Ada dua pendapat ’ekstrim’ terkait dengan bahasan ini. Satu pendapat
mengatakan bahwa segala sesuatu yang tidak dikerjakan di jaman Nabi shallallaahu ’alaihi wasallam tidak bisa
disebut bid’ah.
Ini tergantung niat atau bentuknya. Jika niat atau bentuknyanya
(mereka anggap) baik, maka jadilah ia bid’ah yang baik (bid’ah hasanah). Bisa
dikatakan, tidak ada kamus bid’ah dalam bahasa syari’at mereka. Pendapat ini
dianut oleh kebanyakan penggemar bid’ah. Adapun pendapat lain mengatakan bahwa
segala sesuatu yang tidak dikerjakan di jaman Nabi shallallaahu ’alaihi wasallam, maka itu disebut bid’ah secara mutlak.[1][1]
Dua pendapat ini keliru. Ada satu kaidah yang sangat penting (dalam
mengenal bid’ah) yang perlu kita perhatikan sebagai berikut :
إذا
تَرَكَ الرسول صلى الله عليه وسلم فعل عبادة من العبادات مع كون موجبها وسببها
المقتضي لها قائمًا ثابتًا ، والمانع منها منتفيًا ؛ فإن فعلها بدعة
”Apabila Rasulullah shallallaahu
’alaihi wasallam meninggalkan satu ibadah dari jenis-jenis ibadah yang ada,
padahal faktor dan sebab yang menuntut dikerjakan ada, sementara faktor
penghalangnya tidak ada, maka melaksanakan ibadah tersebut adalah bid’ah”.
[2][2]
Ada dua kata kunci di sini, yaitu :
1. Keberadaan faktor dan
sebab yang menuntut dilakukannya amalan tersebut.
2. Ketiadaan faktor
penghalang untuk mengerjakan amalan tersebut.
Contoh (1) : Pengumpulan Al-Qur’an
di jaman Abu Bakar. Hal ini tidak pernah dilakukan pada jaman Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam. Namun apakah hal ini bisa disebut
sebagai bid’ah ? Jawabnya : Tidak. Mengapa ? Karena faktor atau sebab yang
mendorong dilakukan pengumpulan di jaman Rasulullah shallallaahu ’alaihi wasallam itu belum ada. Pada waktu itu,
Al-Qur’an dijaga dalam dada para shahabat melalui hafalan mereka. Ini sekaligus
sebagai faktor penghalang dilakukannya pengumpulan Al-Qur’an. Oleh karena itu,
pengumpulan Al-Qur’an di jaman Rasulullah shallallaahu
’alaihi wasallam belum dirasa perlu sehingga hal itu belum/tidak
dilaksanakan di jaman beliau shallallaahu
’alaihi wasallam. Namun setelah tragedi perang Yamamah ketika Khalifah Abu
Bakr radliyallaahu ’anhu menumpas
orang-orang murtad dan gerombolan pengikut nabi palsu Musailamah Al-Kadzdzab,
banyak para penghafal Al-Qur’an yang gugur (sebanyak 70 orang). Dari sinilah
kemudian muncul faktor pendorong atau sebab dilakukannya pembukuan Al-Qur’an –
sekaligus menggugurkan faktor penghalang yang dulu di jaman Rasulullah shallallaahu ’alaihi wasallam ada. Ini
tercermin pada perkataan ’Umar bin Khaththab kepada Abu Bakr radliyallaahu ’anhuma :
”Dalam peperangan Yamamah para
shahabat yang hafal Al-Qur’an telah banyak yang gugur. Saya khawatir akan
gugurnya para shahabat yang lain dalam peperangan selanjutnya, sehingga banyak
ayat-ayat yang perlu dikumpulkan”.
Apa yang dikatakan oleh ’Umar merupakan sebab yang sangat kuat dilakukannya
pengumpulan Al-Qur’an demi kemaslahatan kaum muslimin.
Hal yang sama juga seperti kasus pembubuhan titik dan harakat pada huruf
hijaiyyah.[3][3]
Setelah banyak terjadi kesalahan dalam bacaan dan banyaknya perselisihan
karenanya, maka dipandang perlu untuk membubuhkan tanda-tanda dalam Al-Qur’an
sebagaimana dirintis oleh Abul-Aswad Ad-Dualiy, yang kemudian dilanjutkan
(disempurnakan) oleh Naashir bin ’Ashim dan Yahya bin Ya’mar pada jaman
kekhalifahan ’Abdul-Malik bin Marwan; dan kemudian disempurnakan lagi oleh
Al-Khalil. Hal itu dilakukan untuk meminimalisasi kesalahan dalam bacaan
Al-Qur’an.
Contoh (2) : Maulid Nabi. Jika
kita ditanya : ”Apakah hal itu dilakukan di jaman Nabi shallallaahu ’alaihi wasallam (atau jaman shahabat setelah Nabi
wafat) ?”. Jawabannya : Tidak. Apakah ini disebut bid’ah ? Jawabannya adalah :
Ya. Mengapa ? Karena faktor pendorong dan sebab untuk dilakukan di jaman Nabi shallallaahu ’alaihi wasallam ada. Juga,
faktor penghalangnya pun tidak ada. Namun realitas menyatakan bahwa Nabi shallallaahu ’alaihi wasallam dan para
shahabatnya tidak melakukannya. Apa artinya ? Artinya, maulid Nabi bukan
merupakan amalan yang teranggap dalam syari’at secara asal. Jika ada yang
mengatakan : ”Kami melakukannya dengan tujuan (faktor pendorong) untuk
meramaikan syi’ar-syi’ar Islam dan sebagai wujud rasa syukur kami kepada beliau
shallallaahu ’alaihi wasallam”. Jika
memang itu faktor pendorong Anda, maka kami jawab : ”Bukankah faktor pendorong
yang sama sangat mungkin ada pada jaman Nabi shallallaahu ’alaihi wasallam dan para shahabatnya serta tidak ada
halangan bagi mereka untuk melakukannya ? Namun ternyata mereka tidak
melakukannya !!. Jadi, itu merupakan amalan bid’ah. Bukan teranggap sebagai
kemaslahatan dalam syari’at.
Ibnu Taimiyyah berkata :
فإن
هذا لم يفعله السلف مع قيام المقتضي له وعدم المانع منه ، ولو كان هذا خيرًا محضًا
أو راجحًا لكان السلف رضي الله عنه أحق به منا ، فإنهم كانوا أشد محبة لرسول الله
صلى الله عليه وسلم وتعظيمًا له منا ، وهم على الخير أحرص . وإنما كمال محبته وتعظيمه في متابعته وطاعته
وإتباع أمره ، وإحياء سنته باطنًا وظاهرًا ، ونشر ما بعُث به ، والجهاد على ذلك
بالقلب واليد واللسان . فإن هذه طريقة السابقين الأولين من المهاجرين والأنصار
والذين اتبعوهم بإحسان
”Sesungguhnya ini (maulid) tidak pernah dilakukan oleh salaf, padahal faktor
pendorongnya ada, sedangkan faktor penghalangnya tidak ada. Seandainya ini baik
atau agak kuat, tentu salaf lebih berhak (melakukan hal ini) daripada kita;
karena sesungguhnya kecintaan dan pengagungan mereka terhadap Rasulullah shallallaahu ’alaihi wasallam lebih dari
yang kita lakukan dan mereka sangat bersemangat dalam segala kebaikan.
Sempurnanya kecintaan dan pengagungan terhadapnya hanya terdapat pada kesetiaan
mengikuti jejaknya, menaatinya, melaksanakan perintahnya, menghidupkan
sunnahnya lahir dan batin, menjelaskan ajarannya, serta berjihad demi semua itu
dengan hati, tangan, dan lisan. Inilah jalan yang ditempuh oleh para pendahulu
dari kalangan Muhajirin dan Anshar serta orang-orang yang mengikuti mereka
dengan kebaikan”.[4][4]
Atau jika kita ingin contoh yang lebih jelas dari nomor 2, maka kita ambil
contoh ’ekstrim’ : adzan dan iqamah yang dilakukan di shalat ’Ied. Saya yakin kita semua
akan mengatakan bahwa itu bid’ah.[5][5] Apa indikasinya ? Faktor pendorong untuk dilakukan adzan dan iqamah pada
shalat ’Ied di jaman Rasulullah shallallaahu
’alaihi wasallam ada, yaitu untuk memberitahukan kaum muslimin agar
berkumpul dan menghadairi shalat berjama’ah di lapangan (mushalla); sementara itu faktor penghalangnya tidak ada sama
sekali. Tapi pada kenyataannya, beliau tetap tidak melakukannya.[6][6]
Maka sesuai dengan pernyataan di awal, adzan dan iqamah pada shalat ’Ied itu
hukumnya bid’ah.
Contoh (3) : Shalat tarawih
berjama’ah di masjid. Jika kita ditanya : ”Apakah hal itu dilakukan di jaman
Nabi shallallaahu ’alaihi wasallam ?”.
Kita jawab : ”Ya, akan tetapi hanya dilakukan beberapa malam saja, dan kemudian
beliau tinggalkan”. Apakah shalat tarawih yang dihidupkan ’Umar bin
Al-Khaththab radliyallaahu ’anhu dan
kemudian kita ikuti sampai sekarang bisa dikatakan bid’ah ? Jawabannya : Tidak.
Mengapa ? Karena ada faktor penghalang yang kuat dari Nabi shallallaahu ’alaihi wasallam untuk meninggalkannya pada waktu itu
sebagaimana tergambar dalam perkataan beliau ketika memberikan penjelasan
kepada shahabat mengapa beliau meninggalkan shalat tarawih berjama’ah di masjid
:
فإنه
لم يخف علي شأنكم الليلة ولكني خشيت أن تفرض عليكم صلاة الليل فتعجزوا عنها
”Sesungguhnya keadaan kalian tidaklah samar bagiku
di malam tersebut (= yaitu iman dan semangat kalian dalam beribadah), akan
tetapi aku merasa khawatir (ibadah ini) akan diwajibkan kepada kalian, lalu
kalian tidak sanggup melakukannya”.
Setelah Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam wafat dan
syari’at telah mantap[7][7],
maka hilanglah kekhawatiran ini, sekaligus hilang pula faktor penghalangnya.
Dan hal ini sesuai dengan keumuman anjuran beliau shallallaahu ‘alaihi wasallam untuk melakukan shalat tarawih
berjama’ah :
إنه
من قام مع الامام حتى ينصرف كتب له قيام ليلة
“Sesungguhnya barangsiapa shalat tarawih bersama
imam (berjama’ah) sampai selesai, maka ditulis baginya sama dengan shalat
semalam suntuk”.
****
Itu saja secara global uraian ringkas mengenai salah satu kaidah mengenal
bid’ah. Masih ada beberapa penjelasan lanjutan terkait dengan pembahasan ini,
sebagaimana diterangkan oleh Asy-Syaikh Muhammad bin Husain Al-Jizaaniy dalam
kitab Qawaaidu Ma’rifatil-Bida’.
Tentu saja, penentuan bid’ah atau tidaknya satu amalan bukan hanya berdasarkan
kaidah di atas saja. Masih banyak kaidah-kaidah lain yang berkaitan yang perlu
diketahui oleh kaum muslimin semua. Saya persilakan bagi rekan-rekan asatidzah dan thullabul-’ilmi yang lebih berkompeten untuk membahasnya secara
mendalam............
Wallaahu ta’ala a’lam
bish-shawwab.
[Abul-Jauzaa’ – Shaffar, 1430 di Ciomas Permai].
[1][1] Sebagian ikhwah memahami pengertian bid’ah
seperti ini, yaitu segala sesuatu yang tidak ada di jaman Nabi shallallaahu ’alaihi wasallam, maka dinamakan
bid’ah.
كل عبادة من العبادات ترك
فعلها السلف الصالح من الصحابة والتابعين وتابعيهم أو نقلها أو تدوينها في كتبهم
أو التعرض لها في مجالسهم فإنها تكون بدعة بشرط أن يكون المقتضي لفعل هذه العبادة
قائمًا والمانع منه منتفيًا
”Setiap ibadah dari jenis-jenis
ibadah yang ada yang tidak dilakukan oleh as-salafush-shaalih
dari kalangan shahabat, tabi’in, dan tabi’ut-tabi’in; atau mereka tidak
menukilnya (tidak meriwayatkannya) atau tidak menukilnya dalam kitab-kitab
mereka, atau tidak pernah menyinggung masalah tersebut dalam majelis-majelis
mereka; maka jenis ibadah tersebut adalah bid’ah dengan syarat faktor penuntut
untuk mengerjakan ibadah tersebut ada dan faktor penghalangnya tidak ada.
[3][3] Huruf hijaiyyah di jaman Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam tidak
memakai tanda, titik, dan harakat.
عن جابر بن سمرة قال صليت مع رسول الله صلى الله عليه وسلم
العيدين غير مرة ولا مرتين بغير أذان ولا إقامة
Dari
Jabir bin Samurah radliyallaahu ‘anhu
ia berkata : “Aku pernah shalat hari raya bersama Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam bukan
hanya sekali atau dua kali tanpa adzan dan iqamat” [HR. Muslim no. 887].
[7][7] Tidak ada kewajiban tambahan yang setelah
Rasulullah shallallaahu ’alaihi wasallam wafat,
karena Islam telah sempurna dengan turunnya QS. Al-Maaidah ayat 3.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar