Tanya : Saya adalah seorang laki-laki setengah baya yang sebagian rambut saya telah memutih (beruban). Bolehkah saya menyemir rambut saya dengan warna hitam untuk mengurangi kesan “tua” pada diri saya dan juga agar dapat tampil lebih menarik di depan istri saya ?
Jawab : Untuk menjawab apa yang
Saudara tanyakan, mari kita perhatikan beberapa hadits berikut.
Hadits dari Jabir bin
Abdillah, ia berkata : Abu Quhafah, ayahnya Abu Bakar, datang saat penaklukan
Makkah. Rambut dan jenggot beliau telah memutih. Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda
kepadanya :
غَيِّرُوا هَذَا
بِشَيْءٍ وَاجْتَبُوا السَّوَادَ.
“Rubahlah ini dengan sesuatu dan jauhilah dengan warna hitam” [HR. Muslim no. 2102].
Dari Abi Hurairah radliyallaahu ‘anhu, Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda
:
إِنَّ الْيَهُودَ
وَالنَّصَارَى لَا يَصْبَغُونَ، فَخَالِفُوهُمْ.
“Sesungguhnya Yahudi dan Nashrani tidak menyemir (rambutnya), maka
berbedalah dengan mereka” [HR. Al-Bukhari no.
3462, 5899 dan Muslim no. 2103].
Abu Hurairah pernah
ditanya : “Apakah Rasulullah shallallaahu
‘alaihi wasallam menyemir rambutnya?” Ia menjawab : “Ya” [Asy-Syamaail
Al-Muhammadiyyah hal. 26-27 oleh At-Tirmidzi, Daar Ibn Hazm, Beirut 1418 H].
Beberapa ulama’
mengatakan bahwa dhahir perintah dalam hadits di atas adalah sunnah (mustahab), karena dinukil dari beberapa
shahabat tidak melakukannya, seperti Ali bin Abi Thalib, Ubay bin Ka’b, dan
Anas. Namun perlu diperhatikan bahwa bagi orang yang menyemir rambut agar
dijauhi warna hitam sebagaimana telah shahih dalam riwayat Imam Muslim di atas.
Hadits pertama (hadits Jabir)
menyatakan pelarangan Rasulullah shallallaahu
‘alaihi wasallam menyemir rambut dengan warna hitam. Al-Hafidh Ibnu Hajar
menukil pembolehan dari sebagian ulama untuk menyemir rambut dengan warna hitam
dalam keadaan tertentu, dimana beliau berkata :
وأن من العلماء
من رخص فيه في الجهاد ومنهم من رخص فيه مطلقا وأن الأولى كراهته، وجنح النووي إلى
أنه كراهة تحريم، وقد رخص فيه طائفة من السلف منهم سعد بن أبي وقاص وعقبة بن عامر
والحسن والحسين وجرير وغير واحد واختاره ابن أبي عاصم في "كتاب الخضاب"
له .... ومنهم من فرق في ذلك بين الرجل والمرأة فأجازه لها دون الرجل، واختاره
الحليمي،.... واستنبط ابن أبي عاصم من قوله صلى الله عليه وسلم: "جنبوه
السواد" أن الخضاب بالسواد كان من عادتهم.
”Sebagian ulama’ ada yang
memberikan keringanan (menyemir dengan warna hitam) ketika berjihad. Sebagian
lagi memberikan keringanan secara mutlak. Yang lebih utama hukumnya adalah
makruh. Bahkan An-Nawawi menganggapnya makruh yang lebih dekat kepada haram.
Sebagian ulama’ salaf memberikan keringanan (menyemir dengan warna hitam)
misalnya Sa’d bin Abi Waqqash, ‘Uqbah bin ‘Aamir, Al-Hasan, Al-Husain, Jarir,
dan lainnya. Inilah yang dipilih Ibnu Abi ‘Ashim sebagaimana dalam kitabnya Al-Khadlaab…. Mereka membolehkan untuk
wanita dan tidak untuk pria, inilah yang dipilih oleh Al-Hulaimi…… Ibnu Abi
‘Ashim memahami dari hadits Nabi shallallaahu
‘alaihi wasallam : ‘Jauhi warna
hitam’, karena menyemir dengan warna hitam merupakan tradisi mereka” [Fathul-Baari 10/354-355 oleh Al-Hafidh
Ibnu Hajar Al-‘Asqalani].
Telah ada riwayat shahih
yang menjelaskan bahwa Al-Hasan dan Al-Husain menyemir rambutnya dengan warna
hitam [Tuhfatul-Ahwadzi Syarh Jaami’
At-Tirmidzi 5/442, Kairo, Al-Madani, tanpa tahun; oleh Muhammad Abdurrahman
bin Abdurrahim Al-Mubarakfuri].
Ibnul-Qayyim berkata,”Larangan
menyemir rambut dengan warna hitam, bila (yang digunakan) adalah warna hitam
pekat (murni). Apabila tidak hitam pekat seperti mencampur antara katam dengan hina’, maka tidak mengapa,
karena akan membuat rambut menjadi merah kehitam-hitaman”.
Kesimpulan : Pendapat yang terpilih,
hati-hati, dan selamat; hukum menyemir rambut dengan warna hitam minimal adalah
makruh. Dan selayaknya itulah yang
dipegang oleh setiap muslim
by abul jauzaa
Tidak ada komentar:
Posting Komentar