Urgensi Pembahasan Fiqh Haidl
Al-Imam An-Nawawi rahimahullah
berkata :
اعلم ان باب الحيض من عويص الابواب ومما
غلط فيه كثيرون من الكبار لدقة مسائله واعتنى به المحققون وأفردوه بالتصنيف في كتب
مستقلة وافرد أبو الفرج الدارمي من أئمة العراقيين مسألة المتحيرة في مجلد ضخم ليس
فيه الا مسألة المتحيرة وما يتعلق بها وأتي فيه بنفائس لم يسبق إليها وحقق أشياء
مهمة من أحكامها
“Ketahuilah, bahwasannya permasalahan haidl termasuk
masalah yang rumit. Dan termasuk di antara permasalahan dimana banyak orang
besar telah tersalah di dalamnya, dikarenakan sulitnya permasalahan. Para peneliti (muhaqqiqiin) merasa perlu untuk menuliskannya dalam
satu buku tersendiri untuk membahasnya. Abul-Faraj Ad-Daarimiy – salah seorang
ulama ‘Iraq
– telah menuliskannya dalam satu jilid yang besar dimana tidak ada permasalahan
di dalamnya kecuali permasalahan yang membingungkan (bagi banyak orang) dan
yang berkaitan dengannya. Beliau menyebutkan dalam kitab tersebut
bermacam-macam permasalahan berharga yang belum pernah disebutkan sebelumnya
serta melakukan penelitian sesuatu yang penting dari hukum-hukumnya [Al-Majmu’ Syarhul-Muhadzdzab, 2/380,
tahqiq : Muhammad Najiib Al-Muth’iy; Maktabah Al-Irsyaad].
Beliau rahimahullah melanjutkan
:
ولا التفات إلى كراهة ذوى المهانة
والبطالة فان مسائل الحيض يكثر الاحتياج إليها لعموم وقوعها.
وقد رأيت ما لا يحصي من المرات من يسأل من
الرجال والنساء عن مسائل دقيقة وقعت فيه لا يهتدى إلى الجواب الصحيح فيها الا
أفراد من الحذاق المعتنين بباب الحيض ومعلوم أن الحيض من الامور العامة المتكررة
ويترتب عليه ما لا يحصي من الاحكام كالطهارة والصلاة والقراءة والصوم والاعتكاف
والحج والبلوغ والوطئ والطلاق والخلع والايلاء وكفارة القتل وغيرها والعدة
والاستبراء وغير ذلك من الاحكام فيجب الاعتناء بما هذه حاله
وقد قال الدارمي في كتاب المتحيرة :
(الحيض كتاب ضائع لم يصنف فيه تصنيف يقوم بحقه ويشفي القلب). وانا أرجو من فضل
الله تعالى ان ما أجمعه في هذا الشرح يقوم بحقه أكمل قيام وانه لا تقع مسألة الا
وتوجد فيه نصا أو استنباطا لكن قد يخفى موضعها على من لا تكمل مطالعته وبالله
التوفيق
“Tidak perlu perlu untuk ditengok kebencian
orang-orang yang merendahkan dan menghalangi (pembahasan ini). Sesungguhnya
permasalahan haidl banyak dibutuhkan karena kejadiannya telah umum menyebar.
Aku telah melihat, tidak terkira banyaknya
orang-orang yang bertanya, baik laki-laki maupun wanita, atas
permasalahan-permasalahan rumit yang ada padanya, dimana permasalahan itu tidak
akan dapat dijawab dengan benar melainkan orang yang memang ahli dan memberikan
perhatian kepada masalah haidl. Telah diketahui bahwa haildl merupakan
perkara-perkara umum yang terjadi secara berulang, dan berpengaruh pada
hukum-hukum yang tidak terhitung banyaknya seperti : thaharah (bersuci), shalat, membaca Al-Qur’an, puasa, i’tikaf, haji, masa baligh, jima’,
thalaq, khulu’, iilaa’, kafarat pembunuhan, ‘iddah,
istibraa’, dan hukum-hukum yang
lainnya. Maka wajib bagi setiap orang untuk memberkan perhatian terhadap
permasalahan ini.
Ad-Daarimiy telah berkata dalam kitab Al-Mutahayyirah : “Haidl adalah kitab
yang hilang yang tidak ditulis di dalamnya satu tulisan yang dapat yang dapat
menerangkannya dengan sebenar-benarnya dan melegakan hati”. Dan aku (An-Nawawi)
berharap dari keutamaan Allah bahwa apa yang aku himpun dalam penjelasan ini
(yaitu dalam kitab Al-Majmu’) dapat
menjelaskan dengan sebenar-benarnya secara sempurna. Dan agar tidak ada satu
masalah pun kecuali didapatkan nash atau kesimpulan hukum padanya. Akan tetapi
terkadang satu permasalahan menjadi samar bagi orang yang tidak mengkajinya
secara menyeluruh. Wabillaahit-taufiq”
[idem, 2/381].
Definisi Haidl
1.
Definisi
Secara Etimologis (Bahasa)
Al-Mawardi :
وَسُمِّيَ حَيْضًا
لِسَيَلَانِهِ مِنْ رَحِمِ الْمَرْأَةِ ، مَأْخُوذٌ مِنْ قَوْلِهِ : حَاضَ
السَّبِيلُ ، وَفَاضَ إِذَا سَالَ..... الشَّرْعُ لَهُ بِسِتَّةِ أَسْمَاءٍ :
الْحَيْضُ وَالطَّمْثُ وَالْعَرْكُ وَالضَّحِكُ وَالْإِكْبَارُ وَالْإِعْصَارُ
“Darah haidl dinamakan haidl,
karema darah itu mengalir dari rahim wanita. Pengertian ini diambil dari
perkataan : ‘haadlas-sailu idzaa faadla’
(banjir meluap)”…… Dan syara’ mempunyai
enam nama untuk darah haidl, yaitu : al-haidlu,
ath-thamtsu, al-‘arku, adl-dlahiku, al-ikbaaru, dan al-i’shaaru” [Al-Haawiy,
2/378-379; Daarul-Fikr – dengan peringkasan].
2.
Definisi
Secara Terminologis (Syar’iy).
Al-Kasaaniy rahimahullah berkata :
اسم لدم خارج من
الرحم لا يعقب الولادة مقدر بقدر معلوم في وقت معلوم
“Nama bagi darah yang keluar dari
rahim wanita yang bukan disebabkan karena melahirkan, dengan dibatasi batas dan
waktu tertentu” [Badaai’ush-Shanaai’
oleh ‘Alaauddin Abu Bakr bin Mas’ud Al-Kassaaniy, 1/39; Daarul-Kutub
Al-‘Arabiy, Cet. 1].
Ibnu ‘Utsaimin rahimahullah berkata :
سيلان دم طبيعي
يعتاد الأنثى في أوقات معلومة عند بلوغها وقابليتها للحمل
“Darah thabi’iy yang mengalir (dari rahim) yang biasa dialami wanita pada
waktu tertentu pada masa balighnya, sebagai tanda kesanggupan untuk hamil” [Tanbiihul-Afhaam Syarh ‘Umdatil-Ahkaam
oleh Muhammad bin Shaalih Al-‘Utsaimin, 1/123 – dicetak bersama Taisirul-‘Alaam; Daar Ibni Haitsam, Cet.
Thn. 1425].
Abu Malik Kamal hafidhahullah berkata :
دم الأسود الخاثر
[يعني : الغليظ] الكريه الرائحة الذي يجرى من المرأة من موضع مخصوص في أوقات
معلومة.
“Darah yang berwarna kehitaman,
kental, dan baunya tidak sedap yang mengalir/keluar dari tempat tertentu (yaitu
dari kemaluan) dan pada waktu-waktu tertentu” [Shahih Fiqhis-Sunnah oleh Abu Malik Kamal bin As-Sayyid Saalim,
1/206; Maktabah At-Taufiiqiyyah].
Haidl merupakan sesuatu yang telah ditetapkan oleh
Allah bagi seluruh kaum wanita, sebagaimana pernah disabdakan oleh Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam :
فإن هذا أمر كتبه
الله على بنات آدم
“Sesungguhnya
perkara ini (haidl) telah dituliskan (ditetapkan) oleh Allah kepada anak-anak
perempuan Adam” [HR. Al-Bukhari no. 294, Muslim no. 1213, Al-Baihaqi
dalam Al-Kubraa 4/344 no. 8725, dan
yang lainnya].
Bahkan Hawaa’ ‘alaihas-salaam
merupakan wanita pertama yang mengalami haidl sebagaimana disebutkan Al-Haafidh
Ibnu Hajar rahimahullah dalam Fathul-Bariy (1/400) dari Al-Haakim dan
Ibnul-Mundzir dengan sanad shahih, bahwa Ibnu ‘Abbas radliyallaahu ‘anhuma berkata :
أن ابتداء الحيض كان على حواء بعد أن
أهبطت من الجنة
“Sesungguhnya wanita pertama yang mengalami haidl
adalah Hawaa’ seteah ia diturunkan dari surga”.
Baligh adalah
Salah Satu Tanda Baligh Bagi Wanita
Para ulama telah
ijma’ bahwasannya haidl merupakan tanda baligh bagi seorang wanita. Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam telah
bersabda :
لا تقبل صلاة حائض إلا بخمار
“Tidak diterima
shalat wanita yang telah mengalami haidl kecuali ia memakai khimar” [HR. Ahmad
6/259; hasan lighairihi – sebagaimana
dijelaskan oleh Abu ‘Amr Dibyaan bin Muhammad Ad-Dibyaan dalam Al-Haidl wan-Nifaas, hal. 46-50]
Lamanya Waktu
Haidl
Para ulama berbeda
pendapat dalam banyak ragam perkataan. Pendapat yang rajih adalah tidak ada
batas minimal dan maksimal bagi wanita yang haidl.
Syaikhul-Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullah berkata :
وأما الذين يقولون: أكثر الحيض خمسة
عشر، كما يقوله: الشافعي وأحمد، ويقولون: أقله يوم، كما يقوله الشافعي
وأحمد. أو لا حد له كما يقوله مالك، فهم يقولون: لم يثبت عن النبي صلى الله
عليه وسلم ولا عن أصحابه في هذا شيء، والمرجع في ذلك إلى العادة، كما قلنا.
واللّه أعلم.
“Baik ulama yang menyatakan bahwa batas waktu haidl
paling lama adalah lima belas hari, sebagaimana pendapat Asy-Syafi’iy dan
Ahmad, dan paling sedikit satu hari sebagaimana pendapat Asy-Syafi’iy dan Ahmad
juga; atau tidak ada batas waktu tertentu seperti Maalik – semua mengakui bahwa
tidak ada dalil yang datang dari Nabi shallallaahu
‘alaihi wa sallam dan para shahabat dalam hal ini. Sehingga dasar
pertimbangan waktu haidl dikembalikan pada kebiasaan, seperti yang telah kami
katakan. Wallaahu a’lam” [Majmu’ Fataawaa, 21/623].
Ketentuan di atas berlaku untuk wanita yang mempunyai
kebiasaan tetap. Adapun yang kebiasaannya tidak tetap (karena kelainan atau
penyakit), maka dia melakukan perbandingan. Maksudnya, jika kebiasaannya
terdahulu dari waktu haidl adalah lima
sampai tujuh hari dalam setiap bulannya, maka ia hitung masa haidlnya selama
waktu itu dan selebihnya dihitung darah istihadlah.
Ia mandi dan mengerjakan segala kewajibannya (shalat, puasa, dan yang lainnya)
bersamaan dengan darah yang masih keluar. Berkenaan dengan ini terdapat hadits
Ummu Salamah yang ia meminta fatwa kepada Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam berkenaan dengan wanita yang
mengeluarkan darah. Beliau shallallaahu
‘alaihi wa sallam bersabda :
لتنظر عدة الليالي والأيام التي كانت
تحيضهن من الشهر قبل أن يصيبها الذي أصابها فلتترك الصلاة قدر ذلك من الشهر فإذا
بلغت ذلك فلتغتسل ثم تستثفر بثوب ثم تصلي
“Hendaklah ia
menghitung malam-malam dan hari-hari dimana ia haidl di bulan sebelum ia
tertimpa (kelainan/penyakit) yang menimpanya. Maka, ia tinggalkan shalat
sebanyak hari di bulan tersebut. Apabila ia telah melampaui hitungan hari itu,
hendaklah ia mandi dan kemudian mengencangkan pakaiannya, lalu ia melaksanakan
shalat” [HR. Ahmad 6/320, shahih].
Dan bila hal itu terus berlanjut pada dirinya,
sementara ia tidak memiliki kebiasaan tetap yang diketahui, maka haidlnya
terhitung enam atau tujuh hari sesuai dengan kebiasaan kebanyakan wanita.
عن حمنة بنت جحش قالت : كنت أُسْتَحاضُ
حيضةً كثيرة شديدة، فأتيت رسول اللّه صلى الله عليه وسلم أستفتيه وأُخبره، فوجدته
في بيت أختي زينب بنت جحش، فقلت: يا رسول اللّه؛ إني امرأةٌ أُستحاض حيضة كثيرة
شديدة فما ترى فيها؟ قد منعتني الصلاة والصوم؟ فقال: "أنعت لك الكرسف فإِنّه
يذهب الدّم" قالت: هو أكثر من ذلك قال: "فاتّخذي ثوباً" فقالت: هو
أكثر من ذلك، إنما أثجُّ ثجّا، قال رسول اللّه صلى الله عليه وسلم: "سآمرك
بأمرين أيَّهما فعلت أجزأ عنك من الآخر، فإِن قويت عليهما فأنت أعلم" قال
لها: "إنّما هذه ركضةٌ من ركضات الشّيطان فتحيّضي ستَّة أيَّامٍ أو سبعة
أيَّامٍ في علم اللّه تعالى، ثمَّ اغتسلي، حتى إذا رأيت أنك قد طهرت واستنقأت فصلي
ثلاثاً وعشرين ليلةً أو أربعاً وعشرين ليلةً وأيامها، وصومي؛ فإِن ذلك يجزيك،
وكذلك فافعلي [في] كلِّ شهر كما تحيض النساء وكما يطهرن، ميقات حيضهنَّ وطهرهنَّ،
...
Dari Hamnah binti Jahsy, ia berkata : Aku pernah
mengalami istihadlah yang banyak dan
kencang (mengalir). Maka aku mendatangi Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam untuk meminta fatwa dan
mengkhabarkannya. Dan aku mendapati beliau di rumah saudara wanitaku, Zainab
binti Jahsy. Lalu aku berkata : “Wahai Rasulullah, sesungguhnya aku adalah
seorang wanita yang ber-istihadlah banyak
lagi kencang (mengalir). Apa pendapatmu mengenai hal ini ? (Perlu engkau
ketahui) bahwa ia telah mencegahku untuk melakukan shalat dan puasa”. Beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda
: “Gunakanlah kapas untukmu sebagai
penghambat, karena hal itu menghilangkan darah”. Aku berkata : “Ia lebih
banyak mengalir dari itu”. Beliau bersabda : “Ambillah secarik kain”. Aku berkata : “Ia bahkan lebih banyak
mengalir dari itu”. Rasulullah shallallaahu
‘alaihi wa sallam bersabda : “Aku
akan memerintahkanmu dua hal. Mana saja yang engkau lakukan dari itu, niscaya
telah mencukupimu dari yang lain. Apabila engkaulah yang lebih mengetahui jika
engkau lakukan keduanya”. Beliau bersabda kepadanya (Hamnah) : “Sesungguhnya ia hanyalah satu gangguan dan
gangguan-gangguan syaithan. Maka, bagimu haidl enam hari atau tujuh hari dalam
ilmu Allah. Kemudian mandilah hingga engkau lihat bahwa engkau telah dalam
keadaan suci dan bersih. Shalatlah dua puluh tiga atau dua puluh empat hari,
dan juga berpuasalah. Sesungguhnya hal itu telah mencukupi bagimu. Begitu pula
lakukanlah setiap bulan sebagaimana haidl dan sucinya wanita-wanita yang lain
di waktu haidl dan sucinya…” [HR. Abu Dawud no. 287; Ahmad 6/381,439;
At-Tirmidzi no. 128; Al-Bukhari dalam Al-Adabul-Mufrad
no. 797; dan yang lainnya. Sanad hadits ini hasan].
Permulaan dan
Akhir Masa Haidl
1.
Permulaan
haidl diketahui dengan keluarnya darah pada masa kemungkinan terjadinya haidl.
Darah tersebut berwarna kehitaman, kental, dan bau.
عن فاطمة بنت أبي
حبيش : أنها كانت تستحاض فقال لها النبي صلى الله عليه وسلم: "إذا كان دم
الحيضة فإِنَّه دمٌ أسود يعرف، فإِذا كان ذلك فأمسكي عن الصَّلاة، فإِذا كان الآخر
فتوضَّئي وصلِّي فإِنما هو عرقٌ".
Dari Faathimah binti Jahsy :
Bahwasannya ia pernah mengalami istihadlah.
Maka Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda
kepadanya : “Apabila darah haidl, maka
darah itu warnanya hitam lagi diketahui (ciri-cirinya). Apabila memang seperti
itu, hendaklah kamu menahan diri dari shalat. Namun jika yang lain (tidak
seperti ciri-ciri darah haidl), maka berwudlulah dan shalatlah. Sesungguhnya ia
hanyalah penyakit” [HR. Abu Dawud no. 286; An-Nasa’i no. 215, 362; Ibnu
Hibban no. 1348; dan yang lainnya. Sanad hadits ini shahih].
2. Akhir masa diketahui dengan berhentinya darah, keluar
cairan berwarna kuning, dan keruh. Haidl benar-benar berakhir jika terjadi
salah satu dari keadaan berikut :
a. Daerah sekitar rahim telah kering. Ini terbukti jika dimasukkan
sesuatu ke dalam kemaluannya seperti kain atau kapas, ketika dikeluarkan tetap
kering.
b. Keluarnya cairan putih setelah darah haidl berhenti.
Ini berdasarkan dari ‘Alqamah bin
Abi ‘Alqamah, dari ibunya, Marjanah maula
‘Aisyah, ia berkata :
كانت النساء يبعثن
إلى عائشة بالدرجة فيها الكرسف فيه الصفرة فتقول لا تعجلن حتى ترون القصة البيضاء
“Kaum wanita membawa dirajah (sejenis tas tangan) yang di
dalamnya ada kapas berwarna kuning. Lalu ‘Aisyah berkata : ‘Janganlah kalian
terburu-buru hingga kalian melihat cairan berwarna putih” [HR. Malik 1/334-335
no. 135 dan Al-Bukhari secara mu’allaq
sebagaimana terdapat dalam Mukhtashar
Shahih Al-Bukhari 1/119; shahih
lighairihi].
Hukum Cairan
Berwarna Kuning dan Keruh yang Keluar Setelah Bersuci dari Haidl
Cairan kuning keruh adalah cairan yang nampak seperti
nanah yang didominasi warna kuning. Apabila seorang wanita melihat cairan ini
setelah darah haidl berhenti atau kering, maka tidak dianggap sebagai darah
haidl. Dia tetap suci sehingga ia tetap wajib mengerjakan shalat, puasa, dan
boleh melakukan jima’.
عن أم عطية، قالت : كنّا لا نَعُـَدُّ
الكدرة والصُّفرة بعد الطهر شيئاً.
Dari Ummu ‘Athiyyah, ia berkata : “Kami tidak
menghitung/menganggap cairan keruh berwarna kuning setelah suci sebagai apapun”
[HR. Abu Dawud no. 307, Ibnu Majah no. 647, dan An-Nasa’i no. 368; shahih].
Mandi Bagi Wanita
yang Telah Selesai dari Haidl
1.
Hukum
Mandi Haidl
Wajib hukumnya bagi wanita untuk
mandi apabila ia telah bersih dari haidl. Allah ta’ala telah berfirman :
وَيَسْأَلُونَكَ
عَنِ الْمَحِيضِ قُلْ هُوَ أَذًى فَاعْتَزِلُوا النِّسَاءَ فِي الْمَحِيضِ وَلا
تَقْرَبُوهُنَّ حَتَّى يَطْهُرْنَ فَإِذَا تَطَهَّرْنَ فَأْتُوهُنَّ مِنْ حَيْثُ
أَمَرَكُمُ اللَّهُ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ التَّوَّابِينَ وَيُحِبُّ
الْمُتَطَهِّرِينَ
“Mereka
bertanya kepadamu tentang haid. Katakanlah: "Haid itu adalah
kotoran". Oleh sebab itu hendaklah kamu menjauhkan diri dari wanita di
waktu haid; dan janganlah kamu mendekati mereka, sebelum mereka suci. Apabila
mereka telah suci, maka campurilah mereka itu di tempat yang diperintahkan
Allah kepadamu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang tobat dan menyukai
orang-orang yang menyucikan diri” [QS. Al-Baqarah : 222].
عن أم سلمة قالت :
قال النبي صلى الله عليه وسلم : دعي قدر تلك الأيام والليالي التي كنت تحيضين فيها
ثم اغتسلي واستثفري وصلي
Dari Ummu Salamah ia berkata :
Telah bersabda Nabi shallallaahu ‘alaihi
wa sallam : “Tinggalkanlah sejumlah
hari yang engkau mengalami haidl padanya, kemudian mandilah, kencangkanlah
(pakaianmu), dan shalatlah” [HR. An-Nasa’i no. 354, Ibnu Majah no. 623, dan
yang lainnya; shahih].
2.
Niat
Merupakan Bagian Syarat Sahnya Mandi.
Allah ta’ala telah berfirman :
وَمَا أُمِرُوا
إِلا لِيَعْبُدُوا اللَّهَ مُخْلِصِينَ لَهُ الدِّينَ حُنَفَاءَ
“Padahal
mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan
kepada-Nya dalam (menjalankan) agama dengan lurus” [QS. Al-Bayyinah
: 5].
Rasululah shallallaahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda :
إِنَّمَا
اْلأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ وَإِنَّمَا لِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى
“Setiap
perbuatan hanyalah tergantung niatnya. Dan sesungguhnya
setiap orang (akan dibalas) berdasarkan apa yang dia niatkan” [HR. Al-Bukhari
no. 1, Muslim no. 1907, Abu Dawud no. 2201, At-Tirmidzi no. 1647, dan yang
lainnya].
3.
Rukun
Mandi Haidl
Rukun mandi haidl adalah niat dan
membasahi seluruh badan, karena hakekat mandi wajib adalah menuangkan air ke
seluruh bagian tubuh hingga mengenai rambut dan kulit. Tidak ada kewajiban lain
selain itu. Hal ini berdasarkan sabda Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam kepada wanita yang bertanya apakah
ia harus menguraikan rambutnya yang dikepang :
إنما يكفيك أن تحثي
على رأسك ثلاث حثيات. ثم تفيضين عليك الماء فتطهري
"Cukuplah
engkau mengguyurkan (air) di atas kepalamu sebanyak tiga kali guyuran, kemudian
guyurkan air pada seluruh tubuhmu" [HR. Muslim no. 330, At-Tirmidzi no. 105,
Ibnu Majah no. 603, Ibnu Khuzaimah no. 246, dan yang lainnya].
4.
Tata
Cara (Kaifiyah) Mandi Haidl
Adapun tata cara mandi bagi wanita
yang telah selesai dari haidl sama seperti mandi junub/janabah. Beberapa hadits
yang menjelaskan diantaranya adalah :
عن عائشة زوج النبي صلى الله عليه وسلم أن النبي صلى الله عليه وسلم كان
إذا اغتسل من الجنابة بدأ فغسل يديه ثم يتوضأ كما يتوضأ للصلاة ثم يدخل أصابعه في
الماء فيخلل بها أصول شعره ثم يصب على رأسه ثلاث غرف بيديه ثم يفيض الماء على جلده
كله
Dari ‘Aisyah istri Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam :
Bahwasannya Nabi shallallaahu ‘alaihi wa
sallam apabila mandi junub, beliau memulainya dengan membasuh kedua tangan,
dilanjutkan dengan wudlu seperti wudlu untuk shalat. Setelah itu, beliau
memasukkan jari-jari tangannya ke dalam air lalu membasahi pangkal rambut.
Beliau melanjutkan dengan menuangkan air pada kepala tiga kali, lalu membasahi
seluruh kulit (tubuhnya)” [HR. Al-Bukhari no. 248 dan Muslim no. 316].
عن ميمونة قالت
أدنيت لرسول الله صلى الله عليه وسلم غسله من الجنابة فغسل كفيه مرتين أو ثلاثا ثم
أدخل يده في الإناء ثم أفرغ به على فرجه وغسله بشماله ثم ضرب بشماله الأرض فدلكها
دلكا شديدا ثم توضأ وضوءه للصلاة ثم أفرغ على رأسه ثلاث حفنات ملء كفه ثم غسل سائر
جسده ثم تنحى عن مقامه ذلك فغسل رجليه ثم أتيته بالمنديل فرده
Dari Maimunah ia berkata : “Aku
pernah berada di dekat Rasulullah shallallaahu
‘alaihi wa sallam ketika beliau mandi junub. Beliau membasuh kedua telapak
tangannya dua atau tiga kali. Kemudian beliau memasukkan tangannya ke dalam
bejana (untuk mengambil air), lalu beliau tuangkan air itu ke kemaluannya dan
mencucinya dengan tangan kirinya. Setelah itu, beliau memukulkan tangan kirinya
ke tanah dan menggosoknya dengan sungguh-sungguh. Kemudian beliau wudlu seperti
wudlunya untuk shalat. Lalu beliau tuangkan air ke kepalanya tga kali ciduk,
dan diteruskan menyiramkan air ke seluruh tubuhnya. Masing-masing ciduk sepenuh
dua telapak tangannya. Kemudian beliau bergeser dari tempatnya itu. Lalu beliau
membasuh kedua kakinya. Kemudian aku memberi beliau sapu tangan/handuk (untuk
mengelap air), namun beliau menolaknya” [HR. Al-Bukhari no. 265 dan Muslim no.
317].
عن إبراهيم بن
المهاجر؛ قال : سمعت صفية تحدث عن عائشة؛ أن أسماء سألت النبي صلى الله عليه وسلم
عن غسل المحيض؟ فقال "تأخذ إحداكن ماءها وسدرتها فتطهر [فتطّهّر؟؟]. فتحسن
الطهور. ثم تصب على رأسها فتدلكه دلكا شديدا. حتى تبلغ شؤون رأسها. ثم تصب عليها
الماء. ثم تأخذ فرصة ممسكة فتطهر بها" فقالت أسماء: وكيف تطهر بها؟ فقال
"سبحان الله! تطهرين بها" فقالت عائشة (كأنها تخفي ذلك) تتبعين أثر
الدم. وسألته عن غسل الجنابة؟ فقال "تأخذ ماء فتطهر، فتحسن الطهور. أو تبلغ
الطهور. ثم تصب على رأسها فتدلكه. حتى تبلغ شؤون رأسها. ثم تفيض عليها
الماء". فقالت عائشة: نعم النساء نساء الأنصار! لم يكن يمنعهن الحياء أن
يتفقهن في الدين.
Dari Ibrahim bin Al-Kuhaajir ia
berkata : Aku mendengar Shafiyyah menceritakan hadits dari ‘Aisyah :
Bahwasannya Asma’ pernah bertanya kepada Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam tentang mandi haidl. Maka beliau
menjawab : “Setiap mereka mengambil air
dan daun bidara. Lalu bersuci dan menyempurnakannya dan membaguskannya.
Kemudian menyiram air di kepalanya, lalu dia menggosoknya dengan gosokan yang
kuat hingga menyentuh kulit kepala hingga mencapai dasar kulit kepalanya. Lalu
dia menuangkan air di kepalanya. Kemudian dia ambil kapas yang diberi minyak
wangi, lalu dia bersuci dengan kapas itu”. Asmaa’ bertanya lagi :
“Bagaimana aku bersuci dengan kapas itu ?”. Beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam menjawab : “Subhaanallaah, engkau pakai kapas itu untuk bersuci”. ‘Aisyah
mengatakan : “(sepertinya dia merahasiakan hal itu). Kamu gunakan kapas itu
untuk membersihkan bekas darah”. Asmaa’ bertanya kepada beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam tentang
mandi junub. Maka beliau shallallaahu
‘alaihi wa sallam menjawab : “Engkau
ambil air dan bersihkan diri sebaik-baiknya. Lalu engkau tuangkan air pada
kepala dengan menggosoknya sampai kotoran hilang. Kemudian engkau tuangkan air
lagi di atas kepala”. ‘Aisyah berkata : “Sebaik-baik wanita adalah wanita
kaum Anshar. Malu tidak menghalanginya memahami agama” [HR. Muslim no. 245].
Dengan menggabungkan beberapa
riwayat di atas, dapat disimpulkan bahwa cara mandi yang dianjurkan adalah
seperti berikut :
a.
Membasuh
kedua tangan tiga kali.
b. Membasuh kemaluan dengan tangan kiri,
tanpa harus memasukkan air ke dalam kemaluan.
c. Menggosok tangan kiri ke
tanah/tembok.
d. Berwudlu seperti wudlu untuk shalat. Akan
tetapi boleh mengakhirkan basuhan pada kedua kaki hingga selesai mandi, jika
menggunakan air dari bak atau semisalnya.
e. Membasahi kepala tiga kali hingga
mencapai pangkal rambut serta menggosoknya dengan kuat. Jika rambutnya
dikepang, maka ia harus menguraikannya untuk memastikan bahwa air telah
mencapai pangkal rambut. ‘Aisyah radliyallaahu
‘anhaa meriwayatkan bahwa ketika dia hendak mandi setelah haidl, maka
Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam
berkata kepadanya :
انقضي شعرك واغتسلي
“Uraikan
(kepangan) rambutmu, lalu mandilah” [HR. Ibnu Majah no. 641 dan Ibnu Abi
Syaibah 1/78; shahih].
f.
Membasahi
seluruh badan dengan memulai bagian kanan, dilanjutkan dengan bagian kiri.
كَانَ النَّبِيِّ
صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَعَلَى آلِهِ وَسَلَّمَ يُعْجِبُهُ التَّيَمُّنُ فِي
تَنَعُّلِهِ وَتَرَجُّلِهِ وَطُهُوْرِهِ وَفِي شَأْنِهِ كُلِّهِ
"Adalah
Nabi shallallaahu ‘alaihi wa aalihi wa sallam
menyenangi yang kanan dalam bersendal (sepatu), bersisir, bersuci dan dalam
seluruh perkaranya".
Dianjurkan memakai sabun atau
semisalnya ketika mandi.
g.
Seusai
mandi, dianjurkan mengambil kapas atau kain yang telah diolesi minyak wangi
untuk digunakan mengusap bekas darah sampai baunya hilang.
Catatan :
Cara mandi di atas hukumnya mustahab (dianjurkan/disukai), karena
diambil dari gabungan hadits-hadits Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam yang berkenaan dengannya. Namun jika
ada seorang wanita yang mengikuti sebagian saja dari cara di atas, maka tetap
sah – dengan syarat : ia harus membasahi seluruh badan (dan rambut)-nya dengan
air. Artinya, jika ada seorang wanita mandi di bawah shower atau menyelam di dalam air, maka cara mandi seperti ini
tetap diperbolehkan dan hukumnya sah.
5.
Apabila
Seorang Wanita Junub, kemudian Mendapatkan Haidl, Berapa Mandi yang Wajib
Baginya ?
Apabila wanita junub dan sebelum
mandi dia mengalami haidl, maka dalam hal ini terjadi perbedaan pendapat.
Jumhur ulama mengatakan sahnya mandi satu kali mandi setelah haidl dengan dua
niat sekaligus (yaitu niat mandi junub dan mandi haidl), sebagaimana disebutkan
Ibnu Hazm dalam Al-Muhalla (1/291)
dan Ibnu Qudamah dalam Al-Mughni
(1/220). Akan tetapi sebagian ulama lain seperti Jabir bin Zaid, Al-Hasan
Al-Bashri, Qatadah, Ibrahim An-Nakha’iy, Al-Haakim bin ‘Utaibah, Thawus,
‘Atha’, ‘Amr bin Syu’aib, Az-Zuhri, dan Maimun bin Mihraan menyatakan wajibnya
dua kali mandi (yaitu ia mandi junub, dan ketika selesai haidl, ia mandi lagi).
Yang rajih dalam hal ini adalah
pendapat kedua yang mengatakan wajib dua kali mandi. Sebab, satu kewajiban
tidaklah mengugurkan kewajiban yang lainnya sebagaimana kewajiban puasa kaffarat tidaklah sah diniatkan juga
untuk puasa qadla atau puasa nadzar. Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda :
إِنَّمَا
اْلأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ وَإِنَّمَا لِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى
“Setiap
perbuatan hanyalah tergantung niatnya. Dan sesungguhnya
setiap orang (akan dibalas) berdasarkan apa yang dia niatkan” [HR. Al-Bukhari
no. 1, Muslim no. 1907, Abu Dawud no. 2201, At-Tirmidzi no. 1647, dan yang
lainnya].
6.
Jika
terjadi sesuatu yang membatalkan wudlu saat mandi haidl, maka tidak wajib
mengulangi mandi, melainkan melanjutkan mandi hingga selesai. Dia hanya wajib
wudlu setelah selesai mandi. Ini merupakan pendapat jumhur ulama. Alasannya,
karena hadats tidak membatalkan mandi, sehingga keberadaannya tidak
berpengaruh. Sama seperti tidak terjadi hadats [lihat Al-Mughni 1/290].
7. Apabila wanita merasa telah suci dari haidl, namun ia
tidak mendapatkan air untuk mandi, maka dia diperbolehkan untuk tayamum dan
berhubungan badan (jima’) dengan suaminya. Ini merupakan pendapat kebanyakan
ulama [lihat Majmu’ Al-Fataawaa
1/625, Al-Muhalla 2/171, Syarh Shahih Muslim 1/593, dan Jaami’ Ahkaamin-Nisaa’ 1/152.
Darah yang
Mengalir/Keluar dari Kemaluan Saat Hamil : Dihukumi Haidl ?
Para ulama berbeda
pendapat mengenai darah yang keluar selama masa kehamilan. Ada dua pendapat mengenai hal ini :
1.
Darah
yang muncul saat masa kehamilan dihukumi sebagai darah haidl yang mewajibkan
untuk meninggalkan shalat.
Ini merupakan pendapat madzhab
Malikiyyah[1][1] dan Asy-Syafi’iy
dalam al-qaulul-jadiid[2][2], bahkan ini yang
mu’tamad dalam madzhabnya. Telah
diriwayatkan dari Az-Zuhriy, Qatadah, Al-Laits, dan Ishaaq.[3][3] Ibnu Qudamah menegaskan
bahwa pendapat ini sebagai pendapat yang shahih dari ‘Aisyah.[4][4] Ini juga
merupakan pendapat Yahya bin Sa’iid, Rabi’ah bin Abi ‘Abdirrahman, dan Ibnu Abi
Salamah.[5][5]
2.
Darah
yang muncul di masa kehamilan bukanlah darah haidl, namun ia hanyalah darah
rusak, sehingga wanita tersebut tidak boleh meninggalkan shalat.
Ini merupakan pendapat madzhab
Hanafiyyah[6][6] dan Hanabilah[7][7]. Telah
diriwayatkan dari ‘Aisyah, Ibnu ‘Abbas, Tsaubaan; dan hal itu merupakan
perkataan jumhur tabi’in, diantaranya : Sa’id bin Al-Musayyib, ‘Atha’,
Al-Hasan, Jaabir bin Zaid, ‘Ikrimah, Muhammad bin Al-Munkadir, Asy-Sya’biy,
Mak-huul, Hammaad, Ats-Tsauriy, Al-Auza’iy, Abu Tsaur, Sulaiman bin Yasaar, dan
‘Ubaidillah bin Al-Hasan.[8][8]
Yang rajih dari dua pendapat di atas adalah pendapat
yang kedua, dengan dalil diantaranya :
a.
Hadits
Abu Sa’id Al-Khudriy radliyallaahu ‘anhu,
bahwasannya Nabi shallallaahu ‘alaihi wa
sallam bersabda :
لا توطأ حاملٌ حتى
تضع، ولا غير ذات حملٍ حتى تحيض حيضةً
“Wanita
hamil tidak boleh dikumpuli/digauli hingga ia melahirkan; dan tidak pula wanita
yang tidak hamil hingga dia haidl sekali” [HR. Abu Dawud no. 2157,
Al-Baihaqi dalam Al-Kubraa 9/124,
Ad-Daarimiy no. 2341, dan yang lainnya; shahih lighairihi].
Adanya haidl menjadi indikasi atas
bersihnya rahim dimana semua itu menunjukkan bahwa kehamilan tidak bisa bersatu
dengan haidl.
b.
Hadits
Salim dari bapaknya, bahwa bapaknya (Ibnu ‘Umar) telah menceraikan istrinya
dalam keadaan haidl. Lalu ‘Umar bertanya kepada Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam, dan beliau bersabda :
مره فليراجعها. ثم
ليطلقها طاهرا أو حاملا
“Perintahkanlah
ia untuk merujuknya, kemudian agar ia menceraikannya dalam keadaan suci atau
hamil” [HR. Muslim no. 1471 dan Ahmad 2/58].
Hamil telah dijadikan indikasi
atas tidak adanya haidl, sebagaimana suci dijadikan indikasi haidl. Al-Imam
Ahmad rahimahullah berkata :
فأقام الطهر مقام
الحمل". والله عز وجل يقول: ﴿ فَطَلِّقُوهُنَّ لِعِدَّتِهِنَّ ﴾ [الطلاق: من
الآية : 1]. أي بالطهر في غير جماع
“Kedudukan suci menempati
kedudukan kehamilan. Allah ‘azza wa jalla
telah berfirman : ‘Maka hendaklah kalian
menceraikan mereka pada waktu mereka dapat (menghadapi) ‘iddah-nya (yang
wajar)’ (QS. Ath-Thalaq : 1). Yaitu : dalam keadaan suci sebelum dicampuri”
[lihat Tafsi Ath-Thabari, 23/432].
Beberapa Perkara
yang Diharamkan oleh Wanita yang sedang Haidl
1.
Shalat.
Para ulama sepakat
bahwa wanita yang haidl dilarang untuk melakukan shalat (baik fardlu ataupun
sunnah), dan ia tidak perlu mengqadla shalat fardlu yang telah ditinggalkannya
itu. Ibnul-Mundzir rahimahullah berkata
:
أجمع أهل العلم لا
اختلاف بينهم على إسقاط فرض الصلاة عن الحائض في أيام حيضها
“Para
ulama telah sepakat tanpa ada perselisihan di antara mereka tentang gugurnya
kewajiban shalat atas wanita yang sedang haidl pada hari-hari haidlnya” [Al-Ausath, 2/202].
An-Nawawi rahimahullah berkata :
أجمع المسلمون على
أن الحائض والنفساء لا تجب عليها الصلاة ولا الصوم في الحال
“Kaum muslimin telah sepakat
bahwasannya wanita yang haidl dan nifas tidak diwajibkan atasnya shalat dan
puasa” [Syarh Shahih Muslim, 1/637].
عن معاذة : أن
امرأة قالت لعائشة : أتجزي إحدانا صلاتها إذا طهرت ؟ فقالت : أحرورية أنت ؟ كنا
نحيض مع النبي صلى الله عليه وسلم فلا يأمرنا به. أو قالت : فلا نفعله.
Dari Mu’aadzah : Bahwasannya ada
seorang wanita yang bertanya kepada ‘Aisyah : “Apakah kita (wanita) mengganti
shalat setelah suci (dari haidl) ?”. ‘Aisyah berkata : “Apakah engkau seorang
haruriyyah/khawarij ? Kami mengalami haidl di masa Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam, namun beliau tidak menyuruh kami
mengganti shalat – atau tidak pernah mengerjakannya” [HR. Al-Bukhari no. 321
dan Muslim no. 265].
Catatan :
a)
Apabila
seorang wanita mulai haidl menjelang ‘ashar, misalnya, padahal ia belum shalat
dhuhur, apakah ia wajib mengqadla shalat dhuhur setelah suci dari haidlnya ?
Jawabannya : Wanita tersebut harus mengqadla shalat dhuhur, yang memang telah
wajib ia kerjakan sebelum mendapat haidl, sehingga ia wajib mengqadlanya karena
saat itu dia telah memasuki waktu dhuhur dalam keadaan suci (meskipun waktu
yang tersisa hanya cukup untuk satu raka’at). Hal ini berdasarkan firman Allah ta’ala :
إِنَّ الصَّلاةَ كَانَتْ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ كِتَابًا مَوْقُوتًا
“Sesungguhnya
shalat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang
beriman” [QS. An-Nisaa’ : 103].
Ini adalah pendapat yang lebih
hati-hati [lihat lebih lanjut pada kitab : 60
Suaal wa Jawaab fii Ahkaamil-Haidl oleh Muhammad bin Shaalih Al-‘Utsaimin,
hal. 134-135, pertanyaan no. 32; Daarul-Qummah].
b)
Apabila
seorang wanita suci dari haidl sebelum matahari terbenam, maka dia harus
mengerjakan shalat Dhuhur dan ‘Ashar pada hari itu. Begitu juga jika dia suci
sebelum fajar terbit, maka dia harus mengerjakan shalat Maghrib dan ‘Isya’ pada
malam itu, karena waktu shalat yang kedua dan yang pertama masuk dalam kondisi
‘udzur.
Syaikhul-Islam Ibnu Taimiyyah
berkata :
ولهذا كان عند جمهور العلماء ـ كمالك والشافعي وأحمد ـ إذا طهرت الحائض في
آخر النهار صلت الظهر والعصر جميعًا، وإذا طهرت في آخر الليل صلت المغرب والعشاء
جميعًا، كما نقل ذلك عن عبد الرحمن ابن عوف، وأبي هريرة، وابن عباس؛ لأن الوقت
مشترك بين الصلاتين في حال العذر، فإذا طهرت في آخر النهار فوقت الظهر باق،
فتصليها قبل العصر. وإذا طهرت في آخر الليل فوقت المغرب باق في حال العذر،
فتصليها قبل العشاء
“Pendapat kebanyakan ulama,
termasuk Malik, Asy-Syafi’iy, dan Ahmad menyebutkan bahwa jika seorang wanita
yang haidl suci pada sore hari, maka dia harus mengerjakan shalat Dhuhur dan
‘Ashar. Ini berdasarkan keterangan ‘Abdurrahman bin ‘Auf, Abu Hurairah, dan
Ibnu ‘Abbas. Alasannya, waktu yang meliputi dua shalat termasuk dalam kondisi
‘udzur, sehingga ketika dia suci pada sore hari, sebenarnya waktu Dhuhur masih
ada, maka dia harus mengerjakan shalat Dhuhur sebelum ‘Ashar. Sedangkan jika
dia suci di akhir malam, sebenarnya waktu maghrib masih ada bila terjadi
kondisi ‘udzur, maka dia harus mengerjakan shalat Maghrib sebelum ‘Isya’” [Majmu’ Al-Fataawaa, 2/334].
2.
Puasa
Para ulama sepakat (ijma’) bahwa wanita haidl tidak boleh
berpuasa, dan hanya saja mereka harus mengqadla puasa Ramadlan di waktu yang
lain selama hari-hari yang ditinggalkannya (waktu haidl) [lihat Al-Ausath oleh Ibnul-Mundzir, 2/203].
‘Aisyah radliyallaahu ‘anhaa pernah mengatakan :
كان يصيبنا ذلك فنؤمر بقضاء الصوم ولا نؤمر بقضاء الصلاة
“Kami
mengalami hal itu (haidl). Maka kami diperintahkan mengqadla puasa, namun tidak
diperintahkan mengqadla shalat” [HR. Muslim no. 335 dan Abu Dawud no.
263].
Catatan :
a)
Apabila
wanita yang haidl suci sebelum fajar namun ia belum mandi, apakah ia boleh
berpuasa ?
Jawabannya : Jika wanita yang
haidl suci sebelum fajar, namun ia telah niat berpuasa, maka puasanya sah. Hal
itu dikarenakan keabsahan puasa tidak tergantung pada mandi, berbeda dengan
shalat. Ini merupakan pendapat jumhur ulama [lihat Fathul-Baariy, 1/192].
b)
Apabila
wanita yang haidl suci sebelum matahari terbenam, apakah ia harus berpuasa pada
sisa siang hari itu ?
Jawabannya : Dia tidak harus
berpuasa pada sisa siang hari itu, karena pada dasarnya dia tidak berpuasa pada
paginya dan akan mengqadla puasa di hari yang lain, sehingga ia tidak perlu
berpuasa di hari itu.
عن بن جريج قال قلت لعطاء المراة تصبح حائضا ثم تطهر في بعض النهار أتتمه
قال لا هي قاضية
Dari Ibnu Juraij, ia berkata : Aku
berkata kepada ‘Atha’ : “Seorang wanita yang haidl di waktu shubuh/pagi, lalu
suci sore harinya, apakah ia harus berpuasa pada sisa harinya itu ?”. Ia
menjawab : “Tidak, baginya qadla (di hari yang lain)” [Diriwayatkan oleh
‘Abdurrazzaq no. 1292; shahih].
3.
Berhubungan
badan (jima’).
Para ulama sepakat
bahwa haram hukumnya melakukan hubungan badan (jima’) dengan wanita yang sedang haidl [Al-Muhalla 2/162 dan Majmu’
Al-Fataawaa 21/624].
Allah ta’ala telah berfirman :
وَيَسْأَلُونَكَ عَنِ الْمَحِيضِ قُلْ هُوَ أَذًى فَاعْتَزِلُوا النِّسَاءَ
فِي الْمَحِيضِ وَلا تَقْرَبُوهُنَّ حَتَّى يَطْهُرْنَ
“Mereka
bertanya kepadamu tentang haid. Katakanlah: "Haid itu adalah
kotoran". Oleh sebab itu hendaklah kamu menjauhkan diri dari wanita di
waktu haid; dan janganlah kamu mendekati mereka, sebelum mereka suci” [QS. Al-Baqarah
: 222].
عن أنس : أن اليهود كانوا، إذا حاضت المرأة فيهم، لم يؤاكلوها ولم يجامعوهن
في البيوت. فسأل أصحاب النبي صلى الله عليه وسلم النبي صلى الله عليه وسلم. فأنزل
الله تعالى:{ويسألونك عن المحيض قل هو أذى فاعتزلوا النساء في المحيض إلى آخر
الآية} [2/البقرة/ الآية 222] فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم "اصنعوا كل
شيء إلا النكاح"
Dari Anas : Bahwasannya Yahudi
apabila wanita mereka haidl, mereka tidak makan bersama wanita tersebut, dan
tidak tinggal serumah. Maka para shahabat bertanya kepada Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam. Lalu
Allah ta’ala menurunkan ayat : Mereka bertanya kepadamu tentang haid.
Katakanlah: "Haid itu adalah kotoran". Oleh sebab itu hendaklah kamu
menjauhkan diri dari wanita di waktu haid” sampai akhir ayat (QS.
Al-Baqarah : 222). Kemudian Rasulullah shallallaahu
‘alaihi wa sallam bersabda : “Lakukanlah
apa saja, kecuali nikah (jima’)” [HR. Muslim no. 302].
Catatan :
a)
Apabila
seorang muslim berkeyakinan bahwa melakukan jima’
dengan wanita haidl adalah halal – sementara ia tahu keharamannya - , maka
ia menjadi kufur dan murtad. Namun jika ada yang melakukannya tanpa
berkeyakinan bahwa hukumnya halal, melainkan karena lupa atau tidak tahu bahwa
wanita itu sedang haidl, atau tidak tahu bahwa hukumnya haram, atau dipaksa
melakukannya; maka ia tidak berdosa. Sedangkan jika ia melakukannya dengan
sengaja dalam keadaan tahu bahwa istrinya sedang haidl, maka ia telah melakukan
dosa besar dan wajib bertaubat.
Tentang membayar kaffarat, pernah diajukan pertanyaan
kepada Lajnah As-Daaimah sebagai berikut :
“Seseorang
menjima’i/mencampuri istrinya dalam keadaan haidl atau telah suci dari
haidl/nifas namun belum mandi – karena ketidaktahuannya; apakah baginya ada
kaffarat ? dan berapa besarnya ? Apabila istrinya hamil dari hasil jima’
tersebut, apakah anak yang dilahirkan darinya disebut anak haram ?”.
Maka Lajnah menjawab :
Alhamdulillahi
wahdah, wash-shalaatu was-salaamu ‘alaa rasuulihi wa aalihi wa shahbihi…wa ba’d :
Mencampuri wanita haidl hukumnya
haram berdasarkan firman Allah ta’ala :
وَيَسْأَلُونَكَ عَنِ الْمَحِيضِ قُلْ هُوَ أَذًى فَاعْتَزِلُوا
النِّسَاءَ فِي الْمَحِيضِ وَلَا تَقْرَبُوهُنَّ حَتَّى يَطْهُرْنَ
“Mereka
bertanya kepadamu tentang haidh. Katakanlah: "Haidh itu adalah suatu
kotoran". oleh sebab itu hendaklah kamu menjauhkan diri dari wanita di
waktu haidh; dan janganlah kamu mendekati mereka, sebelum mereka suci” [QS. Al-Baqarah
: 222].
Barangsiapa yang melakukan hal
itu, wajib baginya untuk meminta ampun dan bertaubat kepada Allah. Dan
hendaknya ia bershadaqah satu dinar atau setengah dinar sebagai kaffarat (denda) atas perbuatannya itu,
sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh Ahmad dan Ashhaabus-Sunan dengan sanad jayyid,
dari Ibnu ‘Abbas radliyallaahu ‘anhuma
: Bahwasannya Nabi shallallaahu ‘alaihi
wa sallam pernah bersabda kepada orang yang mendatangi (mencampuri)
istrinya dalam keadaan haidl :
يتصدق بدينار أو نصف دينار
“Hendaknya
ia bershadaqah dengan satu dinar atau setengah dinar” [Diriwayatkan
oleh At-Tirmidzi, Kitaabuth-Thaharah no.
137; An-Nasa’i, Kitaabuth-Thaharah
no. 289; Abu Dawud, Kitaabun-Nikaah
no. 2168; Ibnu Majah, Kitaabuth-Thaharah no.
640; Ahmad 1/363; dan Ad-Daarimiy, Kitaabuth-Thaharah
no. 1105].
Ia bisa memilih satu dinar atau
setengah dinar. Satu dinar itu sebanding dengan 4/7 juneh Saudi. Apabila juneh
Saudi dikonversi semisal 70 real, maka ia harus mengeluarkan 20 real atau 40
real untuk dishadaqahkan kepada fakir miskin.[9][9]
Dan tidak boleh baginya untuk
mencampuri istrinya setelah suci – yaitu berhentinya darah – sebelum ia mandi,
berdasarkan firman Allah ta’ala :
وَلَا تَقْرَبُوهُنَّ حَتَّى يَطْهُرْنَ فَإِذَا تَطَهَّرْنَ
فَأْتُوهُنَّ مِنْ حَيْثُ أَمَرَكُمُ اللَّهُ
“Dan
janganlah kamu mendekati mereka, sebelum mereka suci. Apabila mereka telah
suci, maka campurilah mereka itu di tempat yang diperintahkan Allah kepadamu” [QS. Al-Baqarah
: 222].
Allah tidak memperkenankan
seseorang untuk mencampuri wanita haidl hingga darahnya berhenti dan kembali
suci, yaitu dengan mandi. Barangsiapa yang mencampuri istrinya sebelum mandi,
maka ia berdosa dan wajib baginya membayar kaffarat.
Apabila istrinya itu hamil dengan
sebab jima’ saat ia haidl atau telah suci namun belum mandi, tidaklah anaknya
tersebut disebut anak haram. Bahkan ia merupakan anak yang sah menurut
syari’at.
Wabillaahit-tafiiq,
wa shallallaahu ‘alaa nabiyyinaa Muhammadin wa aalihi wa shahbihi wa sallam. [selesai - Fataawaa Al-Lajnah Ad-Daaimah,
5/398-400]
b)
Seorang
suami boleh tetap bermesraan dengan istrinya dengan mencumbuinya, asalkan tidak
melakukan jima’ pada kemaluannya.
قال مسروق لعائشة : إني أريد أن أسألك عن شيء وأنا أستحيي! فقالت:
إنما أنا أمُّك، وأنت ابني! فقال : ما للرجل من امرأته وهي حائض؟ قالت له: كل شيء
إلا فرجها.
Masruq pernah berkata kepada
‘Aisyah : “Sesungguhnya aku ingin bertanya kepadamu tentang sesuatu, namun aku
malu”. ‘Aisyah berkata : “Tidak perlu malu, karena aku adalah ibumu dan engkau
adalah anakku”. Masruq berkata : “Apa yang boleh dilakukan oleh seorang
laki-laki terhadap istrinya yang sedang haidl ?”. ‘Aisyah menjawab : “Dia boleh
melakukan apa saja selain pada kemaluannya (jima’)”
[Diriwayatkan oleh Ath-Thabari dalam Tafsir-nya,
4/378; dengan sanad shahih].
c)
Apabila
wanita yang haidl telah suci, maka suami tidak boleh melakukan hubungan badan
dengannya kecuali setelah istrinya mandi.
Allah ta’ala telah berfirman :
وَلا تَقْرَبُوهُنَّ حَتَّى يَطْهُرْنَ فَإِذَا تَطَهَّرْنَ
فَأْتُوهُنَّ مِنْ حَيْثُ أَمَرَكُمُ اللَّهُ
“Janganlah
kamu mendekati mereka, sebelum mereka suci. Apabila mereka telah suci, maka
campurilah mereka itu di tempat yang diperintahkan Allah kepadamu” [QS. Al-Baqarah
: 222].
عن مجاهد قال : للنساء طهران طهر قوله : حتى يطهرن. يقول إذا تطهرن
من الدم قبل أن يغتسلن وقوله : فإذا تطهرن. أي إذا اغتسلن ولا تحل لزوجها حتى
تغتسل .يقول : فأتوهن من حيث أمركم الله. من حيث يخرج الدم فإن لم يأتها من حيث
أمر فليس من التوابين ولا من المتطهرين
Dari
Mujaahid, ia berkata : “Bagi
wanita, mereka memiliki dua bentuk kesucian. Pertama, kesucian yang dinyatakan
dalam firman Allah ta’ala : ‘hatta yathhurna’, yaitu jika mereka
suci dari darah haidl sebelum mereka mandi. (Dan kesucian yang kedua) adalah
seperti dalam firman Allah ta’ala : ‘faidzaa tathahharna’, yaitu apabila
mereka telah mandi. Dan tidak dihalalkan bagi suaminya untuk menggaulinya
hingga ia mandi. Allah ta’ala berfirman
: ‘fa’tuuhunna min haitsu amarakumullah’,
yaitu dari tempat keluarnya darah, sehingga jika suami tidak menggaulinya di
tempat yang diperintahkan Allah itu, maka ia tidak termasuk orang-orang yang
bertaubat dan orang-orang yang membersihkan diri” [Diriwayatkan oleh
‘Abdurrazzaq no. 1272; shahih].
Lihat kembali fatwa Lajnah Daaimah
yang dituliskan di atas.
d)
Jika
seorang suami muslim mempunyai istri dari kalangan Ahli-Kitab, maka ia (istri)
harus dipaksa mandi (setelah suci dari haidl) agar halal untuk digauli, karena
ayat Al-Qur’an di atas tidak mengkhususkan perintahnya hanya untuk wanita
muslimah saja [lihat Tafsir Al-Qurthubi,
3/90].
4. Thawaf
Ijma’ ulama menyatakan bahwa
wanita yang haidl diharamkan melakukan thawaf. Mereka berdalil dengan hadits
‘Aisyah yang menyatakan bahwa ia mengalami haidl saat hendak melaksanakan
ibadah haji. Maka Nabi shallallaahu
‘alaihi wa sallam bersabda :
افعلي كما يفعل الحاج، غير أن لا تطوفي بالبيت حتى تطهري
“Lakukan
semua amalan yang dikerjakan oleh orang yang melaksanakan ibadah haji. Hanya
saja engkau tidak boleh thawaf di sekitar Ka’bah, hingga engkau suci” [HR. Al-Bukhari
1650].
5.
Menyentuh
dan Membawa Al-Qur’an.
Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda :
لا يمس القرآن إلا طاهر
“Al-Qur’an
tidak boleh disentuh kecuali oleh orang-orang yang suci” [HR.
Ath-Thabarani dalam Al-Kabiir;
shahih, lihat Irwaaul-Ghaliil no.
122].
Sisi pendalilannya adalah : Bahwa
Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam
melarang menyentuh Al-Qur’an kecuali orang yang suci. Dan yang dimaksud dengan
hal itu adalah suci dari hadats,
termasuk dalam hal ini haidl. Pendapat ini yang beredar di kalangan shahabat radliyallaahu ‘anhum. Mereka tidak
berselisih pendapat mengenai itu. Pendapat inilah yang dirajihkan oleh
An-Nawawi dalam Al-Majmu’ (2/85) dan
Ibnu Taimiyyah dalam Al-Fatawaa
(26/179-180).
Menyelisihi hal ini adalah
pendapat sebagian ulama seperti Ibnu Hazm, Asy-Syaukani, Al-Albani rahimahumullah, dan yang lainnya dari
kalangan muta’akhkhiriin. Namun
pendapat ini lemah. Wallaahu a’lam.
Al-Lajnah Ad-Daaimah pernah
memberikan fatwa :
لا يجوز للحائض مس المصحف عند جمهور العلماء؛ لقوله تعالى: سورة
الواقعة الآية 79 لَا يَمَسُّهُ إِلَّا الْمُطَهَّرُونَ ولقول النبي صلى الله عليه
وسلم في كتاب عمرو بن حزم : لا يمس القرآن إلا طاهر أما قراءة الحائض والنفساء
القرآن بلا مس المصحف فلا بأس به في أصح قولي العلماء؛ لأنه لم يثبت عن النبي صلى
الله عليه وسلم ما يمنع من ذلك.
“Tidak diperbolehkan bagi wanita
yang haidl untuk menyentuh mushhaf menurut jumhur ulamaa’, berdasarkan firman
Allah “Tidak menyentuhnya kecuali
hamba-hamba yang disucikan” (QS. Al-Waqi’ah : 79). Dan juga berdasarkan
sabda Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam
dalam kitab ‘Amr bin Hazm : “Al-Qur’an
tidak boleh disentuh kecuali oleh orang-orang yang suci”. Adapun wanita
yang haidl dan nifas yang membacanya tanpa menyentuhnya, maka tidak mengapa
menurut pendapat yang paling shahih dari para ulama. Hal itu dikarenakan tidak
ada riwayat yang shahih dari Nabi shallallaahu
‘alaihi wa sallam yang melarang perbuatan tersebut” [Fataawa Al-Lajnah Ad-Daaimah, 4/109 no. 3713].
6.
Menetap/berdiam
diri di masjid
Terdapat perbedaan pendapat di
kalangan ulama mengenai hal ini. Pendapat pertama mengatakan tidak bolehnya
wanita haidl menetap/berdiam diri di masjid. Ini adalah mazhab Abu Hanifah[10][10], Malik[11][11], Asy-Syafi’iy[12][12], dan Ahmad[13][13]. Pendapat kedua
mengatakan bolehnya wanita haidl menetap/berdiam diri di masjid. Ini adalah
pendapat Dawud Adh-Dhahiriy, Ibnu Hazm,[14][14] dan Al-Muzaanniy[15][15] [Al-Haidl wan-Nifaas, hal. 695].
Dalam pembahasan panjang
pendiskusian di antara dua pendapat tersebut, yang rajih adalah pendapat
jumhur. Salah satu dalil yang melandasi adalah adalah :
عن أم عطية قالت كنا نؤمر أن نخرج يوم العيد حتى نخرج البكر من خدرها
حتى نخرج الحيض فيكن خلف الناس فيكبرن بتكبيرهم ويدعون بدعائهم يرجون بركة ذلك
اليوم وطهرته
Dari Ummu ‘Athiyyah radliyallaahu ‘anhaa, ia berkata : “Kami
diperintahkan untuk keluar pada hari ’Ied, hingga kami pun mengeluarkan
wanita-wanita gadis dari tempat pingitannya dan para wanita haidl untuk
ditempatkan di belakang orang-orang. Maka mereka pun bertakbir mengikuti takbir
kaum laki-laki dan berdoa mengikuti doa kaum laki-laki. Mereka mengharapkan
barakah dan kesucian pada hari itu” [HR. Al-Bukhari no. 971 dan Muslim no. 890;
ini adalah lafadh Al-Bukhari].
Pada riwayat lain disebutkan :
وأمر الحيض أن يعتزلن مصلى المسلمين
”....dan beliau shallallaahu ’alaihi wasallam
memerintahkan para wanita haidl menjauhi tempat shalat kaum muslimin” [HR.
Muslim no. 890].
Segi pendalilannya adalah bahwa
wanita haidl dipisahkan dari tempat orang yang shalat kaum muslimin. Sesuai
dengan keumumannya, masjid termasuk dalam hal ini.
Asy-Syaikh Ibnu ‘Utsaimin rahimahullah berkata ketika menyimpulkan
hukum dari hadits di atas :
منع الحائض من المكث في المسجد
“Larangan bagi wanita haidl untuk
tinggal di dalam masjid” [Tanbiihul-Afhaam,
1/439].
Asy-Syaikh ‘Abdullah Ali Bassaam hafidhahullah berkata dalam kesimpulan
hukum dari hadits yang sama :
وجوب اجتناب الحائض المسجد لئلا تلوثه
إن المصلى العيد له حكم المساجد
إن المصلى العيد له حكم المساجد
“Kewajiban wanita haidl untuk
menjauhi masjid agar tidak menodainya. Sesungguhnya mushalla (tanah lapang)
‘Ied itu mempunyai hukum masjid-masjid” [Taisirul-‘Allaam
oleh ‘Abdullah bin ‘Abdurrahman Ali Bassaam 1/441].
Wallaahu
a’lam.
Semoga ada
menfaatnya – Abu Al-Jauzaa’ Al-Bogoriy 1430.
[1][1] Haasyiyyah Al-Khurasyi ‘alaa Mukhtashar
Khaliil ma’a Haasyiyah Al-‘Adawiy oleh Muhammad Al-Khurasyi Al-Malikiy,
1/205; Daarul-Kutub Al-Islamiy.
[9][9] Apabila 1
(satu) dinar itu sama dengan 4,85 gram emas 21 karat dengan asumsi harga per
gramnya Rp 200.000,-; maka kaffarat yang
harus dibayarkan – jika dikonversi dalam rupiah – sebesar Rp 970.000,- atau Rp
485.000,-. – Abul-Jauzaa’.
[10][10] Al-Bahrur-Raaiq 1/205, Syarh Fathil-Qadiir 1/165, Al-Binaayah 1/636, dan Tabyiinul-Haqaaiq 1/56.
[11][11] At-Tafrii’ oleh Ibnul-Jalaab 1/206, Al-Ma’uunah 1/186, Manhul-Jaliil 1/174, Hasyiyyah
Ad-Daasuqiy 1/173-174, Mawaahibul-Jaliil
1/347, Asy-Syarhush-Shaghiir 1/312.
[12][12] Al-Muhadzdzab 1/45, Al-Majmuu’ 2/156, Al-Wasiith
Al-Ghazzaaliy 1/413, Mughnil-Muhtaaj
1/109, dan Al-Haawiy Al-Kabiir 1/384.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar