Oleh : Abu ‘Utsmaan Ismaa’iil bin ‘Abdirrahmaan Ash-Shaabuuniy rahimahullaah
(373 – 449 H) Ada baiknya jika
saya tuliskan sedikit pemaparan biografi Al-Imam Abu ‘Utsman Ash-Shaabuuniy rahimahullah.
“Beliau adalah Abu ‘Utsmaan
Ismaa’iil bin ‘Abdirrahmaan bin Ahmad bin Ismaa’iil bin ‘Aamir bin ‘Aabid
Ash-Shaabuuniy An-Naisaabuuriy, Al-Haafidh, Al-Mufassir, Al-Muhadiits,
Al-Faqiih, Al-Mulaqqib, Syaikhul-Islaam. Lafadh ‘Ash-Shaabuuniy’ dinisbatkan
kepada pekerjaan beliau sebagai pembuat/pedagang sabun, sebagaimana disebutkan
oleh As-Sam’aaniy rahimahullah dalam
kitab Al-Ansaab.
Dilahirkan pada pertengahan bulan
Jumadil-Akhir 373 H.
Diantara guru beliau rahimahullah yang terkenal adalah :
1. Al-Haakim An-Naisaburiy, Abu ‘Abdillah –
penulis kitab Al-Mustadrak
‘alash-Shahihain.
2. Abi Thaahir Muhammad bin Al-Fadhl bin
Muhammad bin Ishaaq bin Khuzaimah.
3. Abu Muhammad Al-Hasan bin Ahmad bin
Muhammad bin Mikhlad Asy-Syaibaniy An-Naisaburiy.
4. Abul-Hasan Ahmad bin Muhammad bin ‘Umar
Az-Zaahid.
5. Dan yang lainnya.
Adapun
murid-murid beliau rahimahullah
yang terkenal antara lain :
1. Abul-Qaasim ‘Aliy
bin Muhammad bin ‘Aliy bin Ahmad bin Abil-‘Alaa’ As-Sulamiy Al-Mushiishiy
Al-Faqiih Asy-Syaafi’iy; seorang faqih lagi tsiqah.
2. Abu Shaalih Al-Muadzdzin Ahmad bin ‘Abdil-Malik bin ‘Aliy bin Ahmad
An-Naisaburiy Al-Haafidh.
3. Abu Muhammad ‘Abdil-‘Aziiz bin Ahmad bin Muhammad At-Taimiy
Ad-Dimasyqiy Al-Kattaaniy; seorang imam, muhaddits,
lagi mutqin.
4. Dan yang lainnya.
Pujian ulama terhadap beliau rahimahullah
:
1. Al-Imam Abu Bakr
Al-Baihaqiy rahimahullah :
إنه إمام المسلمين
حقاً وشيخ الإسلام صدقاً ، وأهل عصره كلهم مذعنون لعلو شأنه في الدين والسيادة
وحسن الاعتقاد وكثرة العلم ولزوم طريقة السلف
“Beliau adalah imam kaum muslimin
yang sebenar-benarnya, seorang Syaikhul-Islam sejati. Semua orang di masanya
mengakui ketinggian beliau dalam agama, kemuliaannya, kebaikan ‘aqidahnya,
keluasan ilmunya, dan kesungguhannya dalam hal kewajiban meniti jalan salaf”.
2. Al-Imam Ibnu
Naashiruddin rahimahullah :
كان إماماً حافظاً
عمدة مقدماً في الوعظ والأدب وغيرهما من العلوم وحفظة للحديث وتفسير القرآن
“Beliau adalah seorang imam,
haafidh, seorang pemimpin yang didahulukan dalam nasihat, adab, dan yang
lainnya pada bidang ilmu, hafalan hadits, serta tafsir Al-Qur’an”.
3. Al-Haafidh
Adz-Dzahabiy rahimahullah :
الواعظ، المفسر،
المصنف، أحد الأعلام، كان شيخ خرسان في زمانه.
“Ahli pemberi nasihat, mufassir,
dan penulis. Beliau juga salah seorang tokoh terkemuka, sekaligus penghulu
ulama Khurasan”.
Beliau wafat pada bulan Muharram
tahun 449 H.
[selesai]
Adapun penjelasan mengenai ciri-ciri Ahlul-Bid’ah
sebagaimana tercantum dalam kitab beliau yang berjudul : ‘Aqiidatus-Salaf Ashhaabil-Hadiits adalah
sebagai berikut :
١٦٢
- وعلامات
البدع على أهلها بادية ظاهرة ، وأظهر آياتهم وعلاماتهم : شدة معاداتهم محملة أخبار
النبي - صلى الله عليه وسلم- ، واحتقارهم لهم [واستخفافهم بهم] ، وتسميتهم إياهم
حشوية ، وجهلة ، وظاهرية ، ومشبهه . اعتقادا منهم في أخبار رسول الله - صلى الله
عليه وسلم- أنها بمعزل عن العلم ، وأن العلم ما يلقيه الشيطان إليهم من نتائج
عقولهم الفاسدة ، ووساوس صدورهم المظلمة ، وهو أجس قلوبهم الخالية من الخير ، [وكلماتهم] وحججهم بل شبههم الداحضة الباطلة.
(أُوْلَئِكَ الَّذِينَ لَعَنَهُمُ اللَّهُ فَأَصَمَّهُمْ وَأَعْمَى
أَبْصَارَهُمْ). (وَمَن يُهِنِ اللَّهُ فَمَا لَهُ مِن مُّكْرِمٍ إِنَّ اللَّهَ
يَفْعَلُ مَا يَشَاء).
162 – Dan ciri-ciri yang dimiliki oleh Ahli Bid’ah
itu amatlah jelas dan terang. Yang paling menonjol di antaranya adalah :
Besarnya antipati mereka terhadap para pembawa riwayat hadits-hadits Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam,
melecehkan mereka, [merendahkan mereka], bahkan menggelari mereka sebagai hasyawiyyah (tukang hapal catatan kaki),
orang-orang jahil, dhahiriyyah
(tekstual), dan musyabbihah. Semua
itu didasari keyakinan mereka bahwa hadits-hadits Rasulullah shallalaahu ‘alaihi wa sallam itu
terpisah dari ilmu. Dan ilmu (menurut mereka) adalah apa-apa yang dijejalkan
setan kepada mereka, hasil dari olah akal mereka yang rusak, waswas dari hati
mereka yang gelap, imajinasi mereka yang hampa dari kebenaran, serta [berbagai
kalimat] dan hujjah mereka yang lemah dan bathil. Allah telah berfirman : “Mereka itulah orang-orang yang dilaknati
Allah dan ditulikan-Nya telinga mereka dan dibutakan-Nya penglihatan mereka”
(QS. Muhammad : 23). “Dan barang siapa
yang dihinakan Allah maka tidak seorang pun yang memuliakannya. Sesungguhnya Allah
berbuat apa yang Dia kehendaki” (QS. Al-Hajj : 18).
١٦٣
- سمعت
الحاكم أبا عبد الله الحافظ يقول : سمعت أبا على الحسين بن علي الحافظ يقول ، سمعت
جعفر بن أحمد بن سنان الواسطي يقول ، سمعت أحمد بن سنان القطان يقول : (ليس في
الدنيا مبتدع إلا وهو يبغض أهل الحديث ، فإذا ابتدع الرجل نزعت حلاوة الحديث من
قلبه) .
163 – Aku mendengar Al-Haakim Abu ‘Abdillah
Al-Haafidh berkata : Aku mendengar Abu ‘Aliy Al-Husain bin ‘Aliy Al-Haafidh
berkata : Aku mendengar Ja’far bin Ahmad bin Sinaan Al-Waasithiy berkata : Aku
mendengar Ahmad bin Sinaan Al-Qaththaan berkata : “Tidak ada seorang mubtadi’ di dunia ini kecuali ia
membenci Ahlul-Hadits. Karena bila ada seorang yang berbuat bid’ah, maka akan
dicabut manisnya ilmu hadits dalam hatinya”.
١٦٤
- وسمعت
الحاكم يقول سمعت أبا الحسين محمد بن أحمد الحنظلي ببغداد يقول ،
سمعت [أبا إسماعيل] محمد بن إسماعيل الترمذي يقول : كنت أنا
وأحمد بن الحسن الترمذي عند إمام الدين أبي عبد الله أحمد بن حنبل ؛ فقال له أحمد
بن الحسن : يا أبا عبد الله ذكروا لابن أبي قتيلة بمكة أصحاب الحديث فقال : أصحاب
الحديث قوم سوء فقام أحمد بن حنبل وهو ينفض ثوبه ويقول : زنديق ! زنديق ! [زنديق]
: حتى دخل البيت .
164 – Aku (Abu ‘Utsman Ash-Shaabuniy) mendengar
Al-Haakim berkata : Aku mendengar Abu Al-Husain Muhammad bin Ahmad Al-Handhaliy
berkata di Baghdaad : Aku mendengar [Abu Isma’il] Muhammad bin Isma’il
At-Tirmidziy berkata : “Aku dan Ahmad bin Al-Hasan At-Tirmidziy pernah berada
di sisi Imaamuddiin Abu ‘Abdillah Ahmad bin Hanbal. Maka Ahmad bin Al-Hasan
berkata kepadanya : ‘Wahai Abu ‘Abdillah, orang-orang pernah menyebut Ahli
Hadits di hadapan Ibnu Abi Qutailah. Maka ia (Ibnu Abi Qutailah) berkata :
‘Para Ahli Hadits (Ashhaabul-Hadiits)
adalah satu kaun yang jelek’. Maka Ahmad bin Hanbal berdiri sambil mengibaskan
pakaiannya seraya berkata : ‘Zindiq, zindiq, [zindiq] !’, hingga ia masuk
rumah”.
١٦٥
- وسمعت
الحاكم أبا عبد الله يقول ، سمعت أبا نصر أحمد بن سهل الفقيه ببخارى يقول ، سمعت
أبا نصر بن سلام الفقيه يقول:(ليس شيء أثقل على أهل الإلحاد ، ولا أبغض إليهم من
سماع الحديث وروايته بإسناده ).
165 – Aku mendengar (Abu ‘Utsman Ash-Shaabuniy)
Al-Haakim Abu ‘Abdillah berkata : Aku mendengar Abu Nashr Ahmad bin Sahl,
seorang faqih negeri Bukhara,
berkata : Aku mendengar Abu Nashr bin Salaam Al-Faqiih berkata : “Tidak ada
satu hal yang lebih berat dan dibenci oleh Ahlul-Ilhaad
(pengingkar/atheis/Ahli Bid’ah) daripada mendengarkan hadits dan meriwayatkan
dengan sanadnya”.
١٦٦
- وسمعت
الحاكم يقول : سمعت الشيخ أبا بكر أحمد بن إسحاق بن أيوب الفقيه – وهو يناظر رجلاً
– فقال الشيخ أبو بكر : حدثنا فلان ، فقال له الرجل : دعنا من حدثنا إلى متى حدثنا
؟ فقال الشيخ له : قم يا كافر ، فلا يحل لك أن تدخل داري بعد هذا أبداً. ثم التفت إلينا وقال : ما قلت [قط] لأحد قط ما تدخل داري إلا هذا.
166 – Aku (Abu ‘Utsman Ash-Shaabuniy) mendengar
Al-Haakim berkata : Aku mendengar Asy-Syaikh Abu Bakr Ahmad bin Ishaaq bin
Ayyuub Al-Faqiih – saat itu ia tengah berdebat dengan seorang laki-laki - .
Maka berkatalah Asy-Syaikh Abu Bakr : “Haddatsanaa
Fulaan (Telah menceritakan kepada kami Fulan)”. Laki-laki tersebut berkata
kepadanya : “Tinggalkan kami dari perkataan haddatsanaa.
Sampai kapan kita menyebut haddatsanaa
?”. Syaikh Abu Bakr berkata : “Berdirilah wahai kafir ! Tidak halal bagimu
untuk memasuki rumahku setelah ini untuk selamanya”. Kemudian ia (Asy-Syaikh
Abu Bakr) menoleh kepada kami dan berkata : “Aku tidak pernah berkata pada
seorang pun untuk tidak masuk ke rumahku kecuali pada orang ini”.
١٦٧
- سمعت
[الأستاذ] أبا منصور محمد بن عبد الله ابن حمشاد العالم
الزاهد [رحمه الله] يقول ، سمعت أبا القاسم جعفر بن أحمد
المقرى الرازي يقول : قرئ على عبد الرحمن بن أبي حاتم الرازي وأنا أسمع : سمعت أبي
يقول – عنى به الإمام في بلده أبا حاتم محمد بن إدريس الحنظلي الرازي – يقول : (
علامة أهل البدع الوقيعة في أهل الأثر وعلامة الزنادقة : تسميتهم أهل الأثر حشوية
، يريدون بذلك إبطال الآثار . وعلامة القدرية : تسميتهم أهل السنة مجبرة . وعلامة
الجهمية : تسميتهم أهل السنة مشبهة . وعلامة الرافضة : تسميتهم أهل الأثر نابتة
وناصبة .
167 – Aku (Abu ‘Utsman Ash-Shaabuniy) mendengar
[Al-Ustadz] Abu Manshuur Muhammad bin ‘Abdillah bin Himsyaad Al-’Aalim
Az-Zaahid [rahimahullah] berkata :
Aku mendengar Abul-Qaasim Ja’far bin Ahmad Al-Muqriy Ar-Raaziy berkata : Pernah
dibacakan kepada ‘Abdurrahman bin Abi Haatim Ar-Raaziy, dan waktu itu aku
mendengarkannya : Aku mendengar ayahku berkata – yang dimaksudkan adalah
penghulu ulama di negerinya, yaitu Abu Haatim Muhammad bin Idriis Al-Handhaliy
Ar-Raaziy berkata - : “Tanda-tanda Ahli Bid’ah adalah mencela Ahlul-Atsar. Tanda-tanda Zanaadiqah
adalah penamaan mereka terhadap Ahlul-Atsar
dengan Hasyawiyyah. Mereka
memaksudkan hal itu untuk membatalkan/menolak atsar. Tanda-tanda Qadariyyah
adalah penamaan mereka terhadap Ahlus-Sunnah dengan Mujabbirah (=Jabriyyah,
golongan yang hanya bergantung kepada taqdir). Tanda-tanda Jahmiyyah adalah
penamaan mereka kepada Ahlus-Sunnah dengan Musyabbihah.
Dan tanda-tanda Raafidlah adalah penamaan mereka kepada Ahlul-Atsar dengan Naabitah
serta Naashibah”.
١٦٨
- قلت
: وكل ذلك عصبية ، ولا يلحق أهل السنة إلا اسم واحد ؛ وهو أهل الحديث
168 – Aku (Abu ‘Utsman Ash-Shaabuniy) berkata :
“Semuanya itu dikarenakan ashabiyyah
(fanatisme golongan). Tidak ada sebutan yang pantas bagi Ahlus-Sunnah melainkan
satu saja, yaitu : Ahlul-Hadiits”.
١٦٩
- قلت
: أنا رأيت أهل البدع في هذه الأسماء التي لقبوا بها أهل السنة - [ولا يلحقهم شيء منها فضلا من الله ومنة] - ؛ سلكوا معهم مسلك المشركين [لعنهم الله] مع رسول الله - صلى الله عليه وسلم - فإنهم أقتسموا القول فيه : فسماه
بعضهم ساحراً وبعضهم كاهنا وبعضهم شاعراً وبعضهم مجنوناً وبعضهم مفتوناً وبعضهم
مفتريا مختلقاً كذاباً ، وكان النبي - صلى الله عليه وسلم - من تلك المعائب بعيداً بريئاً ، ولم يكن إلا رسولاً مصطفى نبياً ، قال الله عز وجل :
(انظُرْ كَيْفَ ضَرَبُوا لَكَ الأَمْثَالَ فَضَلُّوا فَلاَ يَسْتَطِيعُونَ
سَبِيلاً ).
169 – Aku (Abu ‘Utsman Ash-Shaabuniy) berkata : “Aku
memandang para Ahli Bid’ah dalam penamaan ini yang kemudian mereka gelarkan
dengannya kepada Ahlus-Sunnah – [namun dengan karunia dan keutamaan Allah,
tidak sedikitpun yang pantas disandarkan kepada mereka] adalah mengikuti jalan
kaum musyrikin [semoga Allah melaknat
mereka] terhadap Rasulullah shallallaahu
‘alaihi wa sallam. Mereka membagi-bagi perkataan di dalamnya. Sebagian
mereka menamakan beliau dengan tukang sihir, sebagian lagi dengan dukun,
sebagian lagi dengan tukang syair, sebagian lagi dengan orang gila, sebagian
lagi dengan orang yang terfitnah, sebagian lagi dengan pembual, orang yang
mengada-ada, lagi pendusta. Padahal Nabi shallallaahu
‘alaihi wa sallam berlepas diri dan jauh dari segala aib tersebut. Beliau
hanyalah seorang Rasul dan Nabi yang terpilih. Allah ‘azza wa jalla telah berfirman : ‘Perhatikanlah, bagaimana mereka membuat perbandingan-perbandingan
tentang kamu, lalu sesatlah mereka, mereka tidak sanggup (mendapatkan) jalan
(untuk menentang kerasulanmu)’ (QS. Al-Furqaan : 9)”.
١٧٠
- وكذلك المبتدعة خذلهم الله اقتسموا القول في حملة أخباره ، ونقله أثاره ، ورواة
أحاديثه المقتدين بسنته [المعروفين بأصحاب الحديث]، فسماهم بعضهم حشوية ، وبعضهم
مشبهة ، وبعضهم نابتة ، وبعضهم ناصبة وبعضهم جبرية. وأصحاب الحديث عصامة من هذه
المعائب بريئة ، زكية نقية ، وليسوا إلا أهل السنة المضية ، والسيرة المرضية ،
والسبل السوية ، والحجج البالغة القوية ، قد وفقهم الله جل جلاله لإتباع كتابه ،
ووحيه وخطابه [واتباع أقرب أوليائه] ، والاقتداء برسوله - صلى الله عليه وسلم - في
أخباره ، التي أمر فيها أمته بالمعروف من القول والعمل ، وزجرهم فيها عن المنكر
منها ، وأعانهم على التمسك بسيرته ، والاهتداء بملازمة سنته ، [وجعلهم من أتباع
أقرب أوليائه - وأكرمهم وأعزهم عليه] وشرح صدورهم لمحبته ، ومحبة أئمة شريعته ،
وعلماء أمته .
ومن أحب قوماً
فهو منهم يوم القيامة يحكم [قول] رسول الله - صلى الله عليه وسلم - : ( المرء مع
من أحب ) ...
170 – Demikian pula dengan Mubtadi’ (Ahli Bid’ah) – semoga Allah tidak menolong mereka –
membagi-bagi perkataan kepada para pembawa khabar (hadits), penukil atsar,
perawi hadits yang mengikuti sunnah-sunnah beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam [yang dikenal dengan nama Ashhaabul-Hadiits]. Sebagian Ahli Bid’ah
menamakan mereka dengan Hasyawiyyah,
sebagian lagi dengan Musyabbihah,
sebagian lagi dengan Naabitah,
sebagian lagi dengan Naashibah, dan
sebagian lagi dengan Jabriyyah.
Padahal Ashhaabul-Hadiits terbebas,
berlepas diri, dan bersih dari segala macam aib/cela ini. Tidak ada sebutan
bagi mereka kecuali pengikut sunnah yang terang, perjalanan yang diridlai,
jalan kehidupan yang lurus, dan hujjah yang terang lagi kuat. Sungguh Allah jalla jalaaluhu telah menguatkan mereka
untuk mengikuti (ittiba’) Kitab-Nya,
wahyu-Nya, dan firman-Nya; [mengikuti jejak para wali-Nya], meneladani
Rasul-Nya shallallaahu ‘alaihi wa sallam
dalam setiap khabar beliau sebagaimana diketahui bahwa hal itu beliau
perintahkan kepada umatnya dalam perkataan maupun perbuatan, serta mencegah
mereka untuk berbuat kemunkaran. Allah juga menolong mereka untuk dapat
berpegang teguh pada perjalanan hidup beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam, meneladani dan konsekuen pada
sunnah-sunnah beliau. [Dan Allah pun menjadikan siapa saja yang mengikuti
syari’at-Nya sebagai wali-wali-Nya yang paling dekat - yang paling mulia dan
terhormat]. Allah juga melapangkan dada mereka untuk mencintai beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam, para
imam/pemimpin syari’at-Nya, dan para ulama umat. Barangsiapa yang mencintai
suatu kaum, maka ia termasuk bagian dari mereka di hari kiamat kelak, dengan
dasar [sabda] Rasulullah shallallaahu
‘alaihi wa sallam : ‘Seseorang itu
bersama orang yang ia cintai’ “.
[Selesai].
Bahan bacaan :
1. ‘Aqiidatus-Salaf Ashhaabil-Hadiits oleh Abu ‘Utsman
Ash-Shaabuniy, hal. 116-120, tahqiq : Badr bin ‘Abdillah Al-Badr; Maktabah
Al-Ghurabaa’ Al-Atsariyyah, Cet. 2/1415 H, Madinah].
2. Syarh ‘Aqiidatis-Salaf wa
Ashhaabil-Hadiits li-Abi ‘Utsman Ash-Shaabuniy oleh Dr. Khaalid
bin ‘Aliy Al-Musyaiqih - www.Almoshaiqeh.com.
3. Aqidah Salaf Ashabul-Hadits, terjemah oleh :
Abu Umar Basyir Al-Maidani, hal. 184-194; Pustaka At-Tibyan, Solo].
Tidak ada komentar:
Posting Komentar