Ibnu Hajar rahimahullah berkata :
وَعَنْ
عَائِشَةَ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهَا قَالَتْ : كَانَ رَسُولُ اَللَّهِ صَلَّى اللهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَصُومُ حَتَّى نَقُولَ لَا يُفْطِرُ, وَيُفْطِرُ حَتَّى
نَقُولَ لَا يَصُومُ, وَمَا رَأَيْتُ رَسُولَ اَللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ اِسْتَكْمَلَ صِيَامَ شَهْرٍ قَطُّ إِلَّا رَمَضَانَ, وَمَا رَأَيْتُهُ
فِي شَهْرٍ أَكْثَرَ مِنْهُ صِيَامًا فِي شَعْبَانَ. مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ،
وَاللَّفْظُ لِمُسْلِمٍ
Dari ‘Aaisyah radliyallaahu
‘anhaa, ia berkata : “Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam
biasa berpuasa hingga kami menyangka beliau tidak berbuka; dan beliau berbuka
hingga kami menyangka beliau tidak berpuasa. Aku tidak pernah melihat
Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam menyempurnakan puasa satu
bulan penuh kecuali di bulan Ramadlan. Dan aku juga tidak pernah melihat satu
bulan yang beliau banyak berpuasa padanya kecuali Sya’baan” – Muttafaqun
‘alaihi, dan lafadh hadits ini milik Muslim [lihat : Buluughul-Maraam
hal. 198 no. 683, tahqiq & takhrij & ta’liq : Samiir bin Amiin
Az-Zuhairiy; Cet. 7/1424 H].
Takhrij :
Diriwayatkan oleh
Maalik dalam Al-Muwaththa’ (2/365 no. 751 – Al-Hilaaliy); dan darinya
Al-Bukhaariy (no. 1969), Muslim (no. 1156 - 175), Abu Daawud (no. 2434),
Al-Baihaqiy (4/292), dan Al-Baghaawiy dalam Syarhus-Sunnah (6/328 no.
1776) – semuanya dari jalan Maalik, dari Abun-Nadlr maula ‘Umar bin
‘Ubaidullah, dari Abu Salamah bin ‘Abdirrahmaan, dari ‘Aaisyah radliyallaahu
‘anhaa.
Diriwayatkan juga
oleh Ahmad (6/143 & 165), At-Tirmidziy dalam Al-Jaami’ (no. 737)
& Asy-Syamaail (no. 302 – Al-Fakhl), An-Nasaa’iy dalam Al-Kubraa (no.
2908), Ibnu Abi Syaibah (3/103), dan ‘Abd bin Humaid dalam Al-Muntakhab (no.
1514 – Al-‘Adawiy); dari dua jalan (‘Abdah dan Ibnu Numair), dari Muhammad bin
‘Amru, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Abu Salamah, dari ‘Aaisyah radliyallaahu
‘anhu, ia berkata :
كَانَ
يَصُومُ حَتَّى نَقُولَ لَا يُفْطِرُ وَيُفْطِرُ حَتَّى نَقُولَ لَا يَصُومُ
وَلَمْ أَرَهُ يَصُومُ مِنْ شَهْرٍ أَكْثَرَ مِنْ صِيَامِهِ مِنْ شَعْبَانَ كَانَ
يَصُومُ شَعْبَانَ إِلَّا قَلِيلًا بَلْ كَانَ يَصُومُهُ كُلَّهُ
“Beliau biasa
berpuasa hingga kami berkata beliau akan senantiasa tidak berbuka, dan beliau
berbuka hingga kami berkata beliau akan senantiasa tidak berpuasa. Aku tidak
pernah melihat beliau berpuasa dalam satu bulan lebih banyak dari puasanya di
bulan Sya’baan. Beliau berpuasa di bulan Sya'baan hingga sisa harinya tinggal
sedikit, bahkan beliau berpuasa secara keseluruhan”.
Lafadh ini milik
Ahmad.
Sanad hadits ini
hasan, karena Muhammad bin ‘Amru (bin ‘Alqamah Al-Laitsiy) seorang yang shaduuq
[Tahriirut-Taqriib, 3/299 no. 6188].
Diriwayatkan juga
oleh Al-Bukhaariy (no. 1970) dan Muslim (no. 782 - 177), keduanya dari jalan
Hisyaam, dari Yahyaa bin Abi Katsiir : Telah menceritakan kepada kami Abu
Salamah, dari ‘Aaisyah radliyallaahu ‘anhaa, ia berkata :
لَمْ
يَكُنْ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَصُومُ شَهْرًا أَكْثَرَ
مِنْ شَعْبَانَ فَإِنَّهُ كَانَ يَصُومُ شَعْبَانَ كُلَّهُ وَكَانَ يَقُولُ خُذُوا
مِنْ الْعَمَلِ مَا تُطِيقُونَ فَإِنَّ اللَّهَ لَا يَمَلُّ حَتَّى تَمَلُّوا
وَأَحَبُّ الصَّلَاةِ إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَا
دُووِمَ عَلَيْهِ وَإِنْ قَلَّتْ وَكَانَ إِذَا صَلَّى صَلَاةً دَاوَمَ عَلَيْهَا
"Rasulullah shallallaahu
'alaihi wa sallam tidak pernah berpuasa dalam satu bulan lebih banyak
daripada Sya’baan. Beliau (seakan-akan) berpuasa di bulan Sya'ban seluruhnya.
Dan beliau bersabda : ‘Lakukanlah amal-amal yang kalian sanggup
melakukannya, karena Allah tidak pernah merasa bosan hingga kalian sendiri yang
bosan’. Dan shalat yang paling Nabi shallallaahu 'alaihi wa sallam
cintai adalah yang dilakukan secara kontinyu meskipun sedikit. Dan beliau bila
melaksanakan shalat (sunnat), maka beliau melakukannya secara kontinyu”.
Lafadh ini milik
Al-Bukhaariy.
Diriwayatkan juga
oleh Al-‘Uqailiy (hal. 621 no. 780) dari jalan Thariif, dari Yahyaa bin Abi
Katsiir, dari Abu Salamah, dari Abu Hurairah : Bahwasannya ‘Aaisyah
menceritakan mereka :
أن
رسول الله صلى الله عليه وسلم كان يصوم شعبان كله. قلت : يا رسول الله! أرأيت
شعبان أحب الشهور إليك أن تصومه ؟. قال : إن الله يكتب كل نفس قبضت في تلك السنة
فأحب أن يأتيني أجلي وأنا صائم.
Bahwa Rasulullah shallallaahu
‘alaihi wa sallam berpuasa Sya’bah seluruhnya. Aku bertanya : “Wahai
Rasulullah, apakah engkau berpendapat Sya’baan merupakan bulan yang paling
engkau senangi untuk berpuasa di dalamnya ?”. Beliau bersabda : “Sesungguhnya
Allah menetapkan bagi setiap jiwa diwafatkan di tahun tersebut. Maka aku senang
jika saat ajal menjemputku dan aku dalam keadaan berpuasa”.
Thariif bin
Ad-Daffaa’, ia tidak mempunyai hadits lain selain dari hadits ini. Oleh karena
itu Al-‘Uqailiy berkata : “Ia tidak diketahui melainkan dengan hadits ini, dan
ia tidak punyai mutaba’ah.
Kemudian
Al-‘Uqailiy meriwayatkan dari jalan ‘Amru bin Abi Qais, dari Manshuur, dari
Saalim bin Abil-Ja’d, dari Abu Salamah, ia berkata : Aku bertanya kepada Ummu
Salamah tentang puasa Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam. Lalu ia
menjawab :
ما
رأيته يصوم شهرًا إلا شعبان فإنه كان يصله برمضان.
“Aku tidak pernah
melihat beliau berpuasa selama satu bulan kecuali Sya’baan. Sesungguhnya beliau
menyambungkannya dengan Ramadlan”.
Riwayat ini lebih
didahulukan (daripada riwayat sebelumnya) [selesai perkataan Al-‘Uqailiy dalam Adl-Dlu’afaa’,
hal. 621].
Diriwayatkan juga
oleh Muslim (no. 1156 - 176), Ahmad (6/39), Ibnu Maajah (no. 1710), Al-Humaidiy
(no. 173), Abu Ya’laa (no. 4633 & 4860), Ibnu
Abi Syaibah (3/103), dan Al-Baihaqiy (4/292);
semuanya dari jalan Sufyaan (bin ‘Uyainah), dari Ibnu Abi Labiid, dari Abu
Salamah, ia berkata : Aku bertanya kepada ‘Aaisyah radliyallaahu ‘anhaa
tentang puasa Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam. Maka ia menjawab :
كَانَ
يَصُومُ حَتَّى نَقُولَ قَدْ صَامَ وَيُفْطِرُ حَتَّى نَقُولَ قَدْ أَفْطَرَ
وَلَمْ أَرَهُ صَائِمًا مِنْ شَهْرٍ قَطُّ أَكْثَرَ مِنْ صِيَامِهِ مِنْ شَعْبَانَ
كَانَ يَصُومُ شَعْبَانَ كُلَّهُ كَانَ يَصُومُ شَعْبَانَ إِلَّا قَلِيلًا
“Beliau shallallaahu
'alaihi wa sallam berpuasa hingga kami berkata bahwa beliau akan senantiasa
berpuasa. Dan beliau berbuka sehingga kami berkata bahwa beliau akan senantiasa
berbuka. Dan aku tidak pernah melihat beliau berpuasa (sunnah) dalam sebulan
lebih banyak daripada puasa beliau di bulan Sya’baan. Beliau berpuasa di bulan
Sya'baan hingga sisa harinya tinggal sedikit."
Diriwayatkan juga
oleh Muslim (no. 1156) dari jalan ‘Abdullah bin Syaqiiq, ia berkata : Aku
bertanya kepada ‘Aaisyah radliyallaahu ‘anhaa : "Apakah Rasulullah shallallaahu
'alaihi wa sallam pernah berpuasa sebulan penuh ?". ‘Aaisyah menjawab
:
مَا
عَلِمْتُهُ صَامَ شَهْرًا كُلَّهُ إِلَّا رَمَضَانَ وَلَا أَفْطَرَهُ كُلَّهُ
حَتَّى يَصُومَ مِنْهُ حَتَّى مَضَى لِسَبِيلِهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ
"Aku tidak
mengetahui beliau berpuasa selama sebulan penuh kecuali Ramadlaan. Dan beliau
juga belum pernah berbuka sebulan penuh hingga (pasti ada hari yang) beliau
berpuasa padanya; hingga beliau shallallaahu 'alaihi wa sallam wafat".
Di lain riwayat
‘Aaisyah menjawab :
كَانَ
يَصُومُ حَتَّى نَقُولَ قَدْ صَامَ قَدْ صَامَ وَيُفْطِرُ حَتَّى نَقُولَ قَدْ
أَفْطَرَ قَدْ أَفْطَرَ قَالَتْ وَمَا رَأَيْتُهُ صَامَ شَهْرًا كَامِلًا مُنْذُ
قَدِمَ الْمَدِينَةَ إِلَّا أَنْ يَكُونَ رَمَضَانَ
“Beliau berpuasa
hingga kami berkata beliau akan senantiasa berpuasa. Dan beliau berbuka hingga
kami berkata beliau akan senantiasa berbuka. Dan aku tidak pernah melihat
beliau berpuasa selama sebulan penuh sejak beliau tiba di Madinah, kecuali
Ramadlaan".
Sebagian Fiqh
Hadits :
Hadits ini
merupakan dalil yang cukup jelas tentang masyru’-nya berpuasa (sunnah)
di bulan Sya’baan dan keutamaan yang besar padanya. Tidak ada bulan yang lebih
banyak beliau berpuasa di dalamnya kecuali bulan Sya’baan. Akan tetapi, hal itu
bukan berarti puasa di bulan tersebut merupakan puasa sunnah yang paling utama.
Perhatikan riwayat berikut :
حَدَّثَنِي
قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ حَدَّثَنَا أَبُو عَوَانَةَ عَنْ أَبِي بِشْرٍ عَنْ
حُمَيْدِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ الْحِمْيَرِيِّ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ
اللَّهُ عَنْهُ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللَّهِ الْمُحَرَّمُ وَأَفْضَلُ
الصَّلَاةِ بَعْدَ الْفَرِيضَةِ صَلَاةُ اللَّيْلِ
Telah
menceritakan kepadaku Qutaibah bin Sa’iid[1] : Telah menceritakan kepada
kami Abu ‘Awaanah[2],
dari Abu Bisyr[3],
dari Humaid bin ‘Abdirrahmaan Al-Himyariy[4], dari Abu Hurairah radliyallaahu
‘anhu, ia berkata : Telah bersabda Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa
sallam : “Puasa yang paling utama setelah Ramadlaan adalah puasa di
bulan Allah Muharram. Dan shalat yang paling utama setelah shalat wajib adalah
shalat malam (shalat lail)” [Diriwayatkan oleh Muslim no. 1163].[5]
Hadits ini
memberikan satu faedah bahwa keutamaan dalam agama/syari’at bukan berasal dari
logika, melainkan dari nash. Setiap amalan mempunyai tingkatan-tingkatan dalam
hal keutamaan. Begitu juga dengan waktu dilakukannya amalan itu sendiri.
Adapun hadits :
عن
أنس قال : سئل النبي صلى الله عليه وسلم أي الصوم أفضل بعد رمضان فقال شعبان
لتعظيم رمضان قيل فأي الصدقة أفضل قال صدقة في رمضان
Dari Anas, ia
berkata : Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam pernah ditanya : “Puasa
apakah yang paling utama setelah Ramadlaan ?”. Beliau menjawab : “Sya’baan
untuk memuliakan Ramadlaan”. Dikatakan : “Lalu shadaqah apakah yang paling
utama ?”. Beliau menjawab : “Shadaqah di bulan Ramadlaan”.
Diriwayatkan oleh
At-Tirmidziy no. 663, Ibnu Abi Syaibah 3/103, Abu Ya’laa no. 3431,
Ath-Thahaawiy dalam Syarh Ma’aanil-Aatsaar 2/83, dan Al-Baghawiy no.
1778; dari dua jalan (Muusaa bin Ismaa’iil dan Yaziid bin Haaruun), dari
Shadaqah bin Muusaa, dari Tsaabit Al-Bunaaniy, dari Anas secara marfu’.
Sanad hadits ini lemah karena kelemahan dari Shadaqah bin Muusaa[6].
Diriwayatkan juga
Ahmad 3/230 dari jalan Yuunus : Telah menceritakan kepada kami ‘Utsmaan bin
Rasyiid, ia berkata : Telah menceritakan kepadaku Anas bin Siiriin, ia berkata
: Kami mendatangi Anas bin Maalik…..(al-hadits)…”. Hadits ini lemah, karena
kelemahan ‘Utsmaan bin Rusyaid[7].
Ada kemusykilan
terkait dengan hadits-hadits yang telah disebutkan di atas. Dalam satu riwayat
disebutkan bahwa beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam berpuasa penuh di
bulan Sya’baan; di lain riwayat disebutkan bahwa tidaklah beliau shallallaahu
‘alaihi wa sallam berpuasa satu bulan secara penuh kecuali di bulan
Ramadlaan. Bagaimana cara memahaminya ? Ada
beberapa penjelasan mengenai hal ini.
Sebagian ulama
ada yang memahami bahwa beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam kadang
berpuasa penuh di bulan Sya’baan, kadang pula tidak berpuasa penuh. Namun
pendapat ini tertolak, sebab telah shahih dan shaarih penjelasan
‘Aaisyah radliyallaahu ‘anhaa :
وَمَا
رَأَيْتُهُ صَامَ شَهْرًا كَامِلًا مُنْذُ قَدِمَ الْمَدِينَةَ إِلَّا أَنْ
يَكُونَ رَمَضَانَ
“Dan aku tidak
pernah melihat beliau berpuasa selama sebulan penuh sejak beliau tiba di
Madinah, kecuali Ramadlaan".
Yang raajih
dalam hal ini – wallaahu a’lam – adalah sebagaimana dikatakan
At-Tirmidziy sebagai berikut :
وروي
عن بن المبارك أنه قال في هذا الحديث قال هو جائز في كلام العرب إذا صام أكثر
الشهر أن يقال صام الشهر كله ويقال قام فلان ليله أجمع ولعله تعشى واشتغل ببعض
امره كأن بن المبارك قد رأى كلا الحديثين متفقين يقول إنما معنى هذا الحديث أنه
كان يصوم أكثر الشهر
“Dan diriwayatkan
dari Ibnul-Mubaarak bahwasannya ia berkata tentang hadits ini : ‘Merupakan
kebiasaan dalam percakapan orang Arab apabila seseorang berpuasa pada sebagian
besar hari dalam sebulan, maka akan dikatakan ia berpuasa sebulan penuh. Dan
dikatakan : ‘Fulaan melakukan shalat (sunnah) pada seluruh malamnya’ –
padahal mungkin ia makan malam dan melakukan sebagian urusannya di malam
tersebut’. Sepertinya Ibnul-Mubaarak memandang dua hadits di atas memiliki
korelasi arti yang sama. Ia berkata : ‘Makna hadits tersebut adalah bahwa
beliau shallallaahu 'alaihi wa sallam berpuasa pada sebagian besar hari
di bulan Sya'baan” [Jaami’ At-Tirmidziy, 2/107].
Ada kemusykilan lain
dalam bahasan puasa Sya’baan ini, yaitu hadits :
حَدَّثَنَا
أَحْمَدُ بْنُ عَبْدَةَ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْعَزِيزِ بْنُ مُحَمَّدٍ ح و
حَدَّثَنَا هِشَامُ بْنُ عَمَّارٍ حَدَّثَنَا مُسْلِمُ بْنُ خَالِدٍ قَالَا
حَدَّثَنَا الْعَلَاءُ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ عَنْ أَبِيهِ عَنْ أَبِي
هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا
كَانَ النِّصْفُ مِنْ شَعْبَانَ فَلَا صَوْمَ حَتَّى يَجِيءَ رَمَضَانُ
Telah
menceritakan kepada kami Ahmad bin ‘Abdah[8] : Telah menceritakan kepada
kami ‘Abdul-‘Aziiz bin Muhammad[9]. Dan telah menceritakan
kepada kami Hisyaam bin ‘Ammaar[10] : Telah menceritakan
kepada kami Muslim bin Khaalid[11]; mereka berdua
(‘Abdul-‘Aziiz bin Muhammad dan Muslim bin Khaalid) berkata : Telah
menceritakan kepada kami ‘Al-‘Alaa’ bin ‘Abdirrahmaan[12],
dari ayahnya[13],
dari Abu Hurairah, ia berkata : Telah bersabda Rasulullah shallallaahu
‘alaihi wa sallam : “Apabila tiba pertengahan bulan Sya’baan, janganlah
berpuasa hingga tiba bulan Ramadlan” [Diriwayatkan oleh Ibnu Maajah no.
1651; shahih].
Diriwayatkan pula
oleh ‘Abdurrazzaaq (no. 7325), Ibnu Abi Syaibah (3/21), Ahmad (2/442),
Ad-Daarimiy (no. 1747-1748), Abu Daawud (no. 2337), At-Tirmidziy (no. 738),
Ibnu Hibbaan (no. 3589), dan Al-Baihaqiy (4/209).
Bagaimana
mengkompromikannya dengan hadits-hadits tentang perbuatan beliau shallallaahu
‘alaihi wa sallam yang berpuasa di kebanyakan hari pada bulan Sya’baan ?
Apakah memang terlarang jika ada seseorang yang baru berpuasa ketika Sya’baan
telah berjalan di pertengahannya ?
At-Tirmidziy
menjelaskan jawabannya sebagai berikut :
وَمَعْنَى
هَذَا الْحَدِيثِ عِنْدَ بَعْضِ أَهْلِ الْعِلْمِ أَنْ يَكُونَ الرَّجُلُ
مُفْطِرًا فَإِذَا بَقِيَ مِنْ شَعْبَانَ شَيْءٌ أَخَذَ فِي الصَّوْمِ لِحَالِ
شَهْرِ رَمَضَانَ وَقَدْ رُوِيَ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى
اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَا يُشْبِهُ قَوْلَهُمْ حَيْثُ قَالَ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَا تَقَدَّمُوا شَهْرَ رَمَضَانَ بِصِيَامٍ إِلَّا أَنْ
يُوَافِقَ ذَلِكَ صَوْمًا كَانَ يَصُومُهُ أَحَدُكُمْ وَقَدْ دَلَّ فِي هَذَا
الْحَدِيثِ أَنَّمَا الْكَرَاهِيَةُ عَلَى مَنْ يَتَعَمَّدُ الصِّيَامَ لِحَالِ
رَمَضَانَ
“Makna hadits
tersebut menurut sebagian ulama adalah : Jika seseorang tidak terbiasa
berpuasa, kemudian ketika masuk pada pertengahan bulan Sya'ban, ia baru mulai
berpuasa karena (menyambut) bulan Ramadlaan. Telah diriwayatkan dari Abu
Hurairah dari Nabi shallallaahu 'alaihi wa sallam (satu hadits) yang
semisal makna yang diterangkan oleh mereka, yaitu beliau shalallaahu 'alaihi
wa salam bersabda : ‘Janganlah kalian berpuasa mendahului bulan
Ramadlaan dengan puasa, kecuali jika bertepatan hari yang kalian biasa
berpuasa’. Hadits ini menunjukan larangan bagi orang yang sengaja berpuasa
menjelang datangnya puasa Ramadlan” [Dinukil melalui perantaraan Jaami’
Al-Ahaadiits Ash-Shahiihah fish-Shiyaam wal-Qiyaam wal-I’tikaaf oleh Hamdiy
Haamid Shubh, hal. 37, muraja’ah : ‘Aliy Al-Halabiy].
Terakhir,
Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam telah menjelaskan hikmah puasa
yang beliau lakukan di kebanyakan hari pada bulan Sya’baan melalui riwayat :
أَخْبَرَنَا
عَمْرُو بْنُ عَلِيٍّ عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ قَالَ حَدَّثَنَا ثَابِتُ بْنُ
قَيْسٍ أَبُو الْغُصْنِ شَيْخٌ مِنْ أَهْلِ الْمَدِينَةِ قَالَ حَدَّثَنِي أَبُو
سَعِيدٍ الْمَقْبُرِيُّ قَالَ حَدَّثَنِي أُسَامَةُ بْنُ زَيْدٍ قَالَ قُلْتُ يَا
رَسُولَ اللَّهِ لَمْ أَرَكَ تَصُومُ شَهْرًا مِنْ الشُّهُورِ مَا تَصُومُ مِنْ
شَعْبَانَ قَالَ ذَلِكَ شَهْرٌ يَغْفُلُ النَّاسُ عَنْهُ بَيْنَ رَجَبٍ
وَرَمَضَانَ وَهُوَ شَهْرٌ تُرْفَعُ فِيهِ الْأَعْمَالُ إِلَى رَبِّ الْعَالَمِينَ
فَأُحِبُّ أَنْ يُرْفَعَ عَمَلِي وَأَنَا صَائِمٌ
Telah
mengkhabarkan kepada kami ‘Amru bin ‘Aliy[14], dari ‘Abdurrahmaan[15],
ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Tsaabit bin Qais Abul-Ghushn[16]
- seorang syaikh dari kalangan penduduk Madiinah - ia berkata : Telah
menceritakan kepadaku Abu Sa’iid Al-Maqburiy[17], ia berkata : Telah
menceritakan kepadaku Usaamah bin Zaid, ia berkata : Aku berkata : “Wahai
Rasulullah, aku tidak pernah melihatmu berpuasa dalan satu bulan seperti halnya
puasamu di bulan Sya’baan ?”. Beliau menjawab : "Itulah bulan yang
dilalaikan manusia yang terletak antara bulan Rajab dan Ramadlaan. Ia adalah
bulan yang padanya amal perbuatan diangkat kepada Rabbul-’Aalamiin. Dan aku
senang seandainya amalku diangkat ketika aku sedang berpuasa"
[Diriwayatkan oleh An-Nasa’iy no. 2347; hasan – lihat Shahih Sunan
An-Nasaa’iy, 2/153].
Adakah kita
‘tertarik’ dengan alasan yang disampaikan oleh Rasulullah shallallaahu
‘alaihi wa sallam sehingga mengikuti jejak beliau dalam amalan ?
Alhamdulillah, artikel kecil
tentang puasa Sya’baan ini selesai dituliskan. Semoga ada manfaatnya.
Wallaahu a’lam.
[abu al-jauzaa’].
[1] Qutaibah bin
Sa’iid bin Jamiil bin Thariif Ats-Tsaqafiy Abu Rajaa’ Al-Baghlaaniy; seorang
yang tsiqah lagi tsabat (148-240 H). Dipakai Al-Bukhaariy dan
Muslim dalam Shahih-nya [Taqriibut-Tahdziib, hal. no. 5557].
[2] Namanya adalah
Al-Wadldlaah bin ‘Abdillah Al-Yasykuriy Abu ‘Awaanah Al-Waasithiy Al-Bazzaar;
seorang yang tsiqah lagi tsabat (w. 175/176 H). Dipakai
Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [idem, hal. 1036 no.
7457].
[3] Namanya adalah
Bayaan bin Bisyr Al-Ahmasiy Al-Bajaliy Abu Bisyr Al-Kuufiy Al-Mu’allim; seorang
yang tsiqah lagi. Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya
[idem, hal. 180 no. 797].
[4] Humaid bin ‘Abdirrahmaan
Al-Himyariy Al-Bashriy; seorang yang tsiqah lagi faqiih. Dipakai
Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [idem, hal. 275 no.
1563].
[5] Hadits ini di-ta’lil
oleh Ad-Daaruquthniy dalam At-Tatabbu’ dimana ia mengatakan bahwa
Abu ‘Awaanah telah diselisihi oleh Syu’bah yang meriwayatkan dari Abu Bisyr,
dari Humaid bin ‘Abdirrahmaan secara mursal. Namun ta’lil ini
perlu dicermati lebih lanjut. Abu ‘Awaanah merupakan aqran dari Syu’bah
yang kedudukannya selevel (tsiqah tsabat). Oleh karena itu, ada
kemungkinan bahwa Abu Bisyr meriwayatkan hadits tersebut dari Humaid dengan dua
bentuk, yaitu muttashil dan mursal. Apalagi riwayat muttashil ini
mempunyai penguat. Muslim telah membawakan mutaba’ah bagi Abu Bisyr
dalam riwayat muttashil ini dari Muhammad bin Al-Muntasyir :
وحدثني
زهير بن حرب. حدثنا جرير عن عبدالملك بن عمير، عن محمد بن المنتشر، عن حميد بن
عبدالرحمن، عن أبي هريرة رضي الله عنه. يرفعه. قال : سئل: أي الصلاة أفضل بعد
المكتوبة ؟ وأي الصيام أفضل بعد شهر رمضان ؟ فقال " أفضل الصلاة، بعد الصلاة
المكتوبة، الصلاة في جوف الليل. وأفضل الصيام، بعد شهر رمضان، صيام شهر الله
المحرم".
Dan telah
menceritakan kepadaku Zuhair bin Harb : Telah menceritakan kepada kami Jariir,
dari ‘Abdul-Malik bin ‘Umair, dari Muhammad bin Al-Muntasyir, dari Humaid bin
‘Abdirrahmaan, dari Abu Hurairah radliyallaahu ‘anhu secara marfu’.
Beliau pernah ditanya : "Shalat apakah yang paling utama setelah shalat
wajib ? Dan puasa apakah yang paling utama setelah puasa di bulan
Ramadlaan?". Maka beliau menjawab : "Shalat yang paling utama setelah
shalat wajib adalah shalat yang dilakukan di tengah malam. Dan puasa yang
paling utama setelah puasa di bulan Ramadlan adalah puasa di bulan Allah
Muharram" [Diriwayatkan oleh Muslim no. 1163].
Zuhair bin Harb
bin Syaddaad Abu Khaitsamah An-Nasaa’iy adalah seorang yang tsiqah lagi tsabat,
dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [At-Taqriib,
hal. 341 no. 2053]. Jariir bin ‘Abdil-Hamiid Adl-Dlabbiy adalah seorang yang tsiqah
shahiihul-kitaab, dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya
[idem, hal. 196 no. 924]. ‘Abdul-Malik bin ‘Umair bin Suwaid Al-Lakhamiy
adalah seorang yang tsiqah, fashiih, lagi ‘aalim, namun
hapalannya berubah dan kadang melakukan tadlis, dipakai Al-Bukhaariy dan
Muslim dalam Shahih-nya [idem, hal. 625 no. 4228]. Muhammad bin
Al-Munstasyir bin Al-Ajda’ Al-Hamdaaniy adalah seorang yang tsiqah,
dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [idem, hal 899
no. 6364].
Silakan baca
pembahasan ini dalam buku : Bainal-Imamaini Muslim wad-Daariquthniy oleh
Dr. Rabii’ bin Haadiy Al-Madkhaliy, hal. 213-215.
[6] Shadaqah bin
Muusaa Ad-Daqiiqiy Abul-Mughiirah/Abu Muhammad As-Sulamiy Al-Bashriy. Para ulama berselisih tentangnya.
Muslim bin
Ibraahiim berkata : “Shaduuq”. Telah berkata Abu Bakr bin Abi Khaitsamah
dari Yahyaa bin Ma’iin : “Haditsnya tidak ada apa-apanya”. Telah berkata
Mu’aawiyyah bin Shaalih dari Yahyaa bin Ma’iin, Abu Daawud, An-Nasaa’iy, dan
Abu Bisyr Ad-Duulabiy : “Dla’iif”. Ibnu ‘Adiy berkata : “Sebagian
haditsnya ada mutaba’ah-nya, dan sebagian yang lain tidak ada mutaba’ah-nya”.
At-Tirmidziy berkata : “Ia di sisi mereka (para ulama) tidak kuat” [Tahdziibul-Kamaal,
13/149-155 no. 2870]. Abu Haatim berkata : “Layyinul-hadiits, ditulis
haditsnya namun tidak boleh berhujjah dengannya, lagi tidak kuat”. Abu Ahmad
Al-Haakim : “Tidak kuat di sisi mereka (ulama)”. Ibnu Hibbaan berkata : “Ia
seorang syaikh yang shaalih, namun hadits bukanlah termasuk pekerjaannya. Ia
apabila meriwayatkan, membolak-balikkan khabar hinga keluar dari batas untuk
berhujjah dengannya”. Al-Bazzaar berkata : “Tidak haafidh di sisi mereka
(ulama). Di kesempatan lain ia berkata : “Tidak mengapa dengannya”. As-Saajiy
berkata : “Dla’iiful-hadiits” [Tahdziibut-Tahdziib, 4/418-419 no.
731]. Ahmad berkata : “Aku tidak mengetahuinya” [Suaalaat Ibni Haani’
no. 2263]. Ad-Daaruquthniy berkata : “Matruuk” [Suaalaat Al-Barqaaniy
no. 226]. Ibnu Syaahiin memasukkanya dalam Taariikh Asmaa’ Adl-Dlu’afaa’
wal-Kadzdzaabiin (hal. 111 no. 309). Adz-Dzahabiy berkata : “Dla’iif”
[Al-Kaasyif, 1/502 no. 2388]. Ibnu Hajar berkata : “Shaduuq mempunyai
beberapa keraguan (lahu auhaam)” [At-Taqriib, hal. 452 no. 2937].
Basyaar ‘Awwaad dan Al-Arna’uth berkata : “Dla’iif” [Tahriirut-Taqriib,
2/139 no. 2921]. Ibnu Ishaaq Al-Huwainiy berkata : “Dla’iif” [Natslun-Nabaal
bi-Mu’jamir-Rijaal, hal. 692 no. 1534].
Kesimpulan :
Shadaqah seorang perawi yang dla’iif – sebagaimana pendla’ifan dari
jumhur ulama dari kalangan kibaarul-muhadditsiin.
[7] ‘Utsmaan bin
Rusyaid Ats-Tsaqafiy; ia telah didla’ifkan Ibnu Ma’iin. Ibnu Hibbaan berkata :
“Munkarul-hadiits, karena sedikitnya riwayat yang dimilikinya. Tidak
boleh berhujjah dengannya kecuali setelah melakukan penelitian penyimakannya
dari Anas” [lihat : Lisaanul-Miizaan 5/388-389 no. 5115, At-Tadzkirah
bi-Ma’rifati Rijaal Kutubil-‘Asyrah, hal. 1136 no. 4492, dan Mishbaahul-Ariid
2/329 no. 17408].
[8] Ahmad bin
‘Abdah bin Muusaa Adl-Dlabbiy Abu ‘Abdillah Al-Bashriy; seorang yang tsiqah (w.
245 H). Dipakai oleh Muslim dalam Shahih-nya [Taqriibut-Tahdziib,
hal. 94 no. 74].
[9] Ia adalah ‘Abdul-‘Aziiz
bin Muhammad bin ‘Ubaid Ad-Daraawardiy Abu Muhammad Al-Juhhaniy (w. 186/187 H).
Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya. Ada beberapa komentar
ulama tentangnya : Mush’ab bin ‘Abdillah bin Az-Zubair berkata : “Maalik bin
Anas mentsiqahkan Ad-Daraawardiy”. Ahmad berkata : “Ia seorang yang ma’ruuf
sebagai seorang pencari hadits. Apabila ia meriwayatkan dari kitabnya, maka
shahih. Namun bila ia meriwayatkan dari kitab-kitab milik orang lain, ada
keraguan. Ia membaca kitab-kitab mereka, lalu keliru. Kadang ia membalikkan
hadits ‘Abdullah bin ‘Umar, dimana ia meriwayatkannya (menjadi) dari
‘Ubaidullah bin ‘Umar”. Yahyaa bin Ma’iin berkata : “Ad-Daraawardiy lebih tsabt
daripada Fulaih bin Sulaimaan, Ibnu Abiz-Zinaad, dan Abu Aus. Ad-Daraawardiy
kemudian Ibnu Abi Haazim”. Di lain riwayat ia berkata : “Tidak mengapa
dengannya”. Di lain riwayat ia berkata : “Tsiqah hujjah”. Abu Zur’ah
berkata : “Jelek hapalan. Kadang meriwayatkan dari hapalannya, ada sesuatu
padanya, lalu ia keliru”. Abu Haatim berkata : “Muhaddits”. An-Nasaa’iy
berkata : “Tidak kuat”. Di lain riwayat ia berkata : “Tidak mengapa dengannya.
Adapun haditsnya yang berasal dari ‘Ubaidullah bin ‘Umar adalah munkar”.
Ibnu Sa’d berkata : “Tsiqah, banyak mempunyai hadits, melakukan beberapa
kekeliruan” [Lihat : Tahdziibul-Kamaal, 18/187-195 no. 3470]. Ibnu
Hibbaan memasukkannya dalam Ats-Tsiqaat, dan berkata : “Sering keliru (yukhthi’)”.
Al-‘Ijliy berkata : “Tsiqah”. As-Saajiy berkata : “Ia termasuk
orang-orang yang jujur dan amanah, akan tetapi ia mempunyai banyak keraguan”
[lihat : Tahdziibut-Tahdziib, 6/353-355 no. 680].
Al-Bardza’iy
pernah berkata : Aku pernah bertanya lepada Abu Zur’ah : “Fulaih bin Sulaimaan,
‘Abdurrahmaan bin Abiz-Zinaad, Abu Aus, Ad-Daraawardiy, dan Ibnu Abi Haazim, mana
di antara mereka yang lebih engkau senangi ?”. Ia menjawab : “Ad-Daraawardiy
dan Ibnu Abi Haazim lebih aku senangi daripada mereka semua” [Suaalaat
Al-Bardza’iy lembar 424-425]. Ya’quub bin Sufyaan berkata : “’Abdul-‘Aziiz
di sisi penduduk Madiinah adalah seorang imam yang tsiqah” [Al-Ma’rifatu
wat-Taariikh, 1/349].
Ibnu Hajar berkata
: “Shaduuq, namun ia meriwayatkan dari kitab-kitab orang lain lalu
keliru” [Taqriibut-Tahdziib, hal. 615 no. 4147]. Basyar ‘Awwaad
dan Al-Arna’uth berkata : “Tsiqah” [Tahriirut-Taqriib, 2/371 no.
4119]. Abu Ishaaq Al-Huwainiy berkata : “Tsiqah” [Natslun-Nabaal
bi-Mu’jamir-Rijaal, hal. 801-802 no. 1852]. Al-Albaaniy berkata : “Tsiqah”
[Al-Irwaa’, 1/295].
Kesimpulannya : Ia
seorang yang tsiqah yang sedikit mendapat kritikan di jurusan
hapalannya. Khusus riwayatnya dari ‘Ubaidullah bin ‘Umar mendapat pengingkaran
sehingga dilemahkan sebagian ulama.
[10] Hisyaam bin ‘Ammaar
bin Nushair bin Maisarah bin Abaan As-Sulamiy Abul-Waliid Ad-Dimasyqiy (w. 145
H). Dipakai Al-Bukhaariy dalam Shahih-nya. Ada banyak komentar ulama mengenainya,
diantaranya :
Yahyaa bin Ma’iin
berkata : “Tsiqah”. Di lain riwayat ia berkata : “Pandai/cerdas”. Di
lain riwayat ia berkata : “Hisyaam bin ‘Ammaar lebih aku senangi daripada Ibnu
Abi Maalik”. An-Nasaa’iy berkata : “Tidak mengapa denganya”. Al-‘Ijliy berkata
: “Tsiqah”. Di lain riwayat ia berkata : “Shaduuq”.
Ad-Daaruquthniy berkata : “Shaduuq, kabiirul-mahal”. Abu Haatim
berkata : “Hisyaam bin ‘Ammaar ketika beranjak tua berubah (hapalannya)….. ia
seorang yang shaduuq”. Abu Daawud berkata : “Hisyaam bin ‘Ammaar
meriwayatkan sekitar 400 hadits yang tidak ada asalnya dari musnad”
[selengkapnya lihat : Tahdziibut-Kamaal, 30/242-255 no. 6586].
Ia banyak dikritik
dari sisi hapalannya, terutama ketika menjelang tua. Namun ia seorang shaduuq
yang hasan haditsnya. Haditsnya lemah jika bersendirian atau ada
penyelisihan dari selain dirinya. Wallaahu a’lam.
[11] Muslim bin Khaalid
Al-Qurasyiy Al-Makhzumiy; seorang yang dla’iif karena hapalannya yang
jelek (w. 179/180 H) [lihat : Tahriirut-Taqriib, 3/371-371 no. 6625]
[12] Al-‘Alaa’ bin
‘Abdirrahmaan bin Ya’quub Al-Huraqiy Abu Syibl Al-Madaniy (w. 130-an H). Ada beberapa komentar
ulama mengenainya, di antaranya :
Ahmad berkata : “Tsiqah,
aku tidak pernah mendengar seorang pun yang menyebutkan tentangnya dengan
kejelekan”. Yahyaa bin Ma’iin berkata : “Laisa bi-dzaaka, orang-orang
senantiasa berhati-hati terhadap haditsnya”. Di lain riwayat ia berkata :
“Haditsnya bukan merupakan hujjah. Ia dan Suhail berdekatan kedudukannya”. Abu
Haatim berkata : “Shaalih, para perawi tsiqaat telah meriwayatkan
darinya. Akan tetapi banyak hal yang diingkari dari hadits-haditsnya. Di
sisiku, ia serupa dengan Al-‘Alaa’ bin Al-Musayyib”. An-Nasaa’iy berkata :
Tidak mengapa dengannya (laisa bihi ba’s)”. Ibnu ‘Adiy berkata : “Aku
berpendapat tidak mengapa dengannya”. Ibnu Hibbaan menyebutkannya dalam Ats-Tsiqaat.
Ibnu Sa’d berkata : “Tsiqah, mempunyai banyak hadits, lagi tsabt”
[lihat : Tahdziibul-Kamaal, 22/520-524 no. 4577]. Al-Khaliiliy berkata :
“Orang Madiinah. Ia diperselisihkan karena ia bersendirian dengan hadits-hadits
yang tidak punya mutaba’ah, yaitu hadits : ‘Apabila tiba pertengahan
bulan Sya’ban, maka janganlah kalian berpuasa’”. At-Tirmidziy berkata : “Ia
tsiqah di sisi ahlul-hadiits” [Tahdziibut-Tahdziib, 8/187].
Al-‘Ijliy berkata : “Orang Bashrah, tsiqah, dan tinggal di Makkah”.
Ya’quub bin Sufyaan berkata : “Ia dan ayahnya tsiqah” [Al-Jaami’
fil-Jarh wat-Ta’diil, 2/334 no. 3406]. Syu’bah bin Al-Hajjaaj dan Maalik
bin Anas meriwayatkan darinya dimana hal ini sama dengan pentsiqahan menurut
mereka berdua.
Ibnu Hajar berkata
: “Shaduuq, kadang ragu-ragu” [Taqriibut-Tahdziib, hal. 761 no.
5286]. Al-Albaaniy berkata : “Tsiqah, termasuk perawi Muslim” [Irwaul-Ghaliil,
5/292]. Basyar ‘Awwaad dan Al-Arna’uth berkata : “Tsiqah” [Tahriirut-Taqriib,
3/129-130 no. 5247]. Abu Ishaaq Al-Huwainiy berkata : “Tsiqah” [Natslun-Nabaal,
hal. 969 no. 2332].
Kesimpulan : Ia
seorang perawi tsiqah.
[13] ‘Abdurrahmaan bin
Ya’quub Al-Huraqiy Al-Juhhaniy Al-Madaniy; seorang yang tsiqah. Dipakai
Muslim dalam Shahih-nya [Taqriibut-Tahdziib, hal. 605 no. 4073].
[14] ‘Amru bin ‘Aliy bin
Bahr bin Kaniiz Abu Hafsh Al-Fallaas; seorang yang tsiqah lagi haafidh
(w. 249 H). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [idem,
hal. 741 no. 5116].
[15] ‘Abdurrahmaan bin
Mahdiy bin Hassaan bin ‘Abdirrahmaan Al-‘Anbariy Abu Sa’iid Al-Bashriy; seorang
yang tsiqah, tsabt, lagi haafidh (135-198 H). Dipakai
Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [idem, hal. 601 no.
4044].
[16] Tsaabit bin Qais
Al-Ghiffaariy Abul-Ghusn Al-Madiniy, seorang yang diperselisihkan para ulama
(w. 168 H).
Ahmad bin Hanbal
berkata : “Tsiqah”. Yahyaa bin Ma’iin berkata : “Tidak mengapa
dengannya”. Dalam riwayat lain ia berkata : “Haditsnya tidak seperti itu (laisa
bi-dzaaka), dan ia seorang yang shaalih”. An-Nasaa’iy berkata :
“Tidak mengapa dengannya”. Ibnu Sa’d berkata : “Seorang syaikh yang sedikit
haditsnya” [lihat : Tahdziibul-Kamaal, 4 no. ]. Abu Dawud berkata :
“Haditsnya tidak seperti itu”. Al-Haakim berkata : “Tidak haafidh, dan
tidak dlaabith”. Ibnu Hibbaan berkata : “Ia seorang yang sedikit
haditsnya, banyak ragunya terhadap apa yang diriwayatkannya, tidak boleh
berhujjah dengan riwayatnya apabila ia tidak diikuti (mempunyai mutaba’ah)
oleh perawi lain”. Namun ia (Ibnu Hibbaan) juga memasukkannya dalam Ats-Tsiqaat”
[lihat : Tahdziibut-Tahdziib, 2/13-14 no. 20]. Adz-Dzahabiy berkata : “Tsiqah”
[Al-Kaasyif, 1/282-283 no. 696]. Ibnu Hajar berkata : “Shaduuq,
sering ragu” [Taqriibut-Tahdziib, 187 no. 836]. Basyaar ‘Awwaad dan
Al-Arna’uth berkata : “Hasanul-hadiits” [Tahriirut-Taqriib, 1/197
no. 828].
Kesimpulan : Ia
seorang yang shaduuq, hasanul-hadiits”.
[17] Namanya Kaisaan Abu
Sa’iid Al-Maqburiy Al-Madiniy; seorang yang tsiqah lagi tsabat.
Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [Tarqiibut-Tahdziib,
hal. 814 no. 5712].
Tidak ada komentar:
Posting Komentar