Beberapa waktu
lalu ada yang menanyakan kepada saya tentang puasa Rajab. Saat saya menulis
artikel ini, kalender menunjukkan tanggal 21 Rajab 1431. Mungkin agak ‘telat’.
Akan tetapi, bahasan agama tidak mengenal kata telat untuk dipahami dan
diamalkan. Berikut akan saya tuliskan secara ringkas – seperti biasa – bahasan
sebegaimana tertera dalam judul di atas.
Jika ada
pertanyaan : Apakah terlarang berpuasa di bulan Rajab ?.
Jawabannya :
Tidak. Tidak ada dalil yang melarang seseorang berpuasa di bulan Rajab[1],
sebagaimana juga tidak ada dalil untuk melarang berpuasa di bulan lainnya.
Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam sangat senang berpuasa pada
bulan-bulan hijriyah, tidak terkecuali di bulan Rajab.
حدثنا
أبو بكر بن أبي شيبة. حدثنا عبدالله بن نمير. ح وحدثنا ابن نمير. حدثنا أبي. حدثنا
عثمان بن حكيم الأنصاري. قال: سألت سعيد بن جبير عن صوم رجب ؟ ونحن يومئذ في رجب.
فقال: سمعت ابن عباس رضي الله عنها يقول: كان رسول الله صلى الله عليه وسلم يصوم
حتى نقول: لا يفطر. ويفطر حتى نقول: لا يصوم.
Telah
menceritakan kepada kami Abu Bakr bin Abi Syaibah : Telah menceritakan kepada
kami ‘Abdullah bin Numair. Dan telah menceritakan kepada kami Ibnu Numair :
Telah menceritakan kepadaku ayahku : Telah menceritakan kepada kami ‘Utsmaan
bin Hakiim Al-Anshaariy, ia berkata : Aku pernah bertanya kepada
Sa’iid bin Jubair tentang puasa Rajab dimana kami waktu itu berada di bulan
Rajab. Ia (Sa’iid) menjawab : Aku mendengar Ibnu ‘Abbaas radliyallaahu
‘anhumaa berkata : “Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam senantiasa berpuasa
hingga kami berkata : ‘beliau tidak pernah berbuka’. Dan beliau pun
pernah berbuka hingga kami berkata : ‘beliau tidak pernah berpuasa”
[Diriwayatkan oleh Muslim no. 1157].[2]
Apakah hadits di
atas menunjukkan pengkhususan puasa di bulan Rajab dengan keutamaannya ?.
Jawabannya :
Tidak. Sifat puasa yang diceritakan oleh Ibnu ‘Abbaas radliyallaahu ‘anhu bukanlah
sifat puasa yang ia lihat khusus di bulan Rajab saja, namun juga sifat puasa
yang ia secara umum pada diri beliau di luar bulan Ramadlan. Maksudnya, beliau shallallaahu
‘alaihi wa sallam terkadang banyak berpuasa pada satu bulan, terkadang pula
meninggalkannya.
Kebetulan,
‘Utsmaan bin Hakiim bertanya kepada Sa’iid bin Jubair tentang berpuasa di bulan
Rajab, dan kemudian ia jawab dengan jawaban umum tentang sifat puasa beliau shallallaahu
‘alaihi wa sallam di luar bulan Ramadlan.
Perhatikan
riwayat berikut :
حَدَّثَنَا
مُوسَى بْنُ إِسْمَاعِيلَ حَدَّثَنَا أَبُو عَوَانَةَ عَنْ أَبِي بِشْرٍ عَنْ
سَعِيدِ بْنِ جُبَيْرٍ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ مَا
صَامَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ شَهْرًا كَامِلًا قَطُّ
غَيْرَ رَمَضَانَ وَيَصُومُ حَتَّى يَقُولَ الْقَائِلُ لَا وَاللَّهِ لَا يُفْطِرُ
وَيُفْطِرُ حَتَّى يَقُولَ الْقَائِلُ لَا وَاللَّهِ لَا يَصُومُ
Telah
menceritakan kepada kami Muusaa bin Ismaa’iil : Telah menceritakan kepada kami
Abu ‘Awaanah, dari Abu Bisyr, dari Sa’iid bin Jubair, dari Ibnu ‘Abbaas radliyallaahu
‘anhumaa, ia berkata : “Nabi shallallaahu 'alaihi wa sallam tidak
pernah berpuasa selama sebulan penuh kecuali pada bulan Ramadlan. Dan beliau
seseorang yang rajin puasa sehingga sehingga ada yang berkata : ‘Tidak, demi
Allah, beliau tidak pernah berbuka”. Namun beliau pun berbuka hingga ada yang
berkata : ‘Tidak, demi Allah, beliau tidak berpuasa” [Diriwayatkan oleh
Al-Bukhaariy no. 1971].
حَدَّثَنِي
عَبْدُ الْعَزِيزِ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ حَدَّثَنِي مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ
عَنْ حُمَيْدٍ أَنَّهُ سَمِعَ أَنَسًا رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ يَقُولُ كَانَ
رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُفْطِرُ مِنْ الشَّهْرِ
حَتَّى نَظُنَّ أَنْ لَا يَصُومَ مِنْهُ وَيَصُومُ حَتَّى نَظُنَّ أَنْ لَا
يُفْطِرَ مِنْهُ شَيْئًا وَكَانَ لَا تَشَاءُ تَرَاهُ مِنْ اللَّيْلِ مُصَلِّيًا
إِلَّا رَأَيْتَهُ وَلَا نَائِمًا إِلَّا رَأَيْتَهُ
Telah
menceritakan kepadaku ‘Abdul-‘Aziiz bin ‘Abdillah, ia berkata : Telah
menceritakan kepadaku Muhammad bin Ja’far, dari Humaid : Bahwasannya ia pernah
mendengar Anas radliyallaahu ‘anhu berkata : “Adalah Rasulullah shallallaahu
‘alaihi wa sallam senantiasa berbuka selama satu bulan hingga kami
menduganya beliau tidak pernah berpuasa selama itu. Dan apabila berpuasa,
seakan-akan beliau terus menerus berpuasa hingga kami menduganya beliau tidak
pernah berbuka sama sekali dalam bulan itu. Dan jika engkau hendak melihat beliau
pada suatu malam dalam keadaan shalat, niscaya engkau akan melihatnya.
Sebaliknya, jika engkau ingin melihat beliau dalam posisi tertidur, melainkan
engkau kalian akan melihatnya juga" [Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy no.
1972].
حَدَّثَنَا
عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مَسْلَمَةَ عَنْ مَالِكٍ عَنْ أَبِي النَّضْرِ مَوْلَى عُمَرَ
بْنِ عُبَيْدِ اللَّهِ عَنْ أَبِي سَلَمَةَ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ عَنْ
عَائِشَةَ زَوْجِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهَا قَالَتْ
كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَصُومُ حَتَّى نَقُولَ
لَا يُفْطِرُ وَيُفْطِرُ حَتَّى نَقُولَ لَا يَصُومُ وَمَا رَأَيْتُ رَسُولَ
اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اسْتَكْمَلَ صِيَامَ شَهْرٍ قَطُّ
إِلَّا رَمَضَانَ وَمَا رَأَيْتُهُ فِي شَهْرٍ أَكْثَرَ صِيَامًا مِنْهُ فِي
شَعْبَانَ
Telah
menceritakan kepada kami ‘Abdullah bin Maslamah, dari Maalik, dari Abun-Nadlr
Maulaa ‘Umar bin ‘Ubaidillah, dari Abu Salamah bin ‘Abdirrahmaan, dari ‘Aaisyah
istri Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam, bahwasannya ia berkata :
“Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam senantiasa berpuasa hingga
kami mengatakan : ‘beliau tidak pernah berbuka’. Dan beliau senantiasa
berbuka hingga kami mengatakan : ‘beliau tidak berpuasa’. Dan tidaklah
aku melihat Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam menyempurnakan
puasa satu bulan penuh kecuali pada bulan Ramadlan, dan tidaklah aku melihat
beliau dalam satu bulan lebih banyak melakukan berpuasa daripada bulan Sya'ban”
[Diriwayatkan oleh Abu Daawud no. 2434; shahih].[3]
Oleh karena itu,
pelaksanaan puasa di bulan Rajab adalah pelaksanaan puasa sunnah secara mutlak.
Tidak ada hadits shahih yang menjadi dasar untuk mengkhususkan puasa di bulan
Rajab.
Asy-Syaukaaniy rahimahullah
berkata :
لم
يرد في رجب على الخصوص سنة صحيحية ولا حسنة ولا ضعيفة ضعفا خفيفا بل جميع ما روى
فيه على الخصوص أما موضوع مكذوب أو ضعيف شديد الضعف
“Tidak ada
keutamaan (puasa) Rajab secara khusus dari hadits-hadits shahih, hasan, ataupun
lemah (dla’if) dengan kelemahan yang ringan. Bahkan, seluruh hadits yang
diriwayatkan tentang pengkhususan (puasa Rajab) adalah palsu lagi dusta atau
lemah dengan kelemahan yang sangat parah” [As-Sailul-Jaraar, 1/297; Daar
Ibni Hazm, Cet. 1].
Jika ada yang
sengaja berpuasa sunnah secara khusus di Rajab, maka salaf membencinya.
حدثنا
أبو معاوية عن الاعمش عن وبرة بن عبد الرحمن عن خرشة بن الحر قال رأيت عمر يضرب
أكف الناس في رجب حتى يضعوها في الجفان ويقول كلوا فإنما هو شهر كان يعظمه أهل
الجاهلية
Telah
menceritakan kepada kami Abu Mu’aawiyyah, dari Al-A’masy, dari Wabarah, dari
‘Abdurrahmaan, dari Kharasyah bin Al-Hurr, ia berkata : Aku pernah melihat
‘Umar memukul telapak tangan orang-orang di bulan Rajab hingga ia meletakkannya
di mangkok besar (makanan). ‘Umar berkata : “Makanlah, karena ia (Rajab) adalah
bulan yang dulu diagungkan orang-orang Jaahiliyyah” [Diriwayatkan oleh Ibnu Abi
Syaibah, 3/102; shahih li-ghairihi].[4]
حدثنا
وكيع عن عاصم بن محمد عن أبيه قال كان ابن عمر إذا رأى الناس وما يعدون لرجب كره
ذلك
Telah
menceritakan kepada kami Wakii’, dari ‘Aashim bin Muhammad, dari ayahnya, ia
berkata : “Adalah Ibnu ‘Umar apabila ia melihat orang-orang dan apa-apa yang
mereka khususkan pada bulan Rajab, maka ia membencinya” [Diriwayatkan oleh Ibnu
Abi Syaibah, 3/102; ].[5]
Tapi bukan
berarti berpuasa di bulan Rajab menjadi terlarang. Telah lewat hadits yang
menyatakan Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam berpuasa ataupun berbuka
di bulan Rajab. Mari kita simak penjelasan berikut :
An-Nawawiy rahimahullah
berkata :
ولم
يثبت في صوم رجب نهي ولا ندب لعينه ولكن أصل الصوم مندوب إليه. وفي سنن أبي داود
أن رسول الله صلى الله عليه وسلم ندب إلى الصوم من الأشهر الحرم ورجب أحدها والله
أعلم
“Tidak tsabit
adanya larangan ataupun anjuran puasa khusus di bulan Rajab. Akan tetapi asal
berpuasa di bulan tersebut adalah dianjurkan. Dalam Sunan Abi Daawud
menyebutkan bahwa Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam menganjurkan
untuk berpuasa di bulan-bulan Haram, sedangkan Rajab salah satu di antaranya. Wallaahu
a’lam” [Syarh Shahih Muslim].
Senada dengan
An-Nawawiy adalah pendapat Ibnu Shalah rahimahullah.
Hadits yang
dimaksudkan oleh An-Nawawiy di atas adalah :
حدثنا
موسى بن إسماعيل ثنا حماد عن سعيد الجريري عن أبي السليل عن مجيبة الباهلية عن
أبيها أو عمها أنه أتى رسول الله صلى الله عليه وسلم ثم انطلق فأتاه بعد سنة وقد
تغيرت حالته وهيئته فقال يا رسول الله أما تعرفني قال ومن أنت قال أنا الباهلي
الذي جئتك عام الأول قال فما غيرك وقد كنت حسن الهيئة قال ما أكلت طعاما إلا بليل
منذ فارقتك فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم لم عذبت نفسك ثم قال صم شهر الصبر
ويوما من كل شهر قال زدني فإن بي قوة قال صم يومين قال زدني قال صم ثلاثة أيام قال
زدني قال صم من الحرم واترك صم من الحرم واترك صم من الحرم واترك وقال بأصابعه
الثلاثة فضمها ثم أرسلها
Telah
menceritakan kepada kami Muusaa bin Ismaa’iil : Telah menceritakan kepada kami
Hammaad, dari Sa’iid Al-Jurairiy, dari Abus-Saliil, dari Mujiibah
Al-Baahiliyyah, dari ayahnya atau dari pamannya, bahwasannya ia datang kepada
Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam kemudian pergi. Setelah itu,
ia kembali datang kepada beliau setelah satu tahun, dan keadaan serta
penampilannya telah berubah. Kemudian ia berkata : “Wahai Rasulullah, apakah
engkau mengenalku ?”. Beliau bertanya : "Siapakan engkau ?".
Ia berkata : “Aku adalah Al-Baahiliy yang telah datang kepadamu setahun silam”.
Beliau bersabda : "Apakah yang telah mengubahmu ? Padahal dulu
penampilanmu baik". Ia berkata : “Aku tidak makan kecuali pada malam
hari semenjak aku berpisah denganmu”. Kemudian Rasulullah shallallaahu
'alaihi wa sallam bersabda : "Kenapa engkau menyiksa dirimu ?".
Lalu beliau meneruskan : "Berpuasalah pada bulan yang penuh kesabaran
(Ramadlan), dan satu hari setiap bulan". Ia berkata : “Tambahkan
untukku, karena sesungguhnya saya masih sanggup (lebih dari itu)”. Beliau
bersabda : "Berpuasalah dua hari !". Ia berkata :
“tambahkan untukku !”. Beliau bersabda : "Berpuasalah tiga hari
!". Ia berkata : “Tambahkan untukku !”. Beliau bersabda : "Berpuasalah
sebagian dari bulan-bulan Haram (Rajab, Dzulqa’dah, Dzulhijjah, dan
Muharram)." Beliau mengatakannya dengan memberi isyarat dengan ketiga
jarinya, beliau menggenggamnya kemudian membukanya [Diriwayatkan oleh Abu
Daawud no. 2428].
Sayangnya, hadits
ini tidak shahih. Mujiibah dalam sanad ini diperselisihkan :
1.
Diperselisihkan
apakah ia seorang laki-laki atau wanita. Ibnu Hajar saat menjelaskan biografi
Abu Mujiibah menyebutkan perselisihan ini.
2.
Diperselisihkan
apakah ia berstatus shahabat atau bukan. Ibnu Hajar dalam At-Taqriib (At-Tahriir,
3/349 no. 6491) berkata : “Dikatakan ia wanita dari kalangan shahabat”. Ia
(Ibnu Hajar) menggunakan shighah tamridl yang tidak mengindikasikan satu
pemastian darinya. Yang lebih nampak, ia bukanlah shahabat, karena status
laki-laki atau perempuannya saja masih menjadi perselisihan. Selain itu, ia
hanya memiliki satu hadits (yaitu hadits di atas) yang diriwayatkan oleh
Abus-Saliil darinya; sehingga keadaannya adalah majhuul.
Selain itu, sanad
riwayat ini juga mudltharib.
1.
Abu
Dawud (no. 2428), Ibnu Maajah (no. 1741) Al-Baihaqiy (4/291-292), Abu Nu’aim
dalam Mu’jamush-Shahaabah (no. 7097), dan Ibnu Qaani’ dalam Mu’jamush-Shahaabah
(2/93 no. 538) meriwayatkan : ‘dari Mujiibah Al-Baahiliyyah, dari
ayahnya atau dari pamannya’.
2.
An-Nasaa’iy
dalam Al-Kubraa (3/204 no. 2752) dan ‘Abd bin Humaid (1/325 no. 400)
meriwayatkan : ‘dari Mujiibah Al-Baahiliy, dari pamannya’.
3.
Ibnu
Hajar (At-Tahdziib 4/29) menyebutkan bahwa ia juga diriwayatkan dari Abu
Mujiibah, dari ayahnya, dari pamannya.
Meskipun begitu,
telah shahih riwayat sebagian shahabat berpuasa di bulan-bulan Haram, seperti
Ibnu ‘Umar radliyallaahu ‘anhumaa.
عن
معمر عن الزهري عن سالم أن بن عمر كان يصوم أشهر الحرم
Dari Ma’mar, dari
Az-Zuhriy, dari Saalim : Bahwasannya Ibnu ‘Umar berpuasa di bulan-bulan Haram
[Diriwayatkan oleh ‘Abdurrazzaaq no. 7856; shahih].
Namun, mereka
memakruhkan berpuasa sebulan penuh di bulan Rajab.
عن
بن جريج عن عطاء قال كان بن عباس ينهى عن صيام رجب كله لأن لا يتخذ عيدا
Dari Ibnu Juraij,
dari ‘Athaa’, ia berkata : “Ibnu ‘Abbaas melarang puasa Rajab secara penuh
(dalam satu bulan) agar (bulan tersebut) tidak dijadikan sebagai ‘Ied”
[Diriwayatkan oleh ‘Abdurrazzaaq no. 7854; shahih].[6]
Ibnu Rajab rahimahullah
berkata :
وعن
ابن عباس: أنه كره أن يصام رجب كله وعن ابن عمر وابن عباس أنهما كانا يريان أن
يفطر منه أياما وكرهه أنس أيضا وسعيد بن جبير وكره صيام رجب كله يحيى بن سعيد
الأنصاري والإمام أحمد وقال: يفطر منه يوما أو يومين وحكاه عن ابن عمر وابن عباس
وقال الشافعي في القديم: أكره أن يتخذ الرجل صوم شهر يكمله كما يكمل رمضان واحتج
بحديث عائشة: ما رأيت رسول الله صلى الله عليه وسلم استكمل شهرا قط إلا رمضان.
“Dari Ibnu
‘Abbaas, bahwasannya ia membenci berpuasa di bulan Rajab secara penuh. Dan dari
Ibnu ‘Umar dan Ibnu ‘Abbaas bahwa keduanya berpendapat orang yang berpuasa di
bulan Rajab hendaknya berbuka dalam beberapa hari. Anas dan Sa’iid bin Jubair
juga membencinya. Yahyaa bin Sa’iid Al-Anshaariy dan Al-Imam Ahmad
membenci puasa di bulan Rajab secara penuh. Ia (Ahmad) berkata : ‘Hendaknya
berbuka sehari atau dua hari’ – dimana ia mengutipnya dari Ibnu ‘Umar dan Ibnu
‘Abbaas. Asy-Syaafi’iy dalam al-qadiim berkata : ‘Aku membenci seseorang
berpuasa satu bulan secara sempurna sebagaimana ia menyempurnakan Ramadlan’. Ia
berhujjah dengan hadits ‘Aaisyah : ‘Aku tidak pernah melihat Rasulullah shallallaahu
‘alaihi wa sallam menyempurnakan puasa satu bulan pun selain bulan
Ramadlan’…..” [Lathaaiful-Ma’aarif, hal. 119; Daar Ibni Hazm, Cet.
1/1424].
Wallaahu a’lam
bish-shawwaab.
Alhamdulillah, tulisan singkat
ini dapat diselesaikan, semoga ada manfaatnya.
[abul-jauzaa’
[1] Ada satu riwayat sebagai
berikut :
عن
ابن عباس؛ أن النبي صلى الله عليه وسلم نهى عن صيام رجب.
Dari Ibnu ‘Abbaas
: Bahwasannya Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam melarang berpuasa di
bulan Rajab [Diriwayatkan oleh Ibnu Maajah no. 1743, Ath-Thabaraaniy 10/348 no.
10681, dan Al-Baihaqiy dalam Syu’abul-Iimaan no. 3814].
Sanad hadits ini
lemah – bahkan sangat lemah, dengan letak kelemahan pada Daawud bin ‘Athaa’
Al-Muzanniy, Abu Sulaimaan Al-Makkiy.
Ahmad berkata :
“Jangan meriwayatkan hadits darinya”. Di lain riwayat ia berkata : “Tidak ada
apa-apanya”. Abu Haatim berkata : “Tidak kuat, dla’iiful-hadiits,
munkarul-hadiits”. Al-Bukhaariy dan Abu Zur’ah berkata : “Munkarul-hadiits”.
An-Nasaa’iy berkata : “Dla’iif”. Ibnu ‘Adiy berkata : “Haditsnya tidak
banyak, dan sebagian haditsnya terdapat pengingkaran”. Ad-Daaruquthniy berkata
: “Matruuk, termasuk penduduk Makkah”. Ibnu Hibbaan berkata : “Banyak
keliru dalam khabar-khabar/hadits. Tidak boleh berhujjah karena banyaknya
kekeliruan yang ada padanya”. Muslim berkata : “Dzaahibul-hadiits”.
[2] Diriwayatkan
juga oleh Ahmad 1/231, Abu Ya’laa no. 2602, Al-Baihaqiy dalam Syu’abul-Iimaan
no. 3799, dan yang lainnya.
[3] ‘Abdullah bin
Maslamah bin Qa’nab Al-Qa’nabiy Al-Haaritsiy, seorang yang tsiqah lagi
ahli ibadah. Dipakai oleh Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahihnya.
Malik, ia adalah
Ibnu Anas; seorang imam yang tidak perlu dipertanyakan lagi.
Abun-Nadlr, ia
adalah Saalim bin Abi Umayyah Al-Qurasyiy At-Taimiy, seorang yang tsiqah lagi
tsabt, namun sering melakukan irsal. Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim
dalam Shahih-nya. Akan tetapi riwayatnya di sini bukan termasuk
riwayat mursal-nya.
Abu Salamah bin
‘Abdirrahmaan, seorang yang tsiqah. Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim
dalam Shahih-nya.
[4] Abu Mu’aawiyyah
adalah Muhammad bin Khaazim At-Tamiimiy As-Sa’diy, seorang yang tsiqah,
dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya. Ia merupakan orang
yang paling haafidh dalam periwayatan dari Al-A’masy.
Al-A’masy adalah
seorang yang tsiqah lagi haafidh, termasuk perawi yang dipakai
Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya. Akan tetapi masyhur melakukan
tadlis, sedangkan di sini ia meriwayatkan dengan ‘an’anah –
sehingga riwayatnya lemah (dla’if).
Wabarah bin
‘Abdirrahman Al-Kuufiy Abu Khuzaimah, seorang yang tsiqah, termasuk
perawi yang dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya.
Kharasyah bin
Al-Hurr Al-Fazaariy, seorang yang tsiqah dari kalangan kibaarut-taabi’iin.
Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya.
Al-A’masy
mempunyai mutaba’ah dari Mis’ar dari Wabarah, dari Kharasyah; sebagaimana
diriwayatkan oleh Sa’iid bin Manshuur [Tabayyunul-‘Ujb oleh Ibnu Hajar,
hal. 70] dan Ibnu Abi Syaibah [Musnad Al-Faaruq oleh Ibnu Katsiir,
1/285].
[5] Wakii’ bin
Al-Jarraah, seorang yang tsiqah, haafidh, lagi ahli ibadah.
‘Aashim bin
Muhammad bin Zaid bin ‘Abdillah bin ‘Umar bin Al-Khaththaab, seorang yang tsiqah.
Dipakai oleh Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya.
Muhammad bin Zaid
bin bin ‘Abdillah bin ‘Umar bin Al-Khaththaab, seorang yang tsiqah.
Dipakai oleh Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya.
[6] ‘An’anah
Ibnu Juraij dari ‘Athaa’ – dan ia seorang mudallis – tidak
memudlaratkannya. Ibnu Abi Khaitsamah membawakan satu riwayat shahih dari Ibnu
Juraij, bahwa ia (Ibnu Juraij berkata) :
إذا قلت قال عطاء فأنا سمعته منه وإن لم أقل سمعت
“Apabila aku
berkata : Telah berkata ‘Atha’ , maka
artinya aku telah mendengarnya walau aku tidak mengatakan : Aku telah mendengar” [Tahdziibut-Tahdziib, 2/617 – biografi
‘Abdul-Malik bin ‘Abdil-‘Aziz bin Juraij Al-Umawiy].
Asy-Syaikh
Al-Albani rahimahullah pun kemudian memberikan penegasan :
وهذه فائدة هامة جدا ، تدلنا على أن عنعنة ابن جريج عن
عطاء في حكم السماع
“Ini satu faedah
yang sangat besar, yang menunjukkan pada kita bahwa ‘an’anah Ibnu Juraij dari ‘Atha’ dihukumi penyimakan (sama’)” [Irwaaul-Ghaliil, 4/244].
Tidak ada komentar:
Posting Komentar