Salah satu dasar yang menjadi pijakan disyari’atkannya puasa Senin-Kamis adalah hadits :
عَنْ عَائِشَةَ، قَالَتْ:
" كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَتَحَرَّى صَوْمَ
الِاثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ ".
Dari
‘Aaisyah, ia berkata : “Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam senantiasa
menjaga puasa Senin dan Kamis”.
Hadits
ini diriwayatkan dari ‘Aaisyah dari beberapa jalan, yaitu :
1.
Rabii’ah bin ‘Amru
Al-Jurasyiy.
Diriwayatkan
oleh At-Tirmidziy dalam Al-Jaami’[1] no. 745
dalam dalam Asy-Syamaail[2] no.
304, An-Nasaa’iy dalam Al-Mujtabaa[3] no.
2361 dan dalam Al-Kubraa[4] no.
2508 & 2682, Abu Ya’laa[5] no. 4751, dan
Adz-Dzahabiy[6] dalam As-Siyar
13/563 (dan ia menshahihkannya); semuanya dari jalan ‘Abdullah bin Daawud :
Telah menceritakan kepada kami Tsaur bin Yaziid, dari Khaalid bin Ma’daan, dari
Rabii’ah Al-Jurasyiy, dari ‘Aaisyah radliyallaahu ‘anhaa.
‘Abdullah
bin Daawud mempunyai mutaba’ah dari Yahyaa bin Hamzah; sebagaimana
diriwayatkan oleh Ibnu Maajah[7] no. 1739,
Al-Firyaabiy[8] dalam Ash-Shiyaam
no. 1-2, Ibnu Hibbaan[9] dalam Shahih-nya
8/404-405 no. 3643, Ath-Thabaraaniy dalam Al-Ausath[10] no.
3154 dan dalam Asy-Syaamiyyiin[11] 1/255
no. 439, serta Al-Mahaamiliy[12] dalam Al-Amaaliy
1/146-147 no. 112.
Riwayat ini shahih. Perawinya tsiqaat, dan sanadnya
bersambung.[13]
Keterangan perawi :
a). Rabii’ah, ia adalah Ibnu ‘Amru, atau dikatakan
Ibnu Al-Haarits Ad-Dimasyqiy, atau dikatakan Rabii’ah Al-Ghaar Al-Jurasyiy;
seorang yang diperselisihkan status kebershahabatannya, namun ia seorang yang faqiih
dan tsiqah sebagaimana dikatakan Ad-Daaruquthniy dan yang lainnya.
Termasuk thabaqah ke-1, wafat tahun 64 H. Dipakai oleh Abu Daawud,
At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib, hal. 323
no. 1925].
b). Khaalid bin Ma’daan Al-Kalaa’iy, Abu ‘Abdillah
Asy-Syaamiy Al-Himshiy; seorang yang tsiqah lagi ‘aabid, namun
banyak melakukan irsaal. Termasuk thabaqah ke-3, wafat tahun 103
H atau dikatakan setelah itu. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud,
At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [At-Taqriib, hal. 291 no.
1688].
c). Tsaur bin Yaziid bin Ziyaad Al-Kalaa’iy, Abu
Khaalid Asy-Syaamiy; seorang yang tsiqah lagi tsabat, namun ia
berpemikiran qadariy. Termasuk thabaqah ke-7, wafat tahun
150/153/157 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy,
An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [At-Taqriib, hal. 190 no. 869].
d). ‘Abdullah bin Daawud bin ‘Aamir Al-Hamdaaniy
Asy-Sya’biy, Abu ‘Abdirrahmaan Al-Khuraibiy; seorang yang tsiqah lagi ‘aabid.
Termasuk thabaqah ke-9, wafat tahun 213 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy,
Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [At-Taqriib, hal.
503 no. 3317].
e). Yahyaa bin Hamzah bin Waaqid Al-Hadlramiy, Abu
‘Abdirrahmaan Ad-Dimasyqiy; seorang yang tsiqah, namun dituduh
berpemikiran qadariy. Termasuk thabaqah ke-8, lahir tahun 103 H,
dan wafat tahun 183 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud,
At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [At-Taqriib, hal. 1052 no.
7586].
2.
Jubair bin Nufair.
Diriwayatkan
oleh Ahmad[14] 6/89 no.
24584, An-Nasaa’iy dalam Al-Mujtabaa[15] no.
2186 & 2360 dan dalam Al-Kubraa[16] no.
2507 & 2681, Ishaaq bin Rahawaih[17] no. 1664,
dan Ath-Thabaraaniy[18] dalam Asy-Syaamiyyiin
2/184 no. 1156; semuanya dari jalan Baqiyyah, ia berkata : Telah menceritakan
kepadaku Bahiir bin Sa’d, dari Khaalid bin Ma’daan, dari Jubair bin Nufair,
dari ‘Aaisyah radliyallaahu ‘anhaa.
Riwayat
ini hasan, semua perawinya tsiqaat, kecuali Baqiyyah bin Al-Waliid,
seorang seorang yang shaduuq.
Keterangan
perawi :
a). Jubair bin Nufair bin Maalik bin ‘Aamir
Al-Hadlramiy, Abu ‘Abdirrahmaan/Abu ‘Abdillah Asy-Syaamiy Al-Himshiy; seorang
yang tsiqah lagi jaliil. Termasuk thabaqah ke-2, wafat
tahun 80 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy dalam Al-Adabul-Mufrad, Muslim,
Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [At-Taqriib, hal.
195 no. 912].
b). Khaalid bin Ma’daan, telah disebutkan keterangan
tentangnya di atas.
c). Bahiir bin Sa’d Al-Kalaa’iy, Abu Khaalid
Al-Himshiy; seorang yang tsiqah lagi tsabat. Termasuk thabaqah
ke-6. Dipakai oleh Al-Bukhaariy dalam Al-Adabul-Mufrad dan dalam Khalqu
Af’aalil-‘Ibaad, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [At-Taqriib,
hal. 163-164 no. 646].
d). Baqiyyah bin Al-Waliid bin Shaaid bin Ka’b bin
Huraiz Al-Kalaa’iy Al-Humairiy, Abu Yuhmid Al-Himshiy; seorang yang shaduuq,
namun banyak melakukan tadliis dari kalangan dlu’afaa’ (para
perawi lemah). Termasuk thabaqah ke-8, lahir tahun 110 H, dan wafat
tahun 197 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy dalam riwayat mu’allaq, Muslim,
Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [At-Taqriib, hal.
174 no. 741].
Catatan :
Dalam sanad riwayat ini, Baqiyyah telah menjelaskan tashrih periwayatan
haditsnya dari Bahiir bin Sa’d.
3.
Khaalid bin Sa’d.
Diriwayatkan
oleh An-Nasaa’iy dalam Al-Mujtabaa[19] no.
2363 dan dalam Al-Kubraa[20] no.
2684, serta Abu Ya’laa[21] dalam Mu’jam-nya
no. 31; semuanya dari jalan Abu Daawud Al-Hafariy, dari Sufyaan, dari Manshuur,
dari Khaalid bin Sa’d, dari ‘Aaisyah radliyallaahu ‘anhaa.
Dhahir
sanad ini adalah shahih, perawinya tsiqaat, dan sanadnya bersambung.
Keterangan
perawi :
a). Khaalid bin Sa’d Al-Kuufiy; seorang yang tsiqah.
Termasuk thabaqah ke-2. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu
Maajah [At-Taqriib, hal. 286 no. 1648].
b). Manshuur bin Al-Mu’tamir bin ‘Abdillah bin
Rabii’ah, Abu ‘Attaab Al-Kuufiy; seorang yang tsiqah lagi tsabat.
Termasuk thabaqah ke-5, wafat tahun 132 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy,
Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [At-Taqriib,
hal. 973 no. 6956].
c). Sufyaan bin Sa’iid bin Masruuq Ats-Tsauriy, Abu
‘Abdillah Al-Kuufiy; seorang yang tsiqah, haafidh, faqiih,
‘aabid, imam, lagi hujjah. Termasuk thabaqah ke-7,
lahir tahun 97 H, dan wafat tahun 161 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu
Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [At-Taqriib, hal. 394
no. 2458].
d). Abu
Daawud, ia adalah
‘Umar bin Abi Zaid Sa’d bin ‘Ubaid, Abu Daawud Al-Hafariy Al-Kuufiy; seorang
yang tsiqah. Termasuk thabaqah ke-9, wafat tahun 203 H. Dipakai
oleh Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [At-Taqriib,
hal. 719 no. 4938].
Akan
tetapi An-Nasaa’iy menghukumi riwayat ini munkar. Ibnu Abi Haatim
berkata :
وَسألت أبي عَنِ الْحَدِيثِ
رَوَاهُ الْجُفْرِيُّ أَبُو دَاوُدَ، عَنْ سُفْيَانَ الثَّوْرِيِّ، عَنْ
مَنْصُورٍ، عَنْ خَالِدٍ، عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ: " كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى
اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَصُومُ شَعْبَانَ وَيَتَحَرَّى الاثْنَيْنَ،
وَالْخَمِيسَ ". قَالَ أَبِي: هَذَا خَطَأٌ، لَيْسَ هَذَا مِنْ حَدِيثِ
مَنْصُورٍ، إِنَّمَا هُوَ الثَّوْرِيُّ، عَنْ ثَوْرٍ، عَنْ خَالِدِ بْنِ
مَعْدَانَ، عَنْ رَبِيعَةَ بْنِ الْغَازِ، عَنْ عَائِشَةَ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى
اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَذَا رَوَاهُ الثَّوْرِيُّ، وَيَحْيَى، وَجَمَاعَةٌ، عَنْ ثَوْرٍ
“Dan aku
pernah bertanya kepada ayahku (Abu Haatim) tentang hadits yang diriwayatkan
Al-Jufriy Abu Daawud, dari Sufyaan Ats-tsauriy, dari Manshuur, dari Khaalid,
dari ‘Aaisyah, ia berkata : ‘Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam biasa
berpuasa di bulan Sya’baan, dan senantiasa menjaga puasa Senin dan Kamis’.
Ayahku berkata : ‘Ini keliru. Ini bukanlah hadits Manshuur, akan tetapi ia
hanyalah hadits Ats-Tsauriy, dari Tsaur, dari Khaalid bin Ma’daan, dari
Rabii’ah bin Al-Ghaar, dari ‘Aaisyah, dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wa
sallam. Begitulah yang diriwayatkan Ats-Tsauriy, Yahyaa, dan jama’ah dari
Tsaur” [Al-‘Ilal, no. 705].
Akan
tetapi, kritikan Abu Haatim ini juga dapat dikritik kembali. Hal itu
dikarenakan Abu Daawud Al-Hafariy (bukan Al-Jufriy sebagaimana dikatakan Ibnu
Abi Haatim) yang meriwayatkan dari Ats-Tsauriy, seorang yang tsiqah. Dan
Khaalid dalam riwayat ini bukanlah Khaalid bin Ma’daan, namun Khaalid bin Sa’d.
Oleh karena itu, ada kemungkinan bahwa Sufyaan Ats-Tsauriy mempunyai dua jalur
periwayatan, yaitu dari Tsaur dan dari Manshuur. Wallaahu a’lam.
4.
Sawaa’ Al-Khuza’iy.
Diriwayatkan
oleh An-Nasaa’iy dalam Al-Mujtabaa[22] no. 2364 dan
dalam Al-Kubraa[23] 3/178
no. 2685 & 3/217 2799, serta Ibnu Khuzaimah[24] no. 2116;
semuanya dari jalan Ishaaq bin Ibraahiim bin Habiib Asy-Syahiid, ia berkata :
Telah menceritakan kepada kami Yahyaa bin Yamaan, dari Sufyaan, dari ‘Aashim,
dari Al-Musayyib bin Raafi’, dari Sawaa’ Al-Khuzaa’iy, dari ‘Aaisyah radliyallaahu
‘anhaa.
Keterangan
perawi :
a). Sawaa’ Al-Khuzaa’iy; seorang perawi maqbuul.
Termasuk thabaqah ke-3. Dipakai oleh Abu Daawud dan An-Nasaa’iy [At-Taqriib,
hal. 433 no. 2692].
b). Al-Musayyib bin Raafi’ Al-Asadiy Al-Kaahiliy,
Abul-‘Alaa’ Al-Kuufiy; seorang yang tsiqah. Termasuk thabaqah ke-4,
wafat tahun 105 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy,
An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [At-Taqriib, hal. 944 no. 6720].
c). ‘Aashim bin Bahdalah/Ibnu Abin-Nujuud Al-Asadiy
Al-Kuufiy, Abu Bakr Al-Muqri’; seorang yang shaduuq, namun mempunyai
beberapa keraguan (wahm). Termasuk thabaqah ke-6, wafat tahun 128
H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy,
dan Ibnu Maajah [At-Taqriib, hal. 471 no. 3071].
d). Sufyaan, ia adalah Ats-Tsauriy; telah disebutkan
keterangan tentangnya di atas.
e). Yahyaa bin Yamaan Al-‘Ijliy, Abu Zakariyyaa
Al-Kuufiy; seorang yang shaduuq, namun banyak melakukan kekeliruan dan
berubah hapalannya di akhir usianya. Termasuk thabaqah ke-9, wafat tahun
189 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy dalam Al-Adabul-Mufrad, Muslim, Abu
Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [At-Taqriib, hal.
1070 no. 7729].
f). Ishaaq bin Ibraahiim bin Habiib bin
Asy-Syahiid, Abu Ya’quub Al-Bashriy Asy-Syahiidiy; seorang yang tsiqah.
Termasuk thabaqah ke-10, wafat tahun 257 H. Dipakai oleh Abu Daawud
dalam Al-Maraasiil, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [At-Taqriib,
hal. 125 no. 326].
Sanad
riwayat ini lemah lagi terdapat idlthiraab.
Idlthiraab
dalam sanad ini
disebabkan oleh ‘Aashim bin Bahdalah. Satu kali ia meriwayatkan dari
Al-Musayyib, dari Sawaa’ Al-Khuza’iy, dari ‘Aaisyah – sebagaimana jalan sanad
ini. Di kali lain ia meriwayatkan dari Al-Musayyib dari Hafshah – sebagaimana
diriwayatkan oleh An-Nasaa’iy[25] no. 2367,
Abu Ya’laa[26] no. 7037,
dan yang lainnya. Di kali lain ia meriwayatkan dari Sawaa’ dari Hafshah –
sebagaimana diriwayatkan oleh Ahmad[27] no. 25923,
An-Nasaa’iy[28] dalam Al-Kubraa
no. 2688, dan yang lainnya. Di kali lain ia meriwayatkan dari Sawaa’, dari
Ummu Salamah – sebagaimana diriwayatkan oleh An-Nasaa’iy[29] no. 2365.
Yang mahfuudh
dari jalan Al-Musayyib bin Raafi’ adalah mursal.
حَدَّثَنَا حَفْصُ بْنُ
غِيَاثٍ، عَنِ الْعَلَاءِ بْنِ الْمُسَيِّبِ، عَنْ أَبِيهِ: " أَنّ رَسُولَ
اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَصُومُ الِاثْنَيْنِ وَالْخَمِيسَ
"
Telah
menceritakan kepada kami Hafsh bin Ghiyaats, dari Al-‘Alaa’ bin Al-Musayyib,
dari ayahnya : Bahwasannya Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam
biasa berpuasa hari Senin dan Kamis [Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah, 3/41].
Sanadnya
shahih sampai Al-Musayyib.
Keterangan
perawi :
a). Hafsh bin Ghiyaats bin Thalq bin Mu’aawiyyah bin
Maalik An-nakha’iy, Abu ‘Umar Al-Kuufiy; seorang yang tsiqah lagi faqiih,
namun sedikit berubah hapalannya di akhir usianya. Termasuk thabaqah ke-8,
wafat tahun 194/195 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud,
At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [At-Taqriib, hal. 260 no.
1439].
b). Al-‘Alaa’ bin Al-Musayyib bin Raafi’ Al-Asadiy
Al-Kaahiliy Al-Kuufiy; seorang yang tsiqah. Termasuk thabaqah ke-6.
Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [At-Taqriib,
hal. 762 no. 5293].
c). Al-Musayyib bin Raafi; telah disebutkan
keterangan tentangnya di atas.
5.
Dalam jalan sanad
yang lain, Khaalid bin Ma’daan meriwayatkan dari ‘Aaisyah secara mursal (tanpa
perantara).
Diriwayatkan
oleh An-Nasaa’iy dalam Al-Mujtabaa[30] no.
2362 dan dalam Al-Kubraa[31] no.
2683, Ahmad[32] 6/80 no.
24508 & 6/80 no. 24509 & 6/106 no. 24748, dan Abu Nu’aim dalam Al-Hilyah[33] 7/123;
semuanya dari jalan Sufyaan, dari Tsaur, dari Khaalid bin Ma’daan, dari
‘Aaisyah radliyallaahu ‘anhaa.
Diriwayatkan
juga oleh Ishaaq bin Rahawaih[34] no. 1665
tanpa menyebutkan perantara Tsaur : Telah mengkhabarkan kepada kami ‘Ubaid bin
Sa’iid Al-Umawiy : Telah mengkhabarkan kepada kami Sufyaan bin Sa’iid
(Ats-Tsauriy), dari Khaalid bin Ma’daan, dari ‘Aaisyah radliyallaahu ‘anhaa.
Namun yang benar, Sufyaan meriwayatkan dari Khaalid melalui perantaraan Tsaur.
Hal ini dikarenakan : ‘Ubaid bin Sa’iid Al-Umawiy dalam sanad yang lain telah
menyebutkan perantara Tsaur. Begitu juga dengan Muhammad bin Humaid, Muammal,
dan Al-Firyaabiy meriwayatkan dari Sufyaan dengan perantaraan Tsaur.
Tidak
disebutkan perantara antara Khaalid bin Ma’daan dengan ‘Aaisyah dalam sanad ini
merupakan kekeliruan. Yang benar, antara Khaalid dengan ‘Aaisyah terdapat
Rabii’ah Al-Jurasyiy sebagaimana jalan periwayatan no. 1 di atas. Sufyaan –
dengan keimaman dan ketsiqahannya – telah menyelisihi ‘Abdullah bin Daawud dan
Yahyaa bin Hamzah. Dan dalam sebagian jalan Yahyaa bin Hamzah, Khaalid telah
menjelaskan tashrih penyimakan riwayat kepada Rabii’ah, dan Rabii’ah lah
yang bertanya (tentang permasalahan puasa) kepada ‘Aaisyah radliyallaahu
‘anhaa.
Riwayat
‘Aaisyah radliyallaahu ‘anhaa secara keseluruhan adalah shahih.
Adapun klaim akan kedla’ifannya, maka ini tidak valid.
Riwayat
ini telah dishahihkan atau dihasankan oleh para ulama dan muhaqqiqiin kontemporer,
di antaranya :
1.
Al-Albaaniy dalam Shahih
Sunan At-Tirmidziy, 1/395; Maktabah Al-Ma’aarif, Cet. 1/1420 H – dan di
beberapa tempat dalam kitabnya.
2.
Syu’aib Al-Arna’uth
dalam tahqiiq & takhriij kitab Shahiih Ibni Hibbaan
8/404-405; Muassasah Ar-Risaalah, Cet. 2/1414 H – dan di beberapa tempat dalam
kitab yang lain.
3.
Dr. Maahir bin Yaasin
Al-Fakhl dalam tahqiiq & takhriij kitab Syamaailun-Nabiy
shallallaahu ‘alaihi wa sallam lit-Tirmidziy, hal. 174; Daarul-Gharb
Al-Islaamiy, Cet. 1/2000 M.
4.
Dr. Basyaar ‘Awwaad
Ma’ruuf dalam tahqiiq & takhriij kitab Sunan Ibni Maajah,
3/218; Daarul-Jiil, Cet. 1/1418 H.
5.
Dr. ‘Abdul-Ghafuur
Al-Baalusyiy dalam tahqiiq & takhriij kitab Musnad Ishaaq
bin Rahawaih 3/955; Daarul-Aimaan; Cet. 1/1410 H.
6.
Khaalid Asy-Syalaahiy
dalam takhriij kitab At-Tibyaan fii Takhriij wat-Tabwiib Ahaadiits
Buluughil-Maraam, 7/272; Muassasah Ar-Risaalah, Cet. 1/1421 H.
7.
Dr. Husain As-Sa’iid
dalam ta’liiq dan takhriij kitab Bayaanul-Wahm wal-Iihaam
li-Ibnil-Qaththaan, 4/270; Daar Thayyibah, Cet. 1/1418 H.
8.
Husain Saliim Asad
dalam tahqiiq & takhriij kitab Musnad Abi Ya’laa,
8/192; Daarul-Ma’muun lit-Turaats, Cet. 1/1406 H.
9.
‘Abdul-Wakiil bin
Riyaadl An-Nadawiy dalam tahqiq kitab Ash-Shiyaam lil-Firyaabiy,
hal. 24-25; Ad-Daarus-Salafiyyah, Cet. 1/1412 H.
10. Dan lain-lain.
Ini saja
yang dapat dituliskan. Semoga ada manfaatnya.
Wallaahu
a’lam.
NB :
Sebenarnya ada beberapa jalan riwayat dari kalangan shahabat yang menguatkan
riwayat ‘Aaisyah. Namun berhubung jika dituliskan pembahasannya akan menjadi
sangat panjang, maka saya cukupkan dengan pembahasan riwayat ‘Aaisyah radliyallaahu
‘anhaa di atas. Saya berharap ada ikhwah lain yang mempunyai kelonggaran
waktu untuk menulis tambahannya – atau bahkan kritikannya.
[abul-jauzaa’
– sardonoharjo, ngaglik, sleman, yogyakarta].
حَدَّثَنَا أَبُو حَفْصٍ
عَمْرُو بْنُ عَلِيٍّ الْفَلَّاسُ، حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ دَاوُدَ، عَنْ
ثَوْرِ بْنِ يَزِيدَ، عَنْ خَالِدِ بْنِ مَعْدَانَ، عَنْ رَبِيعَةَ
الْجُرَشِيِّ، عَنْ عَائِشَةَ، قَالَتْ: " كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى
اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَتَحَرَّى صَوْمَ الِاثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ ".
حَدَّثَنَا أَبُو حَفْصٍ
عَمْرُو بْنُ عَلِيٍّ، قَالَ: حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ دَاوُدَ، عَنْ
ثَوْرِ بْنِ يَزِيدَ، عَنْ خَالِدِ بْنِ مَعْدَانَ، عَنْ رَبِيعَةَ
الْجُرَشِيِّ، عَنْ عَائِشَةَ، قَالَتْ: " كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى
اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَتَحَرَّى صَوْمَ الاثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ "
أَخْبَرَنَا عَمْرُو بْنُ
عَلِيٍّ، قَالَ: حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ دَاوُدَ، قَالَ: أَخْبَرَنِي
ثَوْرٌ، عَنْ خَالِدِ بْنِ مَعْدَانَ، عَنْ رَبِيعَةَ
الْجُرَشِيِّ، عَنْ عَائِشَةَ، قَالَتْ: " كَانَ رَسُولُ اللَّهِ
صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَتَحَرَّى يَوْمَ الِاثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ
"
No. 2508 :
أَنْبَأَ عَمْرُو بْنُ
عَلِيٍّ، قَالَ: حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ دَاوُدَ، قَالَ: أَخْبَرَنَا
ثَوْرٌ، عَنْ خَالِدِ بْنِ مَعْدَانَ، عَنْ رَبِيعَةَ
الْجُرَشِيِّ، عَنْ عَائِشَةَ، قَالَتْ: " كَانَ رَسُولُ اللَّهِ
صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَصُومُ شَعْبَانَ وَرَمَضَانَ وَيَتَحَرَّى
صَوْمَ الاثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ "
No. 2682 :
أَنْبَأَ عَمْرُو بْنُ
عَلِيٍّ، قَالَ: حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ دَاوُدَ، قَالَ: حَدَّثَنَا
ثَوْرٌ، عَنْ خَالِدِ بْنِ مَعْدَانَ، عَنْ رَبِيعَةَ
الْجُرَشِيِّ، عَنْ عَائِشَةَ، قَالَتْ: كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى
اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ " يَتَحَرَّى يَوْمَ الاثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ
"
حَدَّثَنَا نَصْرُ بْنُ
عَلِيٍّ، حَدَّثَنَا ابْنُ دَاوُدَ، عَنْ ثَوْرِ بْنِ يَزِيدَ، عَنْ خَالِدِ بْنِ
مَعْدَانَ، عَنْ رَبِيعَةَ الْجُرَشِيِّ، عَنْ
عَائِشَةَ، أَنّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ " كَانَ
يَصُومُ شَعْبَانَ، وَرَمَضَانَ، وَيَتَحَرَّى صَوْمَ الاثْنَيْنِ، وَالْخَمِيسِ
"
أَخْبَرَنَا أَبُو الْفَضْلِ
أَحْمَدُ بْنُ هِبَةِ اللَّهِ بْنِ تَاجِ الأُمَنَاءِ، أَنْبَأَنَا عَبْدُ
الْمُعِزِّ بْنُ مُحَمَّدٍ، أَخْبَرَنَا أَبُو عَمْرِو بْنُ حَمْدَانَ،
أَخْبَرَنَا أَبُو عَمْرٍو أَحْمَدُ بْنُ نَصْرٍ الْخَفَّافُ، حَدَّثَنَا نَصْرُ
بْنُ عَلِيٍّ، حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ دَاوُدَ، عَنْ ثَوْرٍ، عَنْ خَالِدِ
بْنِ مَعْدَانَ، عَنْ رَبِيعَةَ الْجُرَشِيِّ،
عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا: " أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَتَحَرَّى صَوْمَ الاثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ، وَيَصُومُ
شَعْبَانَ وَرَمَضَانَ ".هَذَا حَدِيثٌ صَحِيحٌ، وَرَبِيعَةُ، قِيلَ:
لَهُ صُحْبَةٌ
حَدَّثَنَا هِشَامُ بْنُ
عَمَّارٍ، حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ حَمْزَةَ، حَدَّثَنِي ثَوْرُ بْنُ يَزِيدَ،
عَنْ خَالِدِ بْنِ مَعْدَانَ، عَنْ رَبِيعَةَ بْنِ
الْغَازِ، أَنَّهُ سَأَلَ عَائِشَةَ عَنْ صِيَامِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى
اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَتْ: " كَانَ يَتَحَرَّى صِيَامَ
الِاثْنَيْنِ، وَالْخَمِيسِ "
No. 1 :
حَدَّثَنَا هِشَامُ بْنُ
عَمَّارٍ، حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ حَمْزَةَ، حَدَّثَنِي ثَوْرُ بْنُ يَزِيدَ،
عَنْ خَالِدِ بْنِ مَعْدَانَ، عَنْ رَبِيعَةَ بْنِ
الْغَازِ، أَنَّهُ سَأَلَ عَائِشَةَ عَنْ صِيَامِ رَسُولِ اللَّهُ صَلَّى
اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم فَقَالَتْ: " كَانَ يَصُومُ شَعْبَانَ حَتَّى
يَصِلَهُ بِرَمَضَانَ، قَالَتْ: وَكَانَ يَتَحَرَّى صِيَامَ الاثْنَيْنِ
وَالْخَمِيسِ "
No. 2 :
حدثنا عمرو بن علي : حدثنا
عبد الله بن داود : حدثنا ثور بن يزيد، عن خالد بن معدان، عن ربيعة الجرشي، عن عائشة رضي الله عنها قالت : كان رسول
الله صلى الله عليه وسلم يصوم شعبان .... فذكر نحوه
أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ
الْمُعَافَى الْعَابِدُ، بِصَيْدَا، حَدَّثَنَا هِشَامُ بْنُ عَمَّارٍ، حَدَّثَنَا
يَحِيَى بْنُ حَمْزَةَ، حَدَّثَنَا ثَوْرُ بْنُ يَزِيدَ، عَنْ خَالِدِ بْنِ
مَعْدَانَ، حَدَّثَنَا رَبِيعَةُ بْنُ الْغَازِ،
أَنَّهُ سَأَلَ عَائِشَةَ عَنْ صِيَامِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ قَالَتْ: " كَانَ يَصُومُ شَعْبَانَ كُلَّهُ حَتَّى يَصِلَهُ
بِرَمَضَانَ، وَكَانَ يَتَحَرَّى صِيَامَ الإِثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ "
حَدَّثَنَا بَكْرٌ، قَالَ: نا
عَبْدُ اللَّهِ بْنُ يُوسُفَ، قَالَ: أَنَا يَحْيَى بْنُ حَمْزَةَ، قَالَ:
حَدَّثَنِي ثَوْرُ بْنُ يَزِيدَ، عَنْ خَالِدِ بْنِ مَعْدَانَ حَدَّثَهُ، قَالَ:
حَدَّثَنِي رَبِيعَةُ بْنُ الْغَازِ، أَنَّهُ
سَأَلَ عَائِشَةَ عَنْ صَوْمِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
فَقَالَتْ: " كَانَ يَصُومُ شَعْبَانَ كُلَّهُ حَتَّى يَصِلَهُ بِرَمَضَانَ،
وَكَانَ يَتَحَرَّى صِيَامَ الاثْنَيْنِ وَالْخَمِيسَ "
حَدَّثَنَا بَكْرُ بْنُ
سَهْلٍ، ثنا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ يُوسُفَ، ثنا يَحْيَى بْنُ حَمْزَةَ، حَدَّثَنِي
ثَوْرُ بْنُ يَزِيدَ، أَنَّ خَالِدَ بْنَ مَعْدَانَ حَدَّثَهُ، حَدَّثَنِي رَبِيعَةُ بْنُ الْغَازِ، أَنَّهُ سَأَلَ عَائِشَةَ،
عَنْ صِيَامِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَتْ: "
كَانَ يَصُومُ شَعْبَانَ كُلَّهُ حَتَّى يَصِلَهُ بِرَمَضَانَ، وَكَانَ يَتَحَرَّى
صِيَامَ الاثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ "
ثنا عَلِيُّ بْنُ عِيسَى
الْكَرَاجَكِيُّ، قَالَ: ثنا الْهَيْثَمُ بْنُ خَارِجَةَ، قَالَ: ثنا يَحْيَى بْنُ
حَمْزَةَ، عَنْ ثَوْرٍ، عَنْ خَالِدِ بْنِ مَعْدَانَ، قَالَ: حَدَّثَنِي رَبِيعَةُ بْنُ الْغَازِ، أَنَّهُ سَأَلَ عَائِشَةَ
عَنْ صَوْمِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَتْ: "
كَانَ يَصُومُ شَعْبَانَ حَتَّى إِنْ كَانَ يَصِلُهُ بِرَمَضَانَ "، قَالَتْ:
" وَكَانَ يَتَحَرَّى صِيَامَ يَوْمِ الاثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ "
Ibnul qatthan menyatakan hadis tsb ma`lul artinya cacat
sebab perawi dari Aisyah bernama Rabi`ah al Jurasyi juga tidak di
kenal sebagairtidak di kenal
sebagai sahabat Nabi perawi terpercaya
dan r. Sungguh sebagian orang
berkata : Dia adalah sahabat Nabi
termasuk orang alim waktu Muawiyah berkuasa . Demikian di
katakan oleh Abul mutawakkil annaji .
Tapi seorang alim belum tentu bisa di percaya dalam
meriwayatkan hadis .
Ibnul qattan berkata : Aku menyatakan hadis tsb jelas tidak sahih (
lemah ) karena masih hilaf tentang Tsaur bin Yazid dari Khalid bin
Ma`dan dan dia juga tertuduh qadariyah . Ini ahir perkataan nya .
Sungguh Ibnu Hibban meriwayatkan hadis tsb dalam kitab sahihnya dari
jalur ini.
Kemudian
ia berkomentar :
Tiada gunanya pencantuman hadis tsb dalam kitab sahih
Ibnu Hibban karena sanadnya dan perawi nya cacat. Dan kita
memilih realistis dan sesuatu yang jeli dalam menilai hadis agar kita aman dan
berusaha sekuat mungkin untuk menghindari kekeliruan itu .
Karena itu , hadis tsb tidak di riswayatkan oleh Bukhari dan
Muslim dan ia di nyatakan lemah dan ini paling tepat menurut saya
Saya berkata :
Kritik riwayat seperti ini tidaklah
terlalu banyak manfaatnya karena taqlid kepada Ibnul-Qaththaan [lihat : Bayaanul-Wahm
wal-Iihaam, 4/271]. Rabii’ah memang diperselisihkan status
kebershahabatannya. Al-Baghawiy, Abu Manshuur, Ibnu Mandah, Abu Nu’aim, dan
Ibnu Hibbaan menggolongkannya sebagai shahabat. Namun Ad-Daaruquthniy dan Abu
Haatim merajihkan bahwa ia bukan seorang shahabat. Namun ia sendiri seorang
yang tsiqah (sebagaimana dikatakan Ad-Daaruquthniy dan Ibnu Hibbaan),
sehingga tidak merusak kredibilitas hadits yang ia riwayatkan.
Adapun alasan pelemahannya karena Tsaur
bin Yaziid adalah qadariy, maka ini tidaklah diterima. Hal itu
dikarenakan periwayatan dari seorang yang tertuduh dalam kebid’ahan tetap
diterima dengan syarat ia seorang yang tsiqah dan tidak membawakan
hadits yang menguatkan kebid’ahannya menurut pendapat yang shahih dari kalangan
ahli hadits. Al-Bukhaariy dan Muslim tetap memakai hujjah beberapa
perawi yang tertuduh dengan kebid’ahan dalam kitab Shahih-nya. Misalnya
:
1. Ibraahiim bin
Thahmaan Al-Khurasaaniy, Abu Sa’iid; seorang yang tsiqah lagi mutqin,
termasuk perawi Shahiihain, namun berpemahaman irjaa’ [lihat
: Ar-Ruwaatuts-Tsiqaat Al-Mutakallamu fiihim bimaa Laa Yuujibu Raddahum oleh
Adz-Dzahabiy, hal. 35 no. 1, tahqiq : Muhammad bin Ibraahiim Al-Maushiliy;
Daarul-Basyaair, Cet. 1/1412 H].
2. Huraiz bin
‘Utsmaan Ar-Rahabiy; seorang yang tsiqah lagi tsabat, termasuk
perawi Al-Bukhaariy dalam Shahih-nya, namun seorang
berpemahaman naashibiy [idem, hal. 82 no. 27].
3. Sa’id bin Abi
‘Aruubah; seorang imaam yang tsiqah, termasuk perawi Shahiihain,
namun berpemahaman qadariy [idem, hal. 97 no. 37].
4. Sa’iid bin
Muhammad Al-Jarmiy; seorang yang tsqah, termasuk perawi Shahihain,
namun berpemahaman tasyayyu’ (Syi’ah) [idem, hal. 100
no. 38].
5. Yahyaa bin
Shaalih Al-Himshiy; seorang tsiqah lagi hujjah, termasuk perawi Shahiihain,
namun berpemahaman tajahhum (Jahmiyyah) [idem, hal. 194
no. 87].
Dan yang lainnya masih banyak.
Adapun alasannya bahwa hadits ini tidak
diriwayatkan oleh Shahiihain sebagai qarinah lain akan
kelemahannya, maka ia adalah alasan yang mengandung ambiguitas. Pertama,
ambigu dengan pernyataannya sebelumnya bahwa ia tidak berhujjah dengan Tsaur
karena alasan ia tertuduh berpemahaman qadariy. Padahal, Al-Bukhaariy
dan Muslim berhujjah dengan riwayat Tsaur dalam kitab Shahih-nya. Kedua,
ambigu dengan kenyataan bahwa ia sendiri melemahkan beberapa hadits shahih
dalam kitab Shahiihain tanpa alasan yang dapat diterima. Selain itu,
betapa banyak hadits-hadits shahih yang tersebar dalam banyak kitab yang tidak
diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy dan Muslim ?. Bukan menjadi syarat bahwa hadits
shahih harus diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy dan Muslim dalam kitab Shahiih-nya.
Kesimpulannya, ta’liil yang ia
berikan untuk melemahkan riwayat tersebut bukanlah ta’liil yang shahih.
حَدَّثَنَا حَيْوَةُ بْنُ
شُرَيْحٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا بَقِيَّةُ، قَالَ: حَدَّثَنِي بَحِيرُ بْنُ سَعْدٍ،
عَنْ خَالِدِ بْنِ مَعْدَانَ، عَنْ جُبَيْرِ بْنِ
نُفَيْرٍ أَنَّ رَجُلًا سَأَلَ عَائِشَةَ عَنِ الصِّيَامِ؟ فَقَالَتْ:
إِنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ " كَانَ يَصُومُ
شَعْبَانَ، وَكَانَ يَتَحَرَّى صِيَامَ يَوْمِ الْخَمِيسِ وَالِاثْنَيْنِ "
No. 2186 :
أَخْبَرَنِي عَمْرُو بْنُ
عُثْمَانَ، عَنْ بَقِيَّةَ، قَالَ: حَدَّثَنَا بَحِيرٌ، عَنْ خَالِدٍ، عَنْ جُبَيْرِ بْنِ نُفَيْرٍ، أَنَّ رَجُلًا سَأَلَ عَائِشَةَ
عَنِ الصِّيَامِ، فَقَالَتْ: " إِنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ كَانَ يَصُومُ شَعْبَانَ كُلَّهُ، وَيَتَحَرَّى صِيَامَ الِاثْنَيْنِ
وَالْخَمِيسِ "
No. 2360 :
أَخْبَرَنَا عَمْرُو بْنُ
عُثْمَانَ، عَنْ بَقِيَّةَ، قَالَ: حَدَّثَنَا بَحِيرٌ، عَنْ خَالِدِ بْنِ
مَعْدَانَ، عَنْ جُبَيْرِ بْنِ نُفَيْرٍ، أَنَّ
عَائِشَةَ، قَالَتْ: " إِنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ كَانَ يَتَحَرَّى صِيَامَ الِاثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ "
No. 2507 :
أَخْبَرَنِي عَمْرُو بْنُ
عُثْمَانَ، عَنْ بَقِيَّةَ، قَالَ: حَدَّثَنَا بَحِيرٌ، عَنْ خَالِدِ بْنِ
مَعْدَانَ، عَنْ جُبَيْرِ بْنِ نُفَيْرٍ، أَنَّ
رَجُلا سَأَلَ عَائِشَةَ عَنِ الصِّيَامِ؟ فَقَالَتْ: إِنَّ رَسُولَ اللَّهِ
صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ " كَانَ يَصُومُ شَعْبَانَ كُلَّهُ،
وَيَتَحَرَّى صِيَامَ الاثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ "
No. 2681 :
أَنْبَأَ عَمْرُو بْنُ
عُثْمَانَ، عَنْ بَقِيَّةَ قَالَ: حَدَّثَنَا بَحِيرٌ، عَنْ خَالِدِ بْنِ
مَعْدَانَ، عَنْ جُبَيْرِ بْنِ نُفَيْرٍ، أَنَّ
عَائِشَةَ قَالَتْ: إِنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ "
كَانَ يَتَحَرَّى صِيَامَ الاثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ "
أَخْبَرَنَا بَقِيَّةُ بْنُ
الْوَلِيدِ، حَدَّثَنِي بَحِيرُ بْنُ سَعْدٍ، عَنْ خَالِدِ بْنِ مَعْدَانَ، عَنْ جُبَيْرِ بْنِ نُفَيْرٍ، عَنْ عَائِشَةَ، قَالَتْ:
" كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَتَحَرَّى صِيَامَ
يَوْمِ الاثْنَيْنِ، وَيَوْمَ الْخَمِيسِ
حَدَّثَنَا إِبْرَاهِيمُ بْنُ
مُحَمَّدِ بْنِ عِرْقٍ، ثَنَا عَمْرُو بْنُ عُثْمَانَ، ثَنَا بَقِيَّةُ، عَنْ
بَحِيرِ بْنِ سَعْدٍ، عَنْ خَالِدِ بْنِ مَعْدَانَ، عَنْ جُبَيْرِ
بْنِ نُفَيْرٍ، عَنْ عَائِشَةَ " أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَصُومُ شَعْبَانَ كُلَّهُ، وَكَانَ يَتَحَرَّى صِيَامَ
الاثْنَيْنِ، وَالْخَمِيسِ "
أَخْبَرَنَا
أَحْمَدُ بْنُ سُلَيْمَانَ، قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُو دَاوُدَ، عَنْ سُفْيَانَ،
عَنْ مَنْصُورٍ، عَنْ خَالِدِ بْنِ سَعْدٍ،
عَنْ عَائِشَةَ، قَالَتْ: " كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ يَتَحَرَّى يَوْمَ الِاثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ "
أَنْبَأَ أَحْمَدُ بْنُ
سُلَيْمَانَ، قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُو دَاوُدَ، عَنْ سُفْيَانَ، عَنْ مَنْصُورٍ،
عَنْ خَالِدِ بْنِ سَعِيدٍ، عَنْ عَائِشَةَ،
قَالَتْ: كَانَ النَّبِيُّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَتَحَرَّى الاثْنَيْنِ
وَالْخَمِيسَ "، قَالَ أَبُو عَبْدِ الرَّحْمَنِ: هَذَا حَدِيثٌ مُنْكَرٌ،
مَا يُشْبِهُ حَدِيثَ مَنْصُورٍ، يُشْبِهُ أَنْ يَكُونَ أَتَى مِنْ أَبِي دَاوُدَ
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ
عَبْدِ اللَّهِ الْمُخَرِّمِيُّ، قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُو دَاوُدَ الْحَفَرِيُّ،
عَنْ سُفْيَانَ، عَنْ مَنْصُورٍ، عَنْ خَالِدٍ،
أَظُنُّهُ ابْنَ سَعْدٍ، عَنْ عَائِشَةَ رَحْمَةُ اللَّهِ عَلَيْهَا،
قَالَتْ: " كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَصُومُ
شَعْبَانَ، وَيَتَحَرَّى الاثْنَيْنِ وَالْخَمِيسَ "
أَخْبَرَنَا إِسْحَاقُ بْنُ
إِبْرَاهِيمَ بْنِ حَبِيبِ بْنِ الشَّهِيدِ، قَالَ: حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ
يَمَانٍ، عَنْ سُفْيَانَ، عَنْ عَاصِمٍ، عَنِ الْمُسَيَّبِ بْنِ رَافِعٍ، عَنْ سَوَاءٍ الْخُزَاعِيِّ، عَنْ عَائِشَةَ، قَالَتْ:
" كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَصُومُ الِاثْنَيْنِ
وَالْخَمِيسَ "
No. 2685 :
أَنْبَأَ إِسْحَاقُ بْنُ
إِبْرَاهِيمَ بْنِ حَبِيبِ بْنِ الشَّهِيدِ، قالَ: حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ
يَمَانٍ، عَنْ سُفْيَانَ، عَنْ عَاصِمٍ، عَنِ الْمُسَيَّبِ بْنِ رَافِعٍ، عَنْ سَوَاءٍ الْخُزَاعِيِّ، عَنْ عَائِشَةَ، قَالَتْ:
كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ " يَصُومُ الاثْنَيْنِ
وَالْخَمِيسَ "
No. 2799 :
أنبأ إِسْحَاقُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ
بْنِ حَبِيبِ بْنِ الشَّهِيدِ الْبَصْرِيُّ قَالَ: حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ
الْيَمَانِ، عَنْ سُفْيَانَ، عَنْ عَاصِمٍ، عَنِ الْمُسَيَّبِ بْنِ رَافِعٍ، عَنْ سَوَاءٍ الْخُزَاعِيِّ، عَنْ عَائِشَةَ، قَالَتْ:
" كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَصُومُ
الاثْنَيْنِ وَالْخَمِيسَ "
حَدَّثَنَا إِسْحَاقُ بْنُ
إِبْرَاهِيمَ بْنِ حَبِيبِ بْنِ الشَّهِيدِ، حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ يَمَانٍ،
عَنْ سُفْيَانَ، عَنْ عَاصِمٍ، عَنِ الْمُسَيَّبِ بْنِ رَافِعٍ، عَنْ سَوَاءٍ الْخُزَاعِيِّ، عَنْ عَائِشَةَ، قَالَتْ:
" كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَصُومُ يَوْمَ
الاثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ "
أَخْبَرَنَا الْقَاسِمُ بْنُ
زَكَرِيَّا بْنِ دِينَارٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا حُسَيْنٌ، عَنْ زَائِدَةَ، عَنْ
عَاصِمٍ، عَنِ الْمُسَيَّبِ، عَنْ حَفْصَةَ، قَالَتْ: " كَانَ رَسُولُ
اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا أَخَذَ مَضْجَعَهُ جَعَلَ كَفَّهُ
الْيُمْنَى تَحْتَ خَدِّهِ الْأَيْمَنِ، وَكَانَ يَصُومُ الِاثْنَيْنِ
وَالْخَمِيسَ "
حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ
أَبِي شَيْبَةَ، حَدَّثَنَا حُسَيْنُ بْنُ عَلِيٍّ، عَنْ زَائِدَةَ، عَنْ
عَاصِمٍ، عَنِ الْمُسَيَّبِ، عَنْ حَفْصَةَ، أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى
اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ " يَصُومُ الاثْنَيْنِ، وَالْخَمِيسَ "
حَدَّثَنَا رَوْحٌ،
حَدَّثَنَا حَمَّادٌ، عَنْ عَاصِمِ بْنِ بَهْدَلَةَ، عَنْ سَوَاءٍ
الْخُزَاعِيِّ، عَنِ حَفْصَةَ زَوْجِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ: " يَصُومُ
ثَلَاثَةَ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ: الِاثْنَيْنِ، وَالْخَمِيسَ،
وَالِاثْنَيْنِ مِنَ الْجُمُعَةِ الْأُخْرَى
أَنْبَأَ الْقَاسِمُ بْنُ
زَكَرِيَّا، قَالَ: حَدَّثَنَا حسَيْنٌ، عَنْ زَائِدَةَ، عَنْ عَاصِمٍ، عَنِ
الْمُسَيَّبِ، عَنْ حَفْصَةَ، قَالَتْ: كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ " إِذَا أَخَذَ مَضْجَعَهُ جَعَلَ كَفَّهُ الْيُمْنَى
تَحْتَ خَدِّهِ الأَيْمَنِ، وَكَانَ يَصُومُ الاثْنَيْنِ وَالْخَمِيسَ "
أَخْبَرَنِي أَبُو بَكْرِ
بْنُ عَلِيٍّ، قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُو نَصْرٍ التَّمَّارُ، قَالَ: حَدَّثَنَا حَمَّادُ
بْنُ سَلَمَةَ، عَنْ عَاصِمٍ، عَنْ سَوَاءٍ، عَنْ أُمِّ سَلَمَةَ، قَالَتْ:
" كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَصُومُ مِنْ كُلِّ
شَهْرٍ ثَلَاثَةَ أَيَّامٍ الِاثْنَيْنِ وَالْخَمِيسَ مِنْ هَذِهِ الْجُمُعَةِ
وَالِاثْنَيْنِ مِنَ الْمُقْبِلَةِ "
أَخْبَرَنَا إِسْحَاقُ بْنُ
إِبْرَاهِيمَ، قَالَ: أَنْبَأَنَا عُبَيْدُ اللَّهِ بْنُ سَعِيدٍ الْأُمَوِيُّ،
قَالَ: حَدَّثَنَا سُفْيَانُ، عَنْ ثَوْرٍ، عَنْ
خَالِدِ بْنِ مَعْدَانَ، عَنْ عَائِشَةَ، قَالَتْ: " كَانَ رَسُولُ
اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَتَحَرَّى الِاثْنَيْنِ وَالْخَمِيسَ
"
أَنْبَأَ إِسْحَاقُ بْنُ
إِبْرَاهِيمَ، قَالَ: أَنْبَأَ ُعبَيْدُ بْنُ سَعِيدٍ الأُمَوِيُّ، قَالَ:
حَدَّثَنَا سُفْيَانُ، عَنْ ثَوْرٍ، عَنْ
خَالِدِ بْنِ مَعْدَانَ، عَنْ عَائِشَةَ، قَالَتْ: كَانَ رَسُولُ اللَّهِ
صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ " يَتَحَرَّى الإِثْنَيْنِ وَالْخَمِيسَ
"
24508 :
حَدَّثَنَا هَاشِمُ بْنُ
الْقَاسِمِ، قَالَ: حَدَّثَنَا الْأَشْجَعِيُّ، عَنْ سُفْيَانَ، عَنْ ثَوْرٍ، عَنْ
خَالِدِ بْنِ مَعْدَانَ، عَنْ عَائِشَةَ أَنَّهَا سُئِلَتْ عَنْ صَوْمِ رَسُولِ
اللَّهِ K قَالَتْ: " كَانَ يَصُومُ شَعْبَانَ، وَيَتَحَرَّى الِاثْنَيْنِ وَالْخَمِيسَ
"
24509 :
قَالَ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ
أَحْمَد: وَجَدْتُ هَذَا الْحَدِيثَ فِي كِتَابِ أَبِي بِخَطِّ يَدِهِ، حَدَّثَنَا
مُحَمَّدُ بْنُ حُمَيْدٍ أَبُو سُفْيَانَ، عَنْ سُفْيَانَ،
عَنْ ثَوْرِ بْنِ يَزِيدَ، عَنْ خَالِدِ بْنِ مَعْدَانَ، عَنْ عَائِشَةَ:
أَنّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ " كَانَ يَتَحَرَّى
صَوْمَ شَعْبَانَ، وَصَوْمَ الِاثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ "
24226 :
حَدَّثَنَا مُؤَمَّلٌ، قَالَ:
حَدَّثَنَا سُفْيَانُ، عَنْ ثَوْرٍ، عَنْ
خَالِدِ بْنِ مَعْدَانَ، عَنْ عَائِشَةَ، قَالَتْ: كَانَ رَسُولُ اللَّهِ
صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ " يَتَحَرَّى صَوْمَ يَوْمِ الِاثْنَيْنِ
وَالْخَمِيسِ "
حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ
الْقَاسِمِ بْنِ الرَّيَّانِ، ثنا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ سَعِيدِ
بْنِ أَبِي مَرْيَمَ، ثنا الْفِرْيَابِيُّ، ثنا سُفْيَانُ،
ثنا ثَوْرُ بْنُ يَزِيدَ، عَنْ خَالِدِ بْنِ مَعْدَانَ، عَنْ عَائِشَةَ،
قَالَتْ: كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ " يَتَحَرَّى
صَوْمَ الاثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ "، تَفَرَّدَ بِهِ عَنِ الثَّوْرِيِّ،
الْفِرْيَابِيُّ
أَخْبَرَنَا عُبَيْدُ بْنُ
سَعِيدٍ الأُمَويُّ، نا سُفْيَانُ بْنُ سَعِيدٍ،
عَنْ خَالِدِ بْنِ مَعْدَانَ، عَنْ عَائِشَةَ، قَالَتْ: " كَانَ
رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَتَحَرَّى صِيَامَ الاثْنَيْنِ،
وَالْخَمِيسِ "
Tidak ada komentar:
Posting Komentar