu…..
Kalaupun ada misalnya ulama yang mengkritik tashhiih atau tadl’iif dari Al-Albaaniy, apakah itu selalu berkonsekuensi
meragukan kredibilitas Al-Albaaniy ? Perbedaan penghukuman hadits adalah hal
yang sangat biasa. Tidak mengapa seandainya Anda dan yang lainnya – wahai ustadz
yang mulia – berbeda satu atau dua permasalahan, bahkan berpuluh-puluh
permasalahan, dalam fiqh dan hadits dengan Al-Albaaniy.
Adapun perkataan Anda bahwa Asy-Syaikh Al-Albaaniy
hanya bermodal perpustakaan tanpa ada guru dan sanad; maka bercukup-cukup
dirilah untuk tidak ‘meracau’ alias nglindur
orang Jawa bilang. Ketahuilah wahai ustadz yang mulia, bahwa Asy-Syaikh
Al-Albaaniy rahimahullah mendapatkan
ijazah sanad periwayatan dari Asy-Syaikh Muhammad Raaghib Ath-Thabbakh rahimahullah. Bahkan, Asy-Syaikh Syu’aib
Al-Arna’uth rahimahullah memberikan
kesaksian tentang hal ini.
Sedikit info tentang Asy-Syaikh Ath-Thabakh, bisa
dibaca di : http://tamanulama.blogspot.com/2009/01/syeikh-raghib-ath-thabakh-guru-syeikh.html.
Jikalau Asy-Syaikh Al-Albaaniy tidak mempunyai ijazah
dari beberapa gurunya, hal itu dikarenakan beliau tidak memintanya. Selain itu,
keberadaan ijazah itu sendiri menurut beliau tidak begitu diperlukan pada hari
ini.[8][8]
Kalau saya menampilkan kritik atas pendapat Al-Albani, jangan
dianggap saya membenci beliau. Sebaliknya, justru karena saya menyukai beliau.
Tapi kadang adik-adik kelas saya yang baru saja belajar agama, sering kali
salah tanggap. Dikiranya kalau seseorang sudah mengkritik Al-Albani, seolah
dianggap memusuhinya.
Bukan Ustadz Ahmad Sarwat, Lc. namanya jika tidak
pandai bersilat kata….. Lidah memang tak bertulang. Hanya Allah lah yang tahu
ada apa sebenarnya yang tersembunyi dalam diri Ahmad Sarwat terhadap
Al-Albaaniy.
Silakan baca perkataan Ustadz Ahmad Sarwat, Lc.
tersebut di : http://www.warnaislam.com/syariah/hadis/2009/12/4/2760/Paham_Anti_Mazhab_Ingin_Meruntuhkan_Syariah_Islam.htm. Kalau Ustadz
tidak mengenal Asy-Syaikh Al-Albaaniy, ada baiknya Anda baca kitab Hayaatul-Albaaniy karya Muhammad bin
Ibraahiim Asy-Syaibaaniy. Atau kitab-kitab lainnya yang berisi biografi beliau.
Setelah membaca, bolehlah Anda angkat bicara. Jangan seperti kali ini yang
banyak ngawur-nya daripada benarnya.
Ini saja yang dapat saya tuliskan. Kalau bukan karena
ucapan Al-Ustadz Ahmad Sarwat, Lc. masuk dalam klasifikasi dusta yang layak
disejajarkan dengan ‘gosip’ atas diri Asy-Syaikh Al-Albaaniy, enggan rasanya
saya memberikan komentar.
[Abul-Jauzaa’ – 1431 H].
NB : Apa yang dituliskan di sini bukan untuk
menyanggah buku Dr. Al-Buuthiy secara khusus. Namun di bawah akan saya bawakan
dialog Asy-Syaikh Al-Albaaniy dengan Dr. Al-Buuthiy yang terjadi di kediaman
rumahnya (Al-Buuthiy) dalam transkrip bahasa Inggris.
Ada baiknya,
rekan-rekan juga membaca buku Al-Albaniy
Dihujat karya Al-Ustadz Abu ‘Ubaidah As-Sidawiy haidhahullah. Sebagian tulisan di sini menukil dari buku tersebut
كيف
خفي حديث جابر والبراء على الخلفاء الراشدين والجمهور الأعظم من الصحابة
والتابعين"!
“Bagaimana hadits
Jaabir dan Al-Barraa’ ini menjadi samar bagi Al-Khulafaa’ur-Raasyidiin, dan mayoritas shahabat dan tabi’in ?” [Tamaamul-Minnah, hal. 104].
Maksudnya,
bagaimana Al-Khulafaaur-Raasyidiin
dan para shahabat lainnya tidak mengetahui batalnya wudlu karena memakan daging
onta jikalau itu memang membatalkan – berdasarkan hadits Jaabir dan Al-Barraa’
?.
فقد جاء في "الدر المختار" "2/630"
– وهو من أشهر كتب الحنفية – ما نصه: عن أبي حنيفة: لا ينبغي لأحد أن يدعو الله
إلا به، والدعاء المأذون فيه، المأمور به ما استفيد من قوله تعالى: {وَلِلَّهِ
الْأَسْمَاءُ الْحُسْنَى فَادْعُوهُ بِهَا}. ونحوه في "الفتاوى الهندية"
"5/280". وقال القُدوري في كتابه الكبير في الفقه المسمى "بشرح
الكرخي" في "باب الكراهة": قال بشر بن الوليد حدثنا أبو يوسف قال
أبو حنيفة: لا ينبغي لأحد أن يدعو الله إلا به، وأكره أن يقول: بمعاقد العز من
عرشك، أو بحق خلقك، وهو قول أبي يوسف، قال أبو يوسف: معقد العز من عرشه هو الله،
فلا أكره هذا، وأكره أن يقول: بحق فلان، أو بحق أنبيائك ورسلك، وبحق البيت الحرام
والمشعر الحرام...."
“Tercantum dalam
kitab Ad-Durrul-Mukhtaar (2/630) yang
merupakan salah satu kitab masyhur
madzhab Hanafiyyah : ‘Tidak sepatutnya bagi seseorang berdoa kepada Allah
kecuali dengan-Nya. Dan doa yang diidzinkan lagi diperintahkan-Nya adalah
seperti yang tercantum dalam firman-Nya : Hanya
milik Allah al-asmaaul-husnaa, maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut
asmaaulhusna itu (QS. Al-A’raaf ; 180)’. Hal yang semisal terdapat dalam Al-Fataawaa Al-Hindiyyah (5/280).
Telah berkata
Al-Quduuriy dalam kitabnya yang besar dalam permasalahan fiqh Syarhul-Karkhiy, bab Al-Karahah : Telah berkata Bisyr bin
Al-Waliid : Telah menceritakan kepada kami Abu Yuusuf, ia
berkata : Telah berkata Abu Haniifah : ‘Tidak sepatutnya bagi seseorang berdoa
kepada Allah kecuali dengan-Nya, dan aku membenci untuk mengatakan : Dengan kemuliaan ‘Arsy-Mu atau Dengan hak makhluk-Mu’.
Dan inilah
perkataan Abu Yuusuf : Telah berkata Abu Yuusuf : ‘Jaminan kemuliaan ‘Arsy
adalah Allah, oleh karena itu aku tidak membencinya. Namun aku membenci untuk
mengatakan : Dengan hak si Fulaan
atau Dengan hak para nabi-Mu, para
Rasul-Mu, ‘Al-Baitul-Haraam, dan Al-Masy’aril-Haraam’…….” [selesai nukilan
Asy-Syaikh Al-Albaaniy].
[3][3] Sebagai tambahan,silakan dibaca artikel
kami : Ittiba’ Kepada Dalil Bukan Berarti Meninggalkan Perkataan
Para ‘Ulama !! dan Apakah Seorang Muslim Harus Mengikuti Madzhab Tertentu ?.
[4][4] Setali tiga uang dengan tuduhan Dr.
Al-Buuthiy yang Al-Ustadz Ahmad Sarwat, Lc. setia ber-taqlid padanya.
[5][5] Diriwayatkan
oleh Muslim no. 1164, Abu Dawud no. 2433, At-Tirmidzi no. 759, An-Nasaa’iy
dalam Al-Kubraa 2/no. 2862, Ibnu
Majah no. 1716, Ahmad 5/417 & 419, dan
yang lainnya.
[7][7] Penyelisihan sebagian pendapat/perkataan
ulama terhadap nash tentu ada banyak faktor penyebab sebagaimana dikatakan oleh
Ibnu Taimiyyah rahimahullah dalam Raf’ul-Malaam-nya. Para
ulama yang keliru dengan ijtihad-nya,
maka ia dimaafkan dan baginya satu pahala sebagaimana sabda Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam :
إذا حكم
الحاكم فاجتهد ثم أصاب فله أجران وإذا حكم فاجتهد ثم أخطأ فله أجر
“Apabila seorang hakim memutuskan satu perkara dan
berijtihad, lalu ijtihadnya itu benar, baginya dua pahala. Namun jika ia
memutuskan perkara dan berijtihad, lalu ijtihadnya itu salah, baginya satu
pahala” [Muttafaqun ‘alaihi].
[8][8] Silakan simak perbincangan di : http://www.ahlalhdeeth.com/vb/archive/index.php/t-18495.html.
كيف
خفي حديث جابر والبراء على الخلفاء الراشدين والجمهور الأعظم من الصحابة
والتابعين"!
“Bagaimana hadits
Jaabir dan Al-Barraa’ ini menjadi samar bagi Al-Khulafaa’ur-Raasyidiin, dan mayoritas shahabat dan tabi’in ?” [Tamaamul-Minnah, hal. 104].
Maksudnya,
bagaimana Al-Khulafaaur-Raasyidiin
dan para shahabat lainnya tidak mengetahui batalnya wudlu karena memakan daging
onta jikalau itu memang membatalkan – berdasarkan hadits Jaabir dan Al-Barraa’
?.
فقد جاء في "الدر المختار" "2/630"
– وهو من أشهر كتب الحنفية – ما نصه: عن أبي حنيفة: لا ينبغي لأحد أن يدعو الله
إلا به، والدعاء المأذون فيه، المأمور به ما استفيد من قوله تعالى: {وَلِلَّهِ
الْأَسْمَاءُ الْحُسْنَى فَادْعُوهُ بِهَا}. ونحوه في "الفتاوى الهندية"
"5/280". وقال القُدوري في كتابه الكبير في الفقه المسمى "بشرح
الكرخي" في "باب الكراهة": قال بشر بن الوليد حدثنا أبو يوسف قال
أبو حنيفة: لا ينبغي لأحد أن يدعو الله إلا به، وأكره أن يقول: بمعاقد العز من
عرشك، أو بحق خلقك، وهو قول أبي يوسف، قال أبو يوسف: معقد العز من عرشه هو الله،
فلا أكره هذا، وأكره أن يقول: بحق فلان، أو بحق أنبيائك ورسلك، وبحق البيت الحرام
والمشعر الحرام...."
“Tercantum dalam
kitab Ad-Durrul-Mukhtaar (2/630) yang
merupakan salah satu kitab masyhur
madzhab Hanafiyyah : ‘Tidak sepatutnya bagi seseorang berdoa kepada Allah
kecuali dengan-Nya. Dan doa yang diidzinkan lagi diperintahkan-Nya adalah
seperti yang tercantum dalam firman-Nya : Hanya
milik Allah al-asmaaul-husnaa, maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut
asmaaulhusna itu (QS. Al-A’raaf ; 180)’. Hal yang semisal terdapat dalam Al-Fataawaa Al-Hindiyyah (5/280).
Telah berkata
Al-Quduuriy dalam kitabnya yang besar dalam permasalahan fiqh Syarhul-Karkhiy, bab Al-Karahah : Telah berkata Bisyr bin
Al-Waliid : Telah menceritakan kepada kami Abu Yuusuf, ia berkata : Telah
berkata Abu Haniifah : ‘Tidak sepatutnya bagi seseorang berdoa kepada Allah
kecuali dengan-Nya, dan aku membenci untuk mengatakan : Dengan kemuliaan ‘Arsy-Mu atau Dengan
hak makhluk-Mu’.
Dan inilah
perkataan Abu Yuusuf : Telah berkata Abu Yuusuf : ‘Jaminan kemuliaan ‘Arsy
adalah Allah, oleh karena itu aku tidak membencinya. Namun aku membenci untuk
mengatakan : Dengan hak si Fulaan
atau Dengan hak para nabi-Mu, para
Rasul-Mu, ‘Al-Baitul-Haraam, dan Al-Masy’aril-Haraam’…….” [selesai nukilan
Asy-Syaikh Al-Albaaniy].
[3][3] Sebagai tambahan,silakan dibaca artikel
kami : Ittiba’ Kepada Dalil Bukan Berarti Meninggalkan Perkataan
Para ‘Ulama !! dan Apakah Seorang Muslim Harus Mengikuti Madzhab Tertentu ?.
[4][4] Setali tiga uang dengan tuduhan Dr.
Al-Buuthiy yang Al-Ustadz Ahmad Sarwat, Lc. setia ber-taqlid padanya.
[5][5] Diriwayatkan
oleh Muslim no. 1164, Abu Dawud no. 2433, At-Tirmidzi no. 759, An-Nasaa’iy
dalam Al-Kubraa 2/no. 2862, Ibnu
Majah no. 1716, Ahmad 5/417 & 419, dan
yang lainnya.
[7][7] Penyelisihan sebagian pendapat/perkataan
ulama terhadap nash tentu ada banyak faktor penyebab sebagaimana dikatakan oleh
Ibnu Taimiyyah rahimahullah dalam Raf’ul-Malaam-nya. Para ulama yang
keliru dengan ijtihad-nya, maka ia
dimaafkan dan baginya satu pahala sebagaimana sabda Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam :
إذا حكم
الحاكم فاجتهد ثم أصاب فله أجران وإذا حكم فاجتهد ثم أخطأ فله أجر
“Apabila seorang hakim memutuskan satu perkara dan
berijtihad, lalu ijtihadnya itu benar, baginya dua pahala. Namun jika ia
memutuskan perkara dan berijtihad, lalu ijtihadnya itu salah, baginya satu
pahala” [Muttafaqun ‘alaihi].
Tidak ada komentar:
Posting Komentar